JAKARTA, 29 Mei 2024 – J&T Express sebagai perusahaan logistik merilis laporan Environmental, Social, and Governance (ESG) perdananya secara global. Laporan tersebut mengulas upaya dan pencapaian penting perusahaan selama 2023 di bidang tata kelola perusahaan, perlindungan lingkungan, produk dan layanan, keamanan informasi dan perlindungan privasi serta pengembangan karyawan, yang mencerminkan komitmen dan tekad J&T Express dalam menjadi perusahaan yang sehat dan berkelanjutan.
Meningkatkan kemampuan tata kelola, memperkuat landasan demi operasional yang berkelanjutan
Dalam pengelolaannya, J&T Express telah membentuk struktur tata kelola ESG yang mencakup seluruh tingkatan. Hal ini melibatkan Dewan Direksi, tim kerja ESG, hingga berbagai departemen lain untuk melangsungkan terjadinya koordinasi pengelolaan ESG di dalam perusahaan. Demi meningkatkan kepatuhan dan sistem manajemen risiko, J&T Express menganut manajemen kepatuhan dan berkomitmen untuk membangun struktur tata kelola perusahaan yang komprehensif. Lebih lanjut, hal ini dilakukan sembari membangun lingkungan bisnis yang sehat dan adil melalui advokasi serta pelatihan dalam rangka memberikan landasan kuat untuk pengembangan upaya berkelanjutan berkualitas tinggi. Pada 2023, J&T Express telah mengadakan sesi pelatihan etika dan integritas bisnis bagi 58.000 peserta.
Mendorong pengembangan ramah lingkungan dan rendah karbon untuk penerapan operasional yang berkelanjutan di seluruh lini
J&T Express terus meningkatkan upaya-upaya berkelanjutan dan rendah karbon dalam operasional sehari-hari. Hal ini mencakup seluruh proses mulai dari penjemputan paket, paket saat transit, pengiriman paket, hingga proses daur ulang limbah kemasan paket. Lebih lanjut, implementasi yang lebih luas mencakup penggunaan satu lembar e-waybill, recyclable courier box, karung paket di pusat sortir yang dapat digunakan kembali, dan peralatan pengelolaan kemasan yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan kemasan berlebih. Hingga akhir Desember 2023, lebih dari 25,6 juta karung paket di pusat sortir yang dapat digunakan kembali telah digunakan lebih dari 1,1 miliar kali.
Di area green transportation, J&T Express telah menerapkan model transportasi ramah lingkungan four-in-one. Model ini berfokus pada pengelolaan konsumsi bahan bakar di sepanjang rute, optimalisasi struktur transportasi dan pemanfaatan energi, serta memberikan pelatihan dan pemahaman akan penghematan energi kepada para pengemudi untuk mendorong penerapan tersebut dan transformasi struktural dari energi transportasi. Pada tahun 2023, J&T Express telah meluncurkan 150 kendaraan berbahan bakar LNG dan 63 kendaraan intelligent driving, yang dapat membantu pengemudi serta mengurangi konsumsi energi untuk rute jarak jauhnya.
Mengacu pada rekomendasi Task Force on Climate-related Financial Disclosures (TCFD),
J&T Express mengembangkan sistem manajemen perubahan iklim pada empat aspek kerangka yang meliputi tata kelola, manajemen risiko, strategi manajemen, serta indikator dan target. J&T Express menggunakan sistem ini untuk mengidentifikasi risiko dan peluang perubahan iklim serta mengambil tindakan yang sesuai untuk mendukung upaya mitigasi perubahan iklim dalam upaya merespons dan beradaptasi terhadap perubahan iklim.
Memberikan solusi logistik berkualitas, menjaga keamanan informasi dan perlindungan privasi
J&T Express berkomitmen untuk menyediakan solusi logistik berkualitas tinggi dengan membangun sistem produk pengiriman ekspres yang menyeluruh. Beberapa di antaranya termasuk “Tuyouda”, yang ditujukan bagi branded products, merchant dengan volume menengah dan tinggi, serta produk segar dan beku, Cash on Delivery, dan Parcel Insurance. Solusi ini diterapkan agar J&T Express mampu mengoptimalkan proses pengiriman ekspres untuk meningkatkan pengalaman layanan pelanggan. Pada saat yang sama, J&T Express juga mengembangkan strategi logistik pengiriman internasionalnya, yang berkontribusi pada pembangunan dan pengembangan industri, serta rantai pasok internasional.
J&T Express telah mengimplementasikan dan terus meningkatkan langkah-langkah keamanan jaringan global dan perlindungan privasi. Penerapan yang dilakukan memberikan perlindungan terhadap siklus informasi pribadi dan menjaga keamanan informasi pengiriman, memastikan bahwa informasi pribadi pelanggan terlindungi melalui pengembangan keamanan jaringan, audit keamanan informasi internal yang teratur, dan pelatihan pentingnya keamanan informasi bagi karyawan. Pada tahun 2023, J&T Express memperoleh beberapa sertifikasi sistem keamanan informasi resmi seperti ISO 27001 dan ISO 27701.
Mendukung pengembangan karyawan untuk membangun masyarakat yang lebih baik
Bakat menjadi kekuatan utama yang mendukung pengembangan J&T Express. J&T Express berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang terdiversifikasi, setara, inklusif, menyediakan berbagai saluran komunikasi, tunjangan karyawan, dan berbagai dukungan pelatihan kepada karyawan, serta terus meningkatkan pengembangan sistem manajemen keselamatan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan karyawan.
J&T Express memanfaatkan keunggulan operasionalnya dan berkontribusi terhadap pengembangan serta peningkatan komunitas di tempat mereka beroperasi. Adapun ragam kegiatan tersebut meliputi bidang perlindungan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat, bantuan pascabencana, pendidikan dan revitalisasi pedesaan, serta membantu masyarakat berkebutuhan khusus. Misalnya, J&T Express menyelenggarakan Green Express Innovation Video Competition di Thailand yang melibatkan partisipasi luas dari mahasiswa dan masyarakat untuk mempromosikan inovasi dalam pembangunan ramah lingkungan. Di Tiongkok, J&T Express mendirikan jalur khusus pertanian dengan jaringan lebih dari 220.000 desa dan bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan masyarakat untuk menyediakan sumber daya bagi sekolah-sekolah pedesaan di daerah terpencil. Di Indonesia, J&T Express mengadakan J&T Super Seller untuk berkontribusi terhadap pengembangan UMKM dan meluncurkan J&T Connect pada 2023 yang memberikan dukungan kepada penyandang disabilitas untuk mengembangkan bisnis UMKM mereka.
Dengan berpegang pada misi “Berorientasi pada Pelanggan dan Berbasis Efisiensi”, J&T Express berkomitmen untuk menciptakan nilai sosial dan pengembangan berkualitas tinggi dengan meningkatkan efisiensi bisnis dan kualitas layanan, memberdayakan pengembangan karyawan, dan mempromosikan perlindungan lingkungan, sebagai bagian dari strategi globalnya untuk menghubungkan dunia dengan lebih efisien dan memberikan manfaat logistik bagi semua.