Tarakan – 10 Agustus 2020. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group telah menambahkan dan memulai 1 (satu) fasilitas layanan pelaksanaan uji kesehatan skrining awal dan cepat (Rapid Test Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)), di Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara).
Lion Air Group didukung oleh fasilitas kesehatan setempat (faskes) sebagai penyediaan layanan Rapid Test Covid-19. Penumpang dapat melakukan uji kesehatan Rapid Covid-19 di:
Klinik dr Indah Suryawati
Jalan KH. Agus Salim RT 15 No 02, Tarakan Kalimantan Utara 7711
Waktu pelayanan:
- Senin – Sabtu pukul 09.00 – 16.00 WITA
- Minggu dan libur nasional – tutup (tidak melayani)
Penambahan layanan terbaru telah menjadikan urutan ke-81 dari seluruh yang sudah berjalan di Indonesia, sekaligus menambahkan fasilitas yang telah beroperasi di wilayah Tarakan, yaitu:
Klinik Polres Tarakan
Klinik Pratama Polri
Jalan Jenderal Sudirman, Karang Anyar, Tarakan Barat, Tarakan, Kalimantan Utara 77111
Waktu pelayanan:
- Senin – Sabtu pukul 14.00 – 20.00 WITA
- Minggu dan libur nasional – tutup (tidak melayani)
Kedua fasilitas tersebut diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan penumpang dari Kota Tarakan, Tarakan Timur, Tarakan Barat, Tarakan Utara, Tarakan Barat, Kecamatan Sesayap dan Sekatak, Kabupaten Bulungan, Kecamatan Tanjung Palas dan daerah lain sekitar.
Penyelenggaraan Rapid Test Covid-19 sebagaimana pedoman protokol kesehatan, sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air Group, terjangkau dengan masa berlaku selama 14 hari. Setiap penumpang akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan Rapid sebagai salah satu kelengkapan dokumen penerbangan sesuai ketentuan.
Ketentuan pelaksanaan Rapid Test Covid-19, sebagai berikut:
- Khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group,
- Voucher Rapid Test Covid-19 dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket),
- Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan Rapid Test Covid-19, maka dapat membeli voucher Rapid Test Covid-19 dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.
Lion Air Group bersama Klinik dr Indah Suryawati dan Klinik Polres Tarakan bertujuan guna menyediakan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara, yang akan bepergian menggunakan pesawat udara melalui keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Juwata (TRK) adalah yang terletak di Kota Tarakan, hanya sekitar 3 km dari pusat kota dan bandar udara sekitar.
Lion Air Group di bandar udara tersebut menawarkan pilihan penerbangan yang akan memberikan kesempatan bagi penumpang untuk melanjutkan perjalanan udara secara langsung dan terkoneksi ke Nunukan, Malinau, Samarinda, Berau, Balikpapan, Palangkaraya, Banjarmasin, Kotabaru, Batulicin, Pontianak, Ketapang, Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Medan-Kualanamu, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Tanjung Karang-Lampung, Bandung, Yogyakarta Kulonprogo, Yogyakarta Adisutjipto, Semarang, Solo, Surabaya, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ambon, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Merauke dan kota-kota lainnya.
Harapan terbesar kegiatan dimaksud akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan udara, mendorong tren permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Lion Air Group dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan penerbangan.
Dengan demikian, penumpang akan mendapatkan nilai lebih, efektif dan efisien dengan kehadiran tempat atau lokasi layanan kerjasama Lion Air Group untuk Rapid Test Covid-19. Pengembangan di Kaltara merupakan kelanjutan kerjasama dengan Klinik Lion Air Medika, Dompet Dhuafa Republika dan fasilitas kesehatan setempat. Layanan Rapid Test Covid-19, periode hingga (10/ 08) layanan Rapid Test Covid-19, tersedia 81 jaringan yang menjangkau di Banda Aceh, Medan, Gunung Sitoli, Padang, Pekanbaru, Kota Batam, Bengkulu, Palembang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta, Bogor, Cikarang, Bandung, Ciamis, Kendal, Semarang, Bantul, Sleman, Boyolali, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Badung, Kupang, Maros, Makassar, Kendari, Manado, Banjarmasin, Bima, Mataram, Tarakan, Jambi, Balikpapan, Pontianak, Palangkaraya, Malang, Pangkalpinang, Ambon, Depok, Kulonprogo, Denpasar, Deli Serdang, Tanjung Pandan, Sikka-Maumere, penambahan di Manado, penambahan di Tarakan serta mempersiapkan untuk di Samarinda, Gorontalo, Toli-Toli, serta di kota-kota atau bandar udara-bandar udara lainnya.
Layanan Rapid Test Covid-19 akan terus dilanjutkan dan dikembangkan di kota-kota dan bandar udara-bandar udara lain. Optimis, akan terus mermbah di seluruh wilayah Indonesia.
Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara dapat diperoleh melalui:
- Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia;
- www.lionair.co.id ; www.batikair.com ;
- Aplikasi perangkat smartphone (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut);
- Call center 021-6379 8000 dan 0804-177-8899;
- Mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA).
Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta komitmen Lion Air Group dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first).
IWPG Indonesia, Lion Air Group, Batik Air, Kementan RI, Kemensos RI, Inspirational Video, Motivational Video