Dari Perth ke Rottnest Island, Berikut Rekomendasi Liburan Ke Australia Barat untuk First-Timer!

Jakarta, 21 Maret 2023 – Musim liburan hampir tiba, dan tentunya masyarakat Indonesia mulai merencanakan kegiatan liburan, baik solo, berpasangan, atau berkelompok bersama keluarga atau sahabat tersayang. Salah satu opsi destinasi yang dapat jadi nominasi adalah Australia Barat yang merupakan pintu masuk ke benua Australia.

Australia Barat adalah destinasi sempurna, tidak hanya bagi turis yang ingin melepas rindu menikmati relaksasi gaya hidup keseharian di Fremantle, tetapi juga bagi turis yang baru perdana menginjakkan kaki ke Australia Barat. Bulan April hingga Mei adalah waktu yang tepat berkunjung karena Australia telah memasuki musim dingin yang sejuk dan berlangit cerah.

Sebagai negara bagian terbesar di Australia, Australia Barat juga merupakan pintu masuk ke benua Australia yang memiliki ragam wisata alam terbuka yang unik dan eksotik. Australia Barat adalah destinasi tepat bagi para wisatawan untuk keluar sejenak dari rutinitas dan terhubung kembali dengan panorama alam liar dan tersembunyi.

Fransiska Pangat, Country General Manager Indonesia, Tourism Western Australia, berkata, “Australia Barat merupakan destinasi yang secara terampil memadupadankan keindahan alam dengan gaya hidup trendi kekinian. Citra Australia Barat dengan berbagai destinasi yang ramah turis makin diperkuat dengan berbagai kegiatan wisata yang tidak hanya menambah cakrawala dan pengetahuan, tetapi juga memacu adrenalin dan menggugah selera, sehingga akan jadi memori yang berharga.”

Bandara internasional Australia Barat terletak di kota Perth, sebuah kapital cantik yang makin menyempurnakan makna kehidupan kosmopolitan yang rileks, tenteram, nyaman, serta aman. Turis dan pengunjung yang terbang dari Jakarta, Denpasar, Surabaya, Medan, dan kota besar lainnya, tidak akan mengalami kondisi jet lag karena zona waktu Australia Barat hanya WIB+1, atau sama dengan zona waktu di Denpasar (WITA).

TOP 5 rekomendasi destinasi liburan ke Australia Barat untuk pemula:

Baca juga  Akuntansi UPH Resmi Kerja Sama dengan ACCA dan ICAEW Guna Jalin Kemitraan Internasional

Terpukau dengan keindahan kota Perth

Semua turis yang hendak mengunjungi Australia Barat melalui udara akan masuk melalui bandara Perth International Airport (PER). Perth, sebagai ibukota Australia Barat, terletak di pertemuan Swan River dan pantai barat daya (southwest beach), oleh karena itu, Perth tidak hanya terdiri dari gedung menjulang tinggi di kawasan pusat kota atau CBD (central business district), tapi juga memiliki Kings Park and Botanic Garden. Kegiatan yang tidak boleh terlewatkan adalah kunjungan ke Optus Stadium dengan paket tur HALO Experience, pelajaran sejarah suku Aborigin dari Warrang-Bridil, serta beraneka ragam opsi makan malam sambil menikmati keindahan matahari tenggelam di berbagai pilihan restoran dan kafe premium.

Bersantai sejenak di Fremantle

Berjarak sekitar 40 menit dari Perth dan bisa dijangkau dengan mobil serta kereta api, Fremantle merupakan kota kecil artistik yang menjadi pilihan destinasi warga lokal Perth ketika akhir pekan panjang (long weekend) karena masih menyimpan keindahan gaya arsitektur klasik yang terpadu sempurna dengan berbagai akomodasi hotel butik cantik. Fremantle menawarkan kemudahan berjalan kaki santai sembari meresapi kemajemukan kesenian karya seniman lokal yang mempercantik kota tersebut. Salah satu daya tarik utama Fremantle adalah Fremantle Weekend Market yang terletak di bangunan bergaya klasik jaman Victoria, serta menaungi sekitar 150 usaha lokal yang aktif berjualan setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Destinasi wisata kuliner di Busselton

Busselton adalah sebuah kota di ujung barat daya Australia Barat. Kota ini terkenal dengan pantainya yang terlindung dan humpback whale musiman. Kunjungan ke Busselton makin mempesona dengan pengalaman menjelajahi bentangan pantai di Cape Naturaliste Lighthouse Park, kunjungan ke mercusuar historis Cape Naturaliste Lighthouse, jelajahi berbagai produk lokal di Origins Market, menikmati sajian minuman anggur di Aravina Estate, rasakan pengalaman kuliner bercita rasa tinggi di atas kapal pesiar bersama Sea West, South West Cruise, atau ikut tur jelajah kuliner spesial bersama Forage Safaris yang mengajak berkenalan dengan perkebunan anggur, pengusaha minyak olive, dan penghasil produk coklat.

