Jakarta, 18 September 2023 – Indocomtech, pameran teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia, akan segera kembali digelar oleh Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI) bekerja sama dengan Satue Event pada tanggal 25-29 Oktober di ICE BSD City, Tangerang. Pameran ini akan menempati area seluas 5000 m2 di hall 7 dan akan menampilkan 120 exhibitor dari 18 kategori yang siap memamerkan teknologi informasi terbaru dengan penawaran harga istimewa.
Produk yang akan ditampilkan meliputi IT & Smart Technology yang mencakup smartphone, laptop, dan perangkat pintar lainnya; Commerce Solution yang mendukung kegiatan bisnis; Life Style yang berfokus pada hobi seperti gaming dan video on demand; Home Appliance; serta Transportation Technology yang akan menampilkan sepeda listrik dan mobil listrik.
Pameran ini mengusung tema “AI’m Existing,” sebagai bagian dari perayaan usia ke-29 Indocomtech. Tema ini menginspirasi masyarakat untuk menjadi bagian dari solusi dalam menghadapi kemajuan teknologi yang cepat dan dinamis, termasuk perkembangan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) yang terus berkembang pesat. Diperkirakan nilai investasi dalam teknologi AI di Indonesia akan tumbuh sebesar 27% pada tahun 2027 dengan total investasi mencapai US$7 Miliar.
Hidayat Tjokrodjojo, Ketua Umum Yayasan Apkomindo, mengungkapkan keprihatinannya terhadap dampak pesatnya perkembangan teknologi AI, termasuk potensi kehilangan pekerjaan manusia di masa mendatang. Oleh karena itu, Indocomtech 2023 berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kemajuan teknologi AI dan peluang yang dapat diambil melalui teknologi yang berkembang pesat tersebut.
Indocomtech akan menjadi ajang untuk menampilkan produk terbaru sekaligus menawarkan berbagai promo menarik, termasuk big deals dan clearance sale. Selain itu, acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai program dan acara menarik, seperti workshop, talkshow, peluncuran produk baru, acara penganugerahan, serta pameran robotik dan playground. Terdapat juga berbagai kompetisi yang dapat diikuti, seperti games competition dan cosplay competition.
Indocomtech juga mendukung talenta anak-anak Indonesia di bidang teknologi melalui Kontes Robot Nusantara (KRON), yang diikuti oleh anak-anak SD hingga SMA dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Lomba ini mencakup berbagai kategori seperti brick speed, coding mission, drone mission, dan animasi, dan akan dihadiri oleh lebih dari 700 peserta dan 1.500 guru pendamping.
Selain itu, Indocomtech menyelenggarakan Fever Fest, sebuah program pendukung berbasis komunitas pecinta budaya pop Jepang. Fever Fest akan mengisi akhir pekan di Indocomtech dan diperkirakan akan dihadiri oleh 10.000 peserta dari komunitas pecinta budaya pop Jepang.
Direktur Satue Event, Bambang Setiawan, menekankan bahwa Indocomtech 2023 akan menghadirkan berbagai acara yang menarik dan berbeda dari tahun sebelumnya. Setelah pandemi, komunitas kreatif semakin bersemangat untuk berpartisipasi dan berkreasi. Dengan melibatkan banyak komunitas, diharapkan jumlah pengunjung bisa meningkat dari tahun sebelumnya, yang mencapai 80.000 pengunjung, dan tentunya juga meningkatnya nilai transaksi.
Indocomtech 2023 terbuka untuk masyarakat umum dengan tiket masuk seharga Rp35.000. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di akun Instagram resmi Indocomtech: https://www.instagram.com/indocomtech/.