SEOUL, Korea Selatan, 3 Juni 2021 /PRNewswire/ — Dable, platform penelusuran konten (content discovery platform) yang terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan jumlah media premium yang menjadi mitranya di Asia, yakni mencapai lebih dari 3.000 media dan mendatangkan lebih dari lima miliar pageview per bulan
Dable, berbasis di Korea Selatan, adalah perusahaan teknologi media (media tech) yang didukung teknologi big data dan personalisasi kelas dunia. Dable menyediakan “Dable News” dan “Dable Native Ad” yang merekomendasikan konten dan iklan yang dipersonalisasi berdasarkan analisis atas konten yang dilihat pembaca dan perilaku pengunjung situs.
Dable telah bermitra dengan berbagai media terkemuka di Asia seperti Indonesia: Liputan6—milik grup media terbesar dan paling tepercaya di Indonesia, Suara—portal berita daring independen, Malaysia: Utusan Malaysia—penerbit berita berbahasa Melayu yang terbesar di Malaysia, dan Chinapress—penerbit berita berbahasa Mandarin yang paling tepercaya di Malaysia, Vietnam: Thanhnien—salah satu penerbit media yang paling tepercaya di Vietnam, Tienphong—salah satu penerbit media yang paling lama berdiri di Vietnam, Korea Selatan: Chosun Ilbo—penerbit media No.1 di Korea Selatan, KBS—media publik terkemuka, Taiwan: ETToday—grup berita papan atas di Taiwan, LTN—media yang paling lama berdiri di Taiwan.
Dable mengumpulkan dan menganalisis 22 miliar media log dari sekitar 500 juta pengguna per bulan di Asia. Dable merekomendasikan konten ke lima miliar situs per bulan. Sementara, lebih dari 100 juta pageviews telah dihasilkan platform Dable.
Dable mengalami pertumbuhan penjualan tahunan rata-rata di atas 50% sejak pertama kali berdiri pada 2015. Saat ini, Dable adalah platform rekomendasi konten yang paling banyak digunakan di Indonesia, Vietnam, dan Korea. Di Taiwan, penjualan Dable telah melesat hingga tiga kali lipat pada tahun lalu, sedangkan, Malaysia mencatat pertumbuhan penjualan bulanan rata-rata sebesar 30%. Dable juga menempati posisi ke-46 dalam jajaran “500 Perusahaan yang Paling Berkembang Pesat di Asia Pasifik” versi Financial Times, dan membuktikan potensi pertumbuhannya dengan menguasai peringkat No. 1 pada kategori media.
Dable, baru meraih investasi Seri C senilai US$12 juta, akan mempercepat ekspansi globalnya. Dable mulai menawarkan layanannya di Hong Kong SAR, Thailand, dan Singapura, serta terus berekspansi ke Tiongkok Daratan, Turki, dan Australia pada tahun ini. Dable juga ingin merambah Amerika Serikat dan Eropa.
“Dable sukses menjalin 3.000 kemitraan media di Asia dalam waktu singkat berkat teknologi unggulannya,” kata Chaehyun Lee, CEO, Dable. “Dable juga akan lebih aktif untuk memperluas layanannya. Kami akan menghadirkan layanan terbaik berdasarkan karakteristik setiap wilayah, serta giat merekrut tenaga kerja lokal dan menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan lokal.”