Bank DBS Indonesia Memenangkan Penghargaan Inovasi Sistem Pembayaran Digital Terbaik di BI Awards 2023

Jakarta, 1 Desember 2023 – Bank DBS Indonesia berhasil memenangkan penghargaan Inovasi Sistem Pembayaran Digital Terbaik untuk BI-FAST pada BI Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Lim Chu Chong, Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, menerima penghargaan ini langsung dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Penghargaan BI Awards 2023 diberikan kepada mitra-mitra yang secara konsisten menunjukkan dedikasi dan komitmen mereka dalam memberikan kontribusi yang signifikan untuk kemajuan ekosistem keuangan Indonesia, termasuk dukungan kepada Bank Indonesia dalam berbagai bidang seperti moneter, sistem pembayaran, makro prudensial, dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Lim Chu Chong, Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, menyatakan, “Penghargaan ini adalah pengakuan atas kapabilitas perbankan Bank DBS Indonesia dan upaya kami sebagai mitra strategis Bank Indonesia dalam mempercepat ekonomi digital. Kami berkomitmen untuk terus menyediakan produk perbankan yang aman, mudah digunakan, dan relevan dengan kebutuhan nasabah untuk mendukung perekonomian inklusif dan bermanfaat bagi masyarakat.”

Bank DBS Indonesia merupakan salah satu dari 21 institusi perbankan yang mulai menerapkan sistem pembayaran BI-FAST pada tahap pertama sejak 21 Desember 2021. Dari awal peluncurannya dengan 13 ribu transaksi, Bank DBS Indonesia berhasil meningkatkan jumlah transaksi menggunakan sistem BI-FAST menjadi 109 juta.

Bank DBS Indonesia memiliki solusi terintegrasi yang menggabungkan teknologi dan proses aktivitas perbankan untuk menciptakan sistem terhubung dengan sistem nasabah. Hal ini termasuk penggunaan Real Time Application Programming Interface (API) by DBS (DBS RAPID) yang membantu percepatan transaksi berbasis BI-FAST. Bank DBS Indonesia juga memaksimalkan kanal perbankan digital yang mudah diakses oleh nasabah, seperti di aplikasi digibank by DBS, DBS RAPID, IDEAL Connect, dan DBS IDEAL. Kolaborasi antara seluruh unit bisnis dan unit pendukung yang handal juga turut mendukung operasional bank.

Langkah ini sejalan dengan visi Bank DBS Indonesia untuk menjadi “Lebih seperti inovator, kurang seperti bank,” yang menekankan inovasi sebagai cara untuk memberikan pengalaman perbankan yang unik bagi nasabah.

Informasi lebih lanjut mengenai Bank DBS Indonesia dapat ditemukan di www.dbs.id atau melalui Instagram @dbsbankid.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri