Bank DBS Indonesia Mendukung Pembangunan Berkelanjutan dengan Mengalokasikan Dana kepada BUMN

Jakarta, 24 Oktober 2023 – Selama periode 2022 hingga saat ini, Bank DBS Indonesia telah menandatangani sejumlah kesepakatan Fasilitas Pinjaman Berjangka Sindikasi (Syndicated Term Loan Facility) dengan berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di berbagai sektor, termasuk energi, pengolahan, perbankan, dan lainnya. Tindakan ini mencerminkan komitmen Bank DBS Indonesia dalam mendukung agenda pemerintah serta proyek-proyek pembangunan BUMN di berbagai wilayah. Bank DBS Indonesia juga mendampingi BUMN dalam percepatan transisi bisnis menuju keberlanjutan melalui fasilitas pinjaman berkelanjutan (green loan) dan obligasi yang terkait dengan keberlanjutan (sustainability-linked bond).

Dalam kelanjutan pencapaian tahun sebelumnya, Bank DBS Indonesia juga terus memberikan kredit kepada BUMN hingga September 2023, dengan total sekitar US$1.300 juta. Lebih kurang 15 persen dari total pendanaan ini dialokasikan untuk proyek yang berkaitan dengan prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Baca juga  Chlostanin Hoken : Wujudkan Buah Hati Sehat & Cerdas

Kunardy Lie, Direktur Institutional Banking PT Bank DBS Indonesia, menjelaskan, “Kami menyadari peranan penting yang dimainkan BUMN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Kami berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama yang telah dibangun dan menjadi mitra BUMN dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat, seperti melalui keterlibatan kami dalam menyediakan fasilitas green loan senilai total USD750 juta untuk mendukung transisi dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ke Energi Baru Terbarukan (EBT).”

Baru-baru ini, Bank DBS Indonesia turut serta dalam Sustainability-Linked Syndicated Term Loan Facility untuk PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Kesepakatan kredit ini melibatkan beberapa mitra perbankan, baik nasional maupun internasional, termasuk dari Singapura, Jepang, Hong Kong, Taiwan, dan Korea Selatan.

Baca juga  Kementerian PUPR Jajaki Kerjasama Bidang Infrastruktur dengan Pemerintah Turki

Dengan rekam jejak yang cemerlang dalam menangani berbagai pembiayaan ini, Bank DBS Indonesia mendapat kepercayaan sebagai fasilitator dan koordinator (lead arranger/coordinator) dalam beberapa kesempatan pembiayaan sindikasi. Selain itu, Bank DBS Indonesia juga dipilih untuk berpartisipasi dalam acara Business Matching pada Pertamina Investor Day 2023, di mana bank ini memainkan peran aktif dalam memberikan masukan terkait beberapa proyek strategis Pertamina Group, baik sebagai spesialis industri maupun dari sudut pandang perbankan.

Pengakuan atas kontribusi Bank DBS Indonesia ini juga datang dari Kementerian BUMN dalam bentuk Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022. Dalam ajang ini, Bank DBS Indonesia berhasil meraih peringkat ketiga dalam kategori Global Champion – Kelas Usaha Swasta di kategori kreditur/investor. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan kepada mitra BUMN yang telah mendukung berbagai aspek operasional dan bisnis BUMN, membantu mereka meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja mereka.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri