Launching & International Conference The Center for Empirical Studies in Spiritual, Theology and Religion – ASIA (CESSTREL – ASIA)

Pada hari Sabtu, 10 Agustus 2019 dilaksanakan launching sekaligus konferensi internasional pertama ”The Center for Empirical Studies in Spiritual, Theology and Religion – ASIA (CESSTREL- ASIA)” yang diselenggarakan di St. Vincent School of Theology, Quezon City, Filipina.

Tema yang diambil dalam konferensi pertama ini adalah “Exploring Themes, Methods & Challenges in Doing Empirical Research in Spirituality, Theology & Religion”.

 

Adapun dua orang keynote speaker yang diundang pada konferensi tersebut adalah Prof. Hans Schilderman, PhD dari Radboud University Nijmegen, Belanda yang berbicara tentang “Spirituality: Concept and Method” serta Jayeel Serrano Cornelio, PhD dari Ateneo de Manila University, Filipina yang menyampaikan topik mengenai “Doing Qualitative Research in Religion in the Philippines”.

Pada kesempatan ini, Pdt. Handi Hadiwitanto, PhD dari Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta turut berperan dalam launching CESSTREL  – ASIA.  Pdt. Handi Hadiwitanto, PhD diundang secara khusus untuk menjadi penanggap Prof. Hans Schilderman, PhD karena program teologi praktis dan pendekatan empiris yang selama ini diampu dan mulai dikembangkannya di Fakultas Teologi UKDW. Adapun judul makalah tanggapan yang disampaikan adalah “Spirituality, Religion, Church and Empirical Approach”.

 

CESSTREL – ASIA memiliki tujuan menjadi pusat studi yang mengembangkan penelitian-penelitian empiris di bidang spiritualitas, teologi dan agama di Asia melalui konferensi rutin (call for papers), penelitian bersama antara negara Asia, dan publikasi. Fr. Dave Dean Capucao, PhD, Presiden CESSTREL – ASIA, mulai melakukan rekrutmen potential member candidate yang dapat meningkatkan kualitas dan memenuhi tujuannya secara terbuka. Syarat utama menjadi anggota adalah PhD atau PhD candidate benar-benar tertarik untuk melakukan dan mengembangkan penelitian empiris di bidang spiritualitas, teologi, dan agama. Jejaring awal saat ini adalah dengan Prof. Hans Schilderman, PhD, Chair of Practical Theology di Radboud University, Nijmegen, dan Pdt. Handi Hadiwitanto, PhD dari Fakultas Teologi UKDW Yogyakarta sebagai contact person.  Saat ini CESSTREL- ASIA dapat menjadi pintu masuk kerja sama internasional baru bagi Fakultas Teologi UKDW Yogyakarta di Asia, di bidang penelitian spiritualitas, teologi, dan agama.

Syariah Hotel Solo, UKDW, BPSDM PUPR RI, Kemenpar RI, Kemendikbud RI, Inspirational Video, Motivational Video