Batik Air Hubungkan Indonesia dengan India Wujudkan Pengalaman Ramadan dan Lebaran yang Tak Terlupakan

J A K A R T A – 22 Maret 2023. Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menawarkan rute paling diminati tujuan India, kesempatan “mewujudkan impian mengunjungi kota-kota favorit dan terkemuka” di Asia Selatan, ke:

  1. Mumbai (BOM);
  2. Cochin atau Kochi (COK);
  3. Bangaluru (BLR);
  4. New Delhi (DEL);
  5. Hyderabad (HYD);
  6. Amritsar (ATQ);
  7. Tiruchirappalli (TRZ);
  8. Kolkata (CCU) dan
  9. Destinasi baru: Visakhapatnam, Andhra Pradesh (VTZ) mulai 28 Maret 2023.

Penerbangan terhubung dari Indonesia melalui 6 (enam) kota asal  dan bandar udara penghubung utama (main hub), yaitu

  1. Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK)
  2. Surabaya – Bandar Udara Internasional Juanda (SUB)
  3. Bali – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS)
  4. Medan – Bandar Udara Internasional Kualanamu (KNO)
  5. Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)
  6. Jogja – Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA).

Bagi wisatawan dan pebisnis yang berasal dari kota asal lain, keuntungannya dapat memilih salah satu dari enam kota tersebut sebagai pilihan transit terbaik di Indonesia untuk melanjutkan penerbangan.

Penerbangan Batik Air Indonesia ke India memiliki beberapa kelebihan dan daya tarik, di antaranya:

Baca juga  Temukan Destinasi Menarik di Sekitar Aston Priority Simatupang

Pertama, kemudahan dalam melakukan perjalanan. Batik Air menawarkan kesempatan luas  untuk menambah pengalaman perjalanan berkesan dengan konsep layanan transit di Kuala Lumpur, penerbangan lanjutan ke India menggunakan Batik Air Malaysia (kode penerbangan OD). Menariknya, hal tersebut merupakan opsi tiket pesawat multi-city. Batik Air dan Batik Air Malaysia mempermudah perjalanan dengan mengunjungi beberapa kota sekaligus, semakin  menjelajahi banyak tempat-tempat terkenal.

Kedua, waktu perjalanan relatif singkat. Dari Indonesia ke India penerbangan dengan transit di Kuala Lumpur dapat memakan waktu sekitar 6-7 jam, tergantung pada jadwal penerbangan dan waktu transit yang dipilih. Waktu ini relatif singkat dibandingkan dengan opsi penerbangan lainnya yang menghabiskan waktu lebih lama.

Ketiga, harga tiket terjangkau. Penerbangan transit di Kuala Lumpur menawarkan biaya tiket relatif terjangkau, sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pelancong dan pelaku bisnis yang ingin menghemat biaya perjalanan.

Keempat, berbagai alternatif waktu penerbangan. Batik Air menyediakan banyak pilihan waktu penerbangan yang tersedia dari Indonesia ke India dengan transit di Kuala Lumpur, sehingga setiap pebisnis dan pelancong dapat memilih waktu yang paling sesuai jadwal perjalanan.

Baca juga  Musim Haji 2019, BNI Syariah Targetkan Gaet 95 ribu Nasabah Baru

Kelima, daftar destinasi baru. Terbang transit di Kuala Lumpur, bisa melintasi 2 (dua) negara: Malaysia dan India. Saat singgah, bisa melihat dan menikmati secara singkat atau waktu tertentu sesuai pilihan dengan mengunjungi tempat-tempat menarik.

Suasana Baru: Ramadan dan Lebaran di India

Momen spesial untuk menghabiskan waktu di India salah satunya Ramadan dan libur Lebaran. Kota-kota tujuan memiliki daya tarik unik bagi wisatawan. Beberapa hal yang menarik dari Ramadan di India antara lain:

  • Makanan: waktu tepat untuk menikmati berbagai hidangan khas yang terkenal antara lain biryani, kebab, roti, dan kheer ketika berbuka puasa atau sahur serta Lebaran.
  • Tradisi: diwarnai dengan berbagai tradisi dan kegiatan sesuai budaya lokal. Bisa melihat langsung orang-orang di India mengenakan pakaian tradisional seperti kurta dan saree, yang dipadukan dengan aksesoris seperti jumputan dan kalung. Busana tradisional ini sangat berwarna-warni dan indah, membuat suasana Lebaran di India semakin meriah.
  • Keramahan: dikenal sangat ramah dan selalu menyambut tamu dengan senyum dan kehangatan. Selama Ramadan, keramahan ini semakin terasa, terutama ketika mereka berbagi hidangan buka puasa dengan tetangga dan teman-teman.
  • Festival: Idul Fitri atau Hari Raya di India disebut sebagai Eid-ul-Fitr. Ini adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di India. Festival Qawwali adalah acara tahunan yang diselenggarakan di Ajmer Sharif, tempat makam Sufi terkenal Khwaja Moinuddin Chishti. Acara ini menampilkan pertunjukan musik dan tarian qawwali yang dipimpin oleh para pria sufi yang memainkan alat musik tradisional seperti tabla dan harmonium.
  • Dan masih banyak lagi.
Baca juga  DANA Lestari Ciptakan Masyarakat Nontunai Peduli Lingkungan

Rute Indonesia – Malaysia – India terus dikembangkan sebagai salah satu upaya Batik Air untuk menarik wisatawan asing ke Indonesia sejalan mendukung program pemerintah.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri