Investree Mengumumkan Kerja Sama “Green Financing” Putaran Kedua Dengan Java Mountain Coffee Yang Memungkinkan Four Seasons Resort Bali Untuk Membantu Memberdayakan Wanita-wanita Lokal

Bali, Oktober 2019 – Investree (PT Investree Radhika Jaya), pionir fintech-marketplace lending di Indonesia, mengumumkan kerja sama ‘green financing’ putaran kedua dengan perusahaan sosial Indonesia, Java Mountain Coffee, yang memungkinkan Java Mountain Coffee menawarkan kopi segar Indonesia kepada para tamu Four Seasons Resort Bali dalam bentuk kopi kapsul berbahan biodegradable.

Bahan ini mampu terurai dengan aman dan relatif cepat untuk membaur kembali ke lingkungan.

 

Mendukung keunikan model bisnis Java Mountain Coffee sekaligus semangat untuk memberdayakan perempuan, Investree menyediakan pembiayaan bisnis untuk mesin kopi kapsul dalam kamar Four Seasons Resort Bali di Jimbaran dan Four Seasons Resort Bali di Sayan, Ubud.

Hal ini memberikan kesempatan kepada Java Mountain Coffee untuk menawarkan pilihan biodegradable Nespresso® compatible coffee capsules yang telah tersertifikasi, diisi oleh kopi segar Indonesia yang ditanam oleh para anggota koperasi petani wanita di Jawa Barat dan Bali.

 

Dalam kolaborasi ini, pembiayaan bisnis yang disalurkan oleh Investree kepada Java Mountain Coffee adalah Working Capital Term Loan (WCTL). WCTL merupakan salah satu jenis pinjaman produktif dari Investree yang memanfaatkan keunikan model bisnis peminjam seperti bekerja dengan mitra pembiayaan digital, penyedia jasa logistik, memiliki kontrak kerja yang sedang berjalan, menggunakan aplikasi titik penjualan (POS), atau lainnya.

“Kerja sama yang sedang berlangsung ini mencerminkan semangat Investree sesuai dengan tagline kami yaitu “Semua Bisa Tumbuh”. Investree juga memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) perempuan yang terlibat dalam proyek ini. Dengan menyediakan akses mudah dan cepat ke keuangan, diharapkan UKM dapat dibantu secara finansial sehingga bisnis mereka bisa berlanjut dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Selain itu, melalui koaksi dengan Java Mountain Coffee ini, kami juga ingin memperkuat kerja sama di segmen B2B sehingga industri kami masing-masing dapat bertumbuh,” kata Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi.

 

Adanya kerja sama ‘green financing’ putaran kedua memudahkan Java Mountain Coffee untuk membuka pasar yang lebih besar dalam industri perjalanan, pariwisata, dan perhotelan di Asia untuk menawarkan kopi kapsul berisi kopi segar Indonesia yang berkelanjutan dan dapat terurai secara alami. Hal ini akan memberikan kesempatan kepada para pemilik bisnis dalam industri ini untuk berhenti menggunakan kopi kapsul berbahan plastik dan aluminium yang banyak digunakan saat ini. Menurut data, sebagian besar hotel di Asia menawarkan kopi kapsul di kamar kepada tamu yang terbuat dari plastik dan aluminium yang menyebabkan kerusakan yang terbukti tidak dapat dipulihkan untuk bumi.

Selain menyediakan kopi segar Indonesia berkualitas dan berkelanjutan bagi para tamu Four Seasons Resort Bali, tujuan utama dari kerja sama ‘green financing’ adalah untuk memberdayakan para petani dan pekerja musiman wanita di mana 10% dari hasil penjualan kopi kapsul berbahan biodegradable ini akan diinvestasikan ke Women’s Empowerment Innovation Funds. Ini adalah nilai unik dan penting yang ingin disorot oleh Investree dan Java Mountain Coffee.

Menurut Bank Dunia, inisiatif yang dimiliki wanita, UKM yang dipimpin wanita, atau pemberdayaan wanita di negara berkembang tidak bisa mendapatkan modal yang mereka butuhkan. Perkiraan saat ini, mereka menghadapi defisit kredit hingga mencapai angka 1,5 triliun USD. Hampir tidak mungkin memulai atau mempertahankan bisnis tanpa akses terhadap modal. Jumlah kepemilikan UKM atau inisiatif pemberdayaan yang dimiliki, dijalankan, atau dipimpin oleh wanita UKM, atau inisiatif pemberdayaan di seluruh dunia yang dimiliki, dijalankan, atau dipimpin oleh wanita juga masih rendah, kurang dari 30%.

 

“Kami berterima kasih kepada Investree atas komitmen berkelanjutan mereka dalam memberdayakan petani wanita lokal melalui ‘green financing’ putaran kedua untuk Java Mountain Coffee. Kolaborasi ini membantu advokasi kami untuk industri perjalanan, pariwisata, dan perhotelan untuk mengganti kopi kapsul berbahan plastik dan aluminium dari bisnis mereka dengan ‘circular solution’, yang pada akhirnya merupakan hasil berkelanjutan terbaik bagi orang-orang dari komunitas petani lokal dan untuk masa depan planet kita”, kata Juru Bicara Java Mountain Coffee, Nadine Alexandra.

AMD, Investree, StickEarn, Wings Air, Inspirational Video, Motivational Video