Biotech Expo 2019: Media Efektif Sosialisasikan Perkembangan Bioteknologi dan Aplikasinya

Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Tanaman Hutan Sleman, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoar Penyakit Salatiga, PT ITS Science Indonesia, dan SMA Budi Utama menggelar “Biotech Expo 2019” pada tanggal 13-15 September 2019 di Atrium Agape UKDW. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-32 Fakultas Bioteknologi UKDW Yogyakarta sekaligus sosialisasi perkembangan ilmu bioteknologi dan aplikasinya di berbagai bidang serta prospek pengembangannya.

 

Acara dibuka oleh Drs. Kisworo, M.Sc selaku Dekan Fakultas Bioteknologi, dilanjutkan dengan diadakannya workshop bertema “Biorepository: Create a New Golden Age with Biodiversity and Biotechnology for a Healthier World Future” yang dibawakan oleh Evi Sulistyarini, SKM., M.Si dan Sidiq Setyo Nugroho, S.Si dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Vektor dan Reservoir Penyakit, Salatiga.

Melalui kegiatan tersebut peserta diajak untuk melihat perkembangan bioteknologi dan mengupayakan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara optimal serta meminimalkan resiko kerusakan lingkungan. Drs. Djoko Rahardjo, M.Kes selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama (WD III) Fakultas Bioteknologi UKDW menjelaskan bahwa aplikasi industri bioteknologi di Indonesia dapat difokuskan dalam berbagai bidang seperti rekayasa genetik, industri farmasi dan kosmetik, industri kertas, bioenergi, pengembangan teknologi baru untuk menata lingkungan, serta menemukan bahan-bahan baru yang dapat digunakan untuk industri.

 

“Melalui rekayasa genetik, kita bisa mendapatkan bibit unggul untuk meningkatkan produktivitas dan kelestarian budidaya kkomoditas berbasis keanekaragaman hayati sehingga lebih ramah lingkungan. Selain itu kita juga dapat memanfaatkan bioenergi untuk memproduksi bioethanol dan biodiesel,” paparnya.

Untuk dapat memanfaatkan keuntungan alamiah yang  tersedia, diperlukan sumber daya manusia terdidik, terlatih, dan berpengalaman dalam bioteknologi. Salah satu upaya untuk mengembangkan bioteknologi adalah sosialisasi dan diseminasi perkembangan bioteknologi kepada siswa, mahasiswa, dan masyarakat luas adalah melalui “Biotech Expo 2019” agar siswa, mahasiswa dan masyarakat luas memahami perkembangan, kontribusi, serta nilai penting bioteknologi sehingga tertarik untuk menekuni bioteknologi serta aktif melakukan riset inovatif dibidang bioteknologi.

 

Selain “Biotech Expo 2019” juga diselenggarakan berbagai kegiatan seperti workshop, Lomba Cerdas Cermat, dan Lomba Biologi Fashion Show  untuk siswa-siswi SMA di lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta

UKDW Yogyakarta, BPSDM PUPR, Kominfo RI, Kemenperin RI, Kemenlu RI, Inspirational Video, Motivational Video