Kemendagri Dukung Penyelenggaraan Indonesia International Smart City Expo & Forum (IISMEX)

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri mendukung penuh penyelenggaraan Indonesia International Smart City Expo & Forum (IISMEX) Jakarta, 2019.

Acara juga akan dirangkaikan dengan Pameran Teknologi Industri Terbesar dan Terlengkap di Indonesia; Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo PoolTech, Indo Firex 2019 Expo & Forum yang digelar di Jakarta Convention Center pada 17-19 Juli 2019.

 

Kegiatan pameran dan forum tersebut, akan menampilkan konsep dan inovasi sistem perkotaan yang mengintegrasikan teknologi digital guna membangun sebuah kota yang dapat berkinerja dengan baik dalam pelayanan penduduk, ekonomi, pemerintahan, mobilitas dan lingkungan hidup, sehingga akan membuat kota tersebut menjadi lebih efektif, efisien, aman, nyaman, sejahtera, ramah lingkungan dan layak huni (sustainable).

Kasubdit Peningkatan Kapasitas Daerah, Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Gensly mengatakan IISMEX merupakan forum yang tepat untuk menghadirkan solusi permasalahan perkotaan yang ada.

 

“Forum ini sangat tepat, dan akan menjadi pencerahan terkait era digitalisasi, karena Bapak Presiden sedang menggencarkan Dilan (Digital Melayani). Artinya, semuanya sudah smart city, makanya kami mendukung IISMEX ini,” kata Gensly dalam Media Gathering di Kakatua Room, Jakarta Convention Center (JCC), Senin (15/07/2019).

Ia menambahkan, acara yang akan dihadiri oleh para kepala daerah baik Gubernur, Bupati/Walikota di Seluruh Indonesia tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat guna keberlangsungan daerah yang ramah lingkungan dan layak huni.

“Kami ingin mengenalkan kepada 548 kepala daerah dan menghadirkan solusi. Diharapkan nantinya mereka membawa bekal bagaimana menghadirkan kehidupan yang nyaman di lingkungan masing-masing, serta formula atau teknologi mana yang bisa dimanfaatkan di wilayah masing-masing sebagai solusi permasalahan perkotaan yang ada,” papar Gensly.

 

Tema IISMEX 2019 adalah “Powering Public Services: Uniting Resources Within Synergy, Innovation, and Collaboration Governance.” Forum tersebut akan menghadirkan sejumlah pembicara dari kementerian/lembaga terkait pembangunan smart city di Indonesia.

Selain didukung Kemendagri, pameran dan Expo ini juga didukung Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Badan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian/Lembaga Pemerintahan lainnya. Acara juga akan diikuti oleh 565 peserta pameran dari 30 negara.

Kementerian PUPR RI, BNI Syariah, Datascrip, Inspirational Video, Motivational Video, Kemenperin RI, Kemendagri RI, Kemenpora RI,