Bank DBS Indonesia Memperingati HUT ke-34 dengan Fokus pada Inovasi Berdampak untuk Meningkatkan Kemudahan Nasabah “Live more, Bank less”

Jakarta, 10 Juli 2023 – Bank DBS Indonesia merayakan ulang tahun ke-34 dengan mengajak nasabah dan masyarakat untuk menikmati hidup lebih banyak dan berurusan dengan bank lebih sedikit melalui berbagai hadiah dan promosi menarik. Periode promosi berlangsung dari 30 Juni hingga 16 Juli 2023 dan melibatkan lebih dari 34 merchant baik secara online maupun di outlet. Promosi ini berlaku untuk semua jenis Kartu Kredit digibank yang diterbitkan di Indonesia, di mana nasabah berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp3.400.000 dan digibank Pay Later dengan bunga 0%.

President Director PT Bank DBS Indonesia, Lim Chu Chong, mengungkapkan, “Selama 34 tahun perjalanan Bank DBS Indonesia, kami terus mengembangkan produk dan layanan untuk memungkinkan nasabah ‘Live more, Bank less’. Aplikasi digibank by DBS menawarkan berbagai fitur yang memudahkan nasabah dalam mengelola keuangan dan mencapai tujuan finansial. Kami berinovasi agar nasabah dapat bertransaksi, menabung, mengatur arus kas, hingga berinvestasi, serta memberikan kontribusi positif pada lingkungan dalam satu aplikasi.”

Bank DBS Indonesia mencatat pertumbuhan penggunaan Kartu Kredit digibank sebesar lebih dari 30% sepanjang tahun 2022 hingga 2023. Pertumbuhan ini didukung oleh penggunaan kartu kredit yang meningkat untuk perjalanan dan pembelanjaan di marketplace dan e-commerce.

Teknologi sebagai pendorong inovasi berdampak

Bank DBS Indonesia telah meluncurkan aplikasi digibank by DBS sejak tahun 2017 dan terus memanfaatkan teknologi untuk mentransformasikan perbankan digital. Disrupsi teknologi semakin dipercepat selama pandemi COVID-19, memaksa industri perbankan dan industri lainnya untuk beradaptasi guna tetap terhubung dengan nasabah. Disrupsi teknologi ini mengubah cara berinteraksi dan memberikan layanan, serta mempengaruhi preferensi nasabah terhadap produk perbankan.

Aplikasi digibank by DBS telah berkembang menjadi full-fledged digital banking dengan fitur yang lengkap dan kompetitif, memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan sehari-hari. Bank DBS Indonesia terus mengembangkan solusi perbankan digital yang intuitif, cerdas, dan personal berdasarkan prinsip “Live more, Bank less”. Seiring dengan peningkatan pengguna aktif aplikasi digibank by DBS, jumlah saldo dana pihak ketiga (DPK) meningkat dua kali lipat dalam dua tahun terakhir, sementara saldo investasi tumbuh sebesar 60% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022.

Selain fokus pada inovasi teknologi, Bank DBS Indonesia juga berkomitmen pada keberlanjutan dengan mengintegrasikan faktor environment, social, dan governance (ESG) pada setiap aspek bisnisnya. Bank ini memiliki tiga pilar keberlanjutan, yaitu Responsible Banking, Responsible Business Practice, dan Impact Beyond Banking. Pilar Responsible Banking mencakup produk perbankan yang bertanggung jawab, seperti pembiayaan hijau. Pilar Responsible Business Practice melibatkan upaya pengurangan emisi karbon dan pengelolaan lingkungan. Sementara itu, pilar Impact Beyond Banking fokus pada kegiatan sosial, seperti literasi keuangan dan gerakan #MakanTanpaSisa.

Bank DBS Indonesia juga memberikan perhatian kepada karyawannya melalui konsep Future of work (F3W) yang mencakup fleksibilitas aturan kerja, pengembangan sumber daya manusia, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif. Upaya ini diakui oleh HR Asia yang baru-baru ini menobatkan Bank DBS Indonesia sebagai Best Place to Work.

Dalam rangka peringatan HUT Bank DBS Indonesia, sekitar 3.040 karyawan bank terlibat dalam berbagai kegiatan, termasuk kegiatan sukarelawan dan Future Forward Week yang berfokus pada kesejahteraan. Karyawan juga akan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan aksi bersih-bersih pada Car Free Day (CFD) di area Sudirman dan sekitarnya. Program-program ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi sebagai One DBS, memberikan apresiasi kepada karyawan, serta mendorong pertumbuhan individu dalam mencapai tonggak sejarah baru.

Dengan inovasi yang berdampak dan komitmen terhadap keberlanjutan, Bank DBS Indonesia terus berupaya memberikan pengalaman perbankan yang menyenangkan bagi nasabah dan karyawan.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri