Dukung Program Nasional #BanggaBuatanIndonesia, Blibli Hubungkan Penjual ke Pelanggan di Seluruh Indonesia

Jakarta, 25 Juni 2020 – Blibli terus berupaya untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM melalui kerja sama dengan pemerintah pada program #BanggaBuatanIndonesia.

Komitmen Blibli berhasil meningkatkan jumlah seller di berbagai kota serta mendorong pertumbuhan produk di masing-masing kategori yang menjadi fokus dari program nasional tersebut.

Blibli membuat satu laman khusus untuk mendukung kampanye #KarenaLokalNo1 yang berisikan kurasi produk UMKM pada lima kategori utama: Dunia Makanan, Fashion Wanita, Fashion Pria, Kesehatan dan Kecantikan, serta Rumah dan Dekorasi. Laman ini dibuat untuk memudahkan pelanggan mencari produk-produk UMKM, di saat yang sama mengajak pelanggan untuk bersama-sama mendukung produk lokal.

 

Devina Tandian, Associate Vice President of Brand Activation Blibli menyampaikan, “Melalui dukungan terhadap #BanggaBuatanIndonesia, kami melihat pertumbuhan yang pesat dari jumlah UMKM yang bergabung di Blibli. Selain mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas, para konsumen pun tetap bisa mendapatkan berbagai macam produk khas daerah dengan mudah serta tetap mendukung perekonomian Indonesia.”

Satu bulan sejak peluncurannya, program nasional #BanggaBuatanIndonesia yang dijalankan di Blibli telah mendorong pertumbuhan order hingga 3 kali dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019. Blibli mencatat pertumbuhan tertinggi pada kategori Dunia Makanan yang menampilkan aneka ragam makanan khas daerah di Indonesia. Pelanggan dapat membeli makanan dan minuman khas daerah seperti Bakpia Kukus Tugu, Bolu Meranti, Kopi Gayo, hingga Pia Legong dari Bali. Pertumbuhan lainnya ditunjukkan oleh produk fashion wanita dan pria, kecantikan dan kesehatan, serta rumah dan dekorasi.

Baca juga  Pandangan Asosiasi Blockchain Indonesia tentang Regulasi Juga Data Tentang Perkembangan Crypto di Indonesia

Pemanfaatan platform online membantu para UMKM lokal untuk meningkatkan visibilitas produk mereka di pasar yang lebih luas. Jumlah produk lokal yang tercatat di Blibli saat ini sudah mencapai sekitar 350.000 produk. Hal ini didorong oleh antusiasme pelanggan untuk mencari produk-produk lokal di Blibli.

 

Meski beberapa provinsi telah kembali membuka kegiatan ekonominya walaupun terbatas, Blibli tetap mendorong para seller untuk memanfaatan platform online. Hal ini didasari oleh protokol new normal yang telah menciptakan batasan-batasan baru antara penjual dan pembeli. Selain itu, para seller dapat memanfaatkan layanan dari Blibli seperti logistik, gudang, serta mendapatkan berbagai pelatihan dengan memanfaatkan ekosistem Blibli.

Dengan memanfaatkan layanan logistik Blibli, para seller tidak perlu khawatir untuk mengirimkan produk kepada pelanggan di beda pulau. Dari data yang diperoleh Blibli, tercatat bahwa pelanggan Blibli di Kalimantan Timur telah membeli produk dari seller di Aceh, serta pelanggan di Sumatera Selatan yang membeli produk dari Nusa Tenggara Timur.

Baca juga  Oracle dan Microsoft Mengumumkan Ketersediaan Oracle Database Service untuk Microsoft Azure

 

Pelanggan dan seller pun dimudahkan untuk melakukan pengiriman produk dalam ukuran besar. Salah satu produk terberat yang dibeli oleh pelanggan adalah sebuah kasur seberat lebih dari 600 kilogram dari seller di Jawa Timur. Blibli juga mencatat pengiriman produk dari beberapa seller di daerah Jabodetabek yang dengan cepat sampai kepada pelanggan dalam waktu kurang dari satu jam.

Secara terus menerus Blibli juga memberikan edukasi dari segi teknologi, pemasaran, dan sistem terpadu bagi para seller UMKM untuk menambah pengetahuan terhadap pengembangan bisnis. Di tahun 2020 sendiri, Blibli sudah memberikan lebih dari 100 pelatihan untuk mempersiapkan UMKM agar go digital. Pelatihan ini termasuk sesi webinar secara online yang diadakan dengan bersama berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah dan mitra pelaku usaha lainnya.

Baca juga  UKDW Bantu Dukung Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta

“Mendukung UMKM untuk terus tumbuh telah menjadi komitmen utama Blibli sebagai e-commerce lokal. Memasuki masa pemulihan ekonomi dan new normal, Blibli turut bertanggung jawab menopang perekonomian. Salah satu caranya adalah dengan memberikan dukungan dan edukasi pada UMKM karena ini akan menjadi bekal mereka untuk menghadapi melanjutkan bisnis ke depannya,” tambah Devina.

 

Blibli akan terus mendukung berbagai kampanye dan program yang berhubungan dengan UMKM, terutama yang mendorong mereka dalam melakukan transformasi digital. Blibli juga terus berupaya menyediakan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan untuk ikut ambil bagian dalam upaya mendorong roda perekonomian Indonesia. #KarenaLokalNo1.

Blibli.com, BNI Syariah, BPSDM PUPR, Kementan RI, Kemenkeu RI, Inspirational Video, Motivational Video