Eksplorasi keindahan Rottnest Island

Baca juga  Festival Gadjah Mada 2023: Prasama Amerta, Perpaduan Harmoni Tradisional dan Modern

Untuk mengunjungi Rottnest Island, turis dapat menggunakan pesawat kecil atau menggunakan kapal feri. Menjelajahi Rottnest Island dapat dilakukan dengan berjalan kaki, mengendarai sepeda, hingga menyewa kendaraan serupa golf cart atau istilahnya adalah Quokka Hopper Bus untuk menikmati pantai berpasir putih, mencari quokka (hewan marsupial ikonik dari Australia Barat), atau untuk tiba di pusat turis untuk jajan di supermarket, makan di beberapa kafe, atau menginap dengan konsep eco-glamping. Rottnest Island juga memiliki Wadjemup Museum yang mengajak untuk belajar sejarah dengan teater, artefak berusia 40.000 tahun, serta pengalaman audio imersif.

Pacu adrenalin di Australia Barat

Australia Barat tidak hanya terkenal dengan keindahan alam saja. Banyak wahana di destinasi wisata yang menguji nyali dan pacu adrenalin turis dan pengunjung. Di Optus Stadium, Perth terdapat HALO Experience, VERTIGO Rooftop Experience, dan Game Day Rooftop Experience. Kemudian pengalaman Zip+Climb di Matagarup Bridge, Tandem Skydive Over the Beach di Rockingham, Helicopter Scenic Flight di Perth, hingga Avon Valley Hot Air Balloon Ride di Northam, Perth.

“Australia Barat menawarkan berbagai pengalaman tourism hidden gem yang patut masuk ke dalam wishlist turis Indonesia. Selain perjalanan singkat karena durasi pendek, Australia Barat terdiri dari Perth dan sekitarnya, Barat Daya Australia, Barat Laut Australia, Coral Coast Australia, dan Golden Outback Australia – memberikan pemandangan dan pengalaman yang unik dan berbeda di setiap wilayah, penuh pesona dan keunikannya masing-masing,” tambah Fransiska.

Sebagai destinasi empat musim berjarak terdekat dari negara Indonesia, Australia Barat cocok bagi para wisatawan Indonesia yang haus akan pengalaman berwisata alam dan aktivitas di alam terbuka. Dengan durasi penerbangan selama 4,5 jam dari Jakarta, kedekatannya dengan Indonesia telah memposisikan Australia Barat dengan sempurna sebagai tujuan wisata saat long-weekend ataupun liburan singkat yang ideal baik bersama dengan keluarga maupun teman-teman.

Pada tahun 2022, Australia Barat luncurkan brand baru bertajuk ‘Walking On A Dream’ yang menyoroti personality Australia Barat sebagai destinasi wisata unik dalam pasar global. Konsep kreatif ‘Walking On A Dream‘ secara langsung menjawab hasrat utama turis dan pengunjung untuk menyaksikan dan merasakan pengalaman wisata yang menakjubkan, mempesona, penuh impian dan khayalan. Dari atraksi outdoor ramah keluarga, dan petualangan outback layaknya dunia khayalan, hingga pengalaman akuatik dan pesisir pantai yang sungguh menyenangkan, serta kuliner legendaris lokal yang lezat dan menggugah selera.

Liburan mandiri di Australia Barat adalah salah satu cara terbaik untuk merasakan pengalaman terbaik berwisata di Australia. Ada banyak jalur berkendara dengan lanskap indah di berbagai belahan dunia, tetapi perpaduan antara medan, pemandangan, dan kuliner, makin menjadikan Australia Barat sebagai destinasi roadtrip terbaik dimana turis dapat tersihir dengan pemandangan seperti padang bunga liar dan danau pink cantik di sebelah kiri, serta berbagai hasil bumi lokal segar di barisan restoran mewah di kawasan southwest.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri