Blibli: Platform Omnichannel Commerce Terpercaya di Indonesia

Jakarta, 23 Agustus 2023 – Blibli, dengan tekad untuk menjadi platform omnichannel commerce dan gaya hidup terpercaya di Indonesia, telah berhasil menjadi panutan bagi 275 ribu mitra pedagang merek. Melalui komitmennya terhadap inovasi, pengalaman pelanggan tanpa kompromi, dan layanan luar biasa, Blibli terus menguatkan misinya dan memperluas jangkauan pelanggannya. Kerjasama strategis dengan Botify menjadi langkah penting dalam mewujudkan tujuan ambisius ini.

Berdasarkan data dari Statista, pasar eCommerce Indonesia diperkirakan akan mencapai 244,70 juta pengguna pada tahun 2027. Sementara itu, pendapatan dari sektor ini diproyeksikan mencapai 44,81 miliar dolar pada tahun 2023 dan 66,66 miliar dolar pada tahun 2027. Menghadapi peluang pertumbuhan yang luar biasa ini, Blibli berkomitmen untuk memberikan pengalaman unggul kepada para pelanggan. Mereka mengusahakan untuk menyajikan layanan yang unik, handal, dan tepercaya, yang akan berkontribusi dalam memperkaya kehidupan konsumen.

Blibli telah merancang ekosistemnya dengan cermat sehingga mampu menjangkau sekitar 90% potensi belanja di Indonesia. Meskipun telah mencapai kesuksesan yang signifikan melalui keterlibatan pelanggan dan strategi pemasaran digitalnya, Blibli menyadari perlunya pengoptimalan situs web untuk meningkatkan jangkauan dan trafik organik, sehingga mampu melayani lebih banyak konsumen di Indonesia. Dengan jutaan halaman produk yang ada dalam situsnya, Blibli dengan cepat menyadari pentingnya solusi SEO dalam skala besar. Mereka membutuhkan alat yang dapat memberikan data, analisis, dan wawasan yang diperlukan untuk mengoptimalkan situs dan meningkatkan peringkat pada hasil pencarian organik. Dan inilah peran yang diemban oleh Botify.

Edward Kilian Suwignyo, CMO di Blibli, menyatakan, “Sebelum kami mulai bekerja dengan Botify, kami menyadari adanya berbagai tantangan dalam mengidentifikasi masalah, menemukan area perbaikan, serta mengukur kemajuan yang kami capai. Kami juga ingin mengetahui apakah masih ada potensi peningkatan yang dapat diexplorasi.”

Dengan bantuan platform Botify, Blibli berhasil mendapatkan pemahaman mendalam tentang semua aspek pencarian organik di seluruh situs mereka. Hal ini membantu mereka mengenali peluang-peluang yang dapat segera diambil untuk pertumbuhan trafik organik. Mereka mampu mengatasi kendala-kendala pada halaman-halaman strategis yang sebelumnya tidak tercrawl atau terindeks dengan benar oleh mesin pencari, yang pada gilirannya meningkatkan visibilitas situs mereka. Melalui Botify, mereka mencatat kemajuan positif dengan peningkatan 20% pada klik dan peringkat halaman di hasil pencarian Google.

Botify juga berhasil mengidentifikasi peluang-peluang perbaikan lainnya melalui pemanfaatan solusi pra-rendering yang telah ada di Blibli, yang ternyata memiliki pengaruh besar terhadap visibilitas halaman-halaman tersebut. Dalam waktu enam bulan, Blibli berhasil meningkatkan jumlah halaman yang tercrawl sebesar 39%, meningkatkan jumlah halaman yang terindeks oleh Google sebesar 50%, dan mencatat kenaikan transaksi organik sebesar 30%.

Irvan Sanjaya, AVP SEO di Blibli, menambahkan, “Kami memilih Botify karena cocok dengan skala bisnis enterprise. Tidak ada alat lain yang dapat mengcover keseluruhan situs, memberikan pandangan yang luas, serta mengidentifikasi peluang pendapatan dan pertumbuhan bisnis seperti yang mampu dilakukan oleh Botify.”

Sebagai salah satu pemimpin dalam inovasi pencarian organik, Botify menjadi mitra yang dipercaya oleh lebih dari 500 merek terkemuka di seluruh dunia, termasuk Sephora, Carousell, Expedia, L’Oreal, The New York Times, Github, Conde Nast, dan Under Armour. Bagi ritelus Blibli, Botify menjadi solusi yang dapat diandalkan untuk membantu mencapai misi mereka, dengan mengoptimalkan penggunaan pencarian organik sebagai saluran pemasaran kinerja yang kuat. Melalui Botify, Blibli dapat mengoptimalkan situs web dengan cara yang efisien dan berkelanjutan, sehingga mampu meningkatkan visibilitas dan pendapatan mereka.

Related posts

Leave a Reply