Aktuaria UPH Mendapat Pengakuan Advanced Curriculum dari Society of Actuaries

65

Program studi (Prodi) Matematika Universitas Pelita Harapan (UPH) berhasil mendapatkan pengakuan internasional dengan diperolehnya sertifikasi Advanced Curriculum, sehingga UPH terdaftar dalam Universities and Colleges with Actuarial Programs (UCAP), sebagai salah satu universitas dan perguruan tinggi yang memiliki Departemen Aktuaria terbaik di seluruh dunia, yang dipublikasikan oleh Society of Actuaries (SOA) di https://www.soa.org/institutions/.

Pengakuan ini menjadikan Prodi Matematika UPH sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang masuk dalam daftar UCAP SOA.  Ini berarti, mahasiswa Matematika Aktuaria dan Terapan UPH dapat menggunakan nilai yang mereka peroleh sebagai transition credit untuk mendaftar ujian akreditasi Validation by Educational Experience (VEE) SOA.

 

Selain itu, mahasiswa Aktuaria UPH berkesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang mereka peroleh dan mendalami aplikasi aktuaria yang paling mutakhir di lapangan; melalui kerja sama yang dijalin dengan organisasi terkemuka dalam dunia aktuaria lainnya seperti Institute and Faculty of Actuaries (IFOA).

SOA didirikan pada tahun 1949, sebagai organisasi aktuaria profesional terbesar di dunia dan memiliki lebih dari 30.000 anggota di seluruh dunia. Sedangkan UCAP adalah recognition list yang memuat nama universitas dan perguruan tinggi yang memiliki program Aktuaria sesuai standar SOA.

Untuk mendapatkan Recognition UCAP-Advanced Curriculum, UPH telah memenuhi serangkaian persyaratan yang ditetapkan SOA, diantaranya mempunyai beberapa mata kuliah yang setara dengan minimal 4 ujian profesional SOA dan beberapa mata kuliah yang memenuhi kualifikasi Validation by Educational Experience (VEE) dari SOA yaitu VEE Accounting & Finance, VEE Economics, dan VEE Mathematical Statistics.

 

Kie Van Ivanky Saputra, S.Si., Ph.D., Ketua Prodi Matematika Aktuaria dan Terapan UPH mengatakan, “UPH sudah mampu memiliki mata kuliah yang mendukung dan mempersiapkan mahasiswanya untuk mengikuti ujian aktuaria SOA, antara lain:  Exam Financial Mathematics (FM),  Exam Investment & Financial Markets (IFM), Exam Long-Term Actuarial Mathematics (LTAM), Exam Probability (P), dan Exam Short-Term Actuarial Mathematics (STAM). Departemen Matematika Aktuaria dan Terapan UPH menargetkan bisa mendapatkan recognition tertinggi dari SOA kepada universitas yakni sebagai Centers of Actuarial Excellence (CAE) di masa mendatang,jelas Ivanky.

Melalui sertifikasi ini, UPH berkesempatan mendapatkan sumber daya dan pendanaan dari proyek SOA UCAP, serta menggunakan platform SOA untuk meningkatkan visibilitas internasional UPH. UPH juga direkomendasikan UCAP sebagai pilihan terbaik bagi calon mahasiswa yang berminat terhadap program aktuaria dengan kualitas kelas dunia.

 

“Dengan kata lain UPH diakui sebagai universitas yang dapat memberikan pendidikan aktuaria sesuai dengan standar SOA.  Kami berharap akan ada banyak peluang, kesempatan yang sangat baik untuk para mahasiswa yang sedang dan akan kuliah di Program Studi Matematika ini,” ungkap Ivanky.

Prodi Matematika UPH didirikan pada tahun 2005 dengan komitmen penuh untuk memiliki pendidikan berkualitas dan didukung dengan visi untuk mengembangkan disiplin termutakhir yang terpandang secara nasional maupun internasional. Riset yang dilakukan oleh dosen di Matematika mencakup Matematika Keuangan, Ilmu Aktuaria, Matematika Terapan, serta Pendidikan Matematika dan Statistika.

Dengan pencapaian ini, maka calon mahasiswa UPH tentunya dapat menikmati kualitas pendidikan yang bersaing serta memiliki network dengan level internasional, melalui pendidikan terbaik di bidang Aktuaria. Untuk siswa sekolah menengah kelas 12 yang bercita-cita menjadi aktuaris, lanjutkan studimu di prodi Matematika dengan memanfaatkan peluang ‘Beasiswa 100 Miliar’ untuk Tahun Akademik (TA) 2021/2022. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi UPH Student Consultant.

Kemenlu RI, Kementrian PUPR RI, Kemenperin RI, Kemenpora RI, Kementan RI, UPH, HP.Inc, IDBYTE, BUBU.com, Startupindonesia.co, Inspirational Video, Motivational Video