Kunjungi Kampus IPDN Sulsel, Wakil Ketua BPK Sosialisasikan Peran BPK

Jakarta – Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bahrullah Akbar hadir untuk pertama kalinya di Kampus IPDN Sulawesi Selatan. Dosen dan sekaligus Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tersebut memberikan sosialisasi peran BPK di depan ratusan Praja dan Civitas Akademika IPDN.

Mengambil topik “Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara”, Bahrullah menegaskan bahwa BPK memiliki tugas dan fungsi melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

 

“Sebagai lembaga yang tidak dibawah Presiden maupun Parlemen, BPK adalah lembaga independen yang mendorong pemerintah untuk bekerja secara transparan dan akuntabel untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tukas Bahrullah di Gowa pada Senin (21/1)

Lanjut Bahrullah dalam melaksanakan tugasnya, BPK menerapkan tiga jenis pemeriksaan. “Pemeriksaan yang BPK lalukan ada 3 hal yakni pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu”, jelas Bahrullah

 

Di depan Praja dan Civitas Akademika IPDN, Bahrullah mengungkapkan harapannya, nantinya praja IPDN dapat menjadi kader dalam perbaikan birokrasi di Indonesia. “Praja adalah Kader Penggerak Revolusi Mental yang tentunya ada harapan besar di pundak kalian untuk kemajuan bangsa Indonesia”, kata Bahrullah.

Di akhir sambutannya, dirinya berharap Praja IPDN menanamkan kejujuran dalam setiap perilakunya. “Berawal dari kampus ini setiap dari kalian harus menjadi contoh dan harapan agar penyelenggaraan pemerintahan masa depan yang bebas korupsi”, tutup Bahrullah