Indonesia – Filipina Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan Saling Menguntungkan

Makati City, Filipina – Indonesia dan Filipina sepakati peningkatan kerja sama perdagangan antara kedua negara dalam Pertemuan Bilateral yang berlangsung di Makati City, Filipina (1/4).

Delegasi RI dipimpin oleh Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, sedangkan Delegasi Filipina dipimpin oleh Secretary of Trade and Industry Ramon M. Lopez dan Secretary of Agriculture Emmanuel F. Piñol.

 

Pertemuan juga memperkokoh 70 tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Filipina, yang telah berlangsung sejak 24 November 1949. Dalam pertemuan ini Indonesia dan Filipina menyepakati sejumlah hal berkaitan dengan upaya memperlancar arus perdagangan kedua negara melalui peniadaan hambatan perdagangan berupa tarif dan non tarif, terutama produk pertanian dan makanan. Kedua pihak juga sepakat melakukan pembahasan teknis dalam pertemuan working group setiap tahun secara bergantian di kedua negara, termasuk melakukan business forum dan business matching.

 

Pada kesempatan tersebut, juga ditandatangani Perjanjian Kesepakatan Pembangunan Industri Pengolahan Produk Kopi PT Mayora Indonesia di Special Economic Zone Batangas-Filipina dengan Lima Land Inc. (LLI) dalam 5 tahun mendatang senilai 80 juta USD, yang diperkirakan dapat  menyerap tambahan 3.000 tenaga kerja Filipina dari 4.500 tenaga kerja Filipina yang sudah terserap saat ini.

 

Pertemuan ditutup dengan Pernyataan Pers Bersama antara Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Secretary of Trade and Industry Ramon M. Lopez dan Secretary of Agriculture Emmanuel F. Piñol, serta Duta Besar RI Dr. Sinyo Harry Sarundajang.