Future Force Fest 2020, Berdayakan Data Bantu UKM Bertransformasi Secara Pro Bono

41

Jakarta, Mei 2020  ̶  Data, teknologi, dan pemanfaatannya belum pernah menjadi sepenting sekarang. Semua pihak sedang bersiaga, gaya hidup berubah drastis hingga memunculkan kelaziman-kelaziman baru (the new normal), seluruh keputusan pun diambil dengan pertimbangan darurat.

Termasuk dalam aspek ekonomi dan bisnis. Banyak pelaku Small Medium Enterprise (SME) atau Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang terguncang. Sehingga pemanfaatan data dan teknologinya bukan lagi soal peningkatan atau pengembangan usaha, melainkan untuk keberlangsungan dan agar bisa bertahan di situasi sesulit sekarang.

Inilah misi yang diusung Future Force Fest 2020 oleh IYKRA. Bertemakan Facing The New Normal, Future Force Fest 2020 yang berlangsung 8-9 Mei 2020 terdiri atas sesi-sesi konferensi terbagi dalam tiga topik besar. Yaitu pentingnya data dan teknologi untuk ketangkasan bisnis (business agility); untuk pentingnya riset (the relevance of research); dan langkah strategis pemerintah (strategic government intervention). Setelah itu akan dilanjutkan dengan lokakarya virtual, terutama untuk implementasi dan transformasinya yang berlangsung hingga Juni mendatang.

 

“Future Force Fest 2020 kali ini menghadirkan lebih dari 25 narasumber dan panelis, baik dari kalangan bisnis mewakili established brands nasional dan internasional; para praktisi riset dan akademisi; serta figur-figur sentral di pemerintahan,” ungkap CEO IYKRA, Fajar Jaman.

Para narasumber akan dipandu host yang turut berkaliber. Beberapa di antaranya Andhyta F Utami atau Afutami (aktivis), Arief Aziz (Change.org Indonesia), David Irianto (Managing Editor), Marvin Sulistio (jurnalis televisi), Wisnu Nugroho (Editor in Chief). Sedangkan beberapa nama narasumber seperti Sandiaga Uno, Roy Simangunsong (Disney Media Network), Yohannes Surya, Dewi Nur Alamsyah (BNPB), Herawati Sudoyo, Danang Rizki Ginanjar (Kemenristek) dan banyak lagi lainnya.

 

Future Force Fest 2020 sendiri merupakan kelanjutan atau tindak lanjut dari Future Force Fair 2018, event perdana IYKRA yang fokus mengemukakan dan mengedukasi tentang pentingnya data dalam berbagai aspek kehidupan. Itu sebabnya, sesi-sesi yang disusun dalam Future Force Fest 2020 dapat menghasilkan inisiasi-inisiasi nyata.

“Salah satu yang berbeda dari Future Force Fest 2020 adalah keterlibatan stakeholders publik yang kompeten untuk gerakan-gerakan pro bono melalui Data Fellowship dan sebagainya. Di akhir acara, ada 10 SME terpilih yang akan didampingi untuk bertransformasi dalam situasi seperti saat ini,” lanjut Fajar.

Adapun secara teknis, Future Force Fest 2020 dapat diikuti secara online dan gratis. Masyarakat dapat mendaftarkan diri di iykra.com/future-force-fest untuk mendapatkan detail akses sesi-sesi yang diinginkan. Future Force Fest 2020 tahun ini diproyeksikan bakal disimak oleh lebih dari 300 partisipan.

 

Future Force Fest 2020 turut didukung oleh Cloudera, Monroe Consulting Group, Patamar Capital, DSI, Think Policy, dan Bagirata sebagai Donation Partner.

UPH, Hotel Aviary Bintaro, BPSDM PUPR, Microchip Technology, Lion Air Group, AMD Ryzen, Future Force Fest 2020, Inspirational Video, Motivational Video