UKDW Gelar Kembali Wisuda Online

UUniversitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menggelar Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode III Tahun 2021 secara daring. Para wisudawan berada di rumah masing-masing dan mengikuti  seremoni wisuda melalui platform Zoom Meeting atau akun Youtube milik UKDW Yogyakarta. Wisuda yang  diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 November 2021 ini diikuti oleh 260 wisudawan. Sementara itu, Ketua Senat Universitas, Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi (WR1), serta Rektor UKDW Yogyakarta  mengikuti seremoni wisuda di Ruang H.1.1 UKDW Yogyakarta. 

Dr. Charis Amarantini, M.Si selaku WR 1 UKDW Yogyakarta menyampaikan bahwa prosentase  wisudawan yang lulus dengan predikat Cumlaude pada periode 27 November 2021 ini adalah 11,5%, yakni  sejumlah 30 wisudawan dari total 260 wisudawan. “Lulusan Strata 1 didominasi oleh mahasiswa dengan masa  studi normal (4-5 tahun) sebesar 70%, sementara lulusan dengan masa studi kurang dari 4 tahun sebesar 12%.  Itu artinya 82% lulusan UKDW memiliki periode masa studi normal sebagaimana yang ditargetkan (80%). Hal  ini merupakan pencapaian yang baik, menandakan proses belajar mengajar di UKDW sudah berjalan sesuai  koridor yang benar,” imbuhnya. 

Dalam wisuda periode November ini, terdapat sembilan wisudawan terbaik dari Program Sarjana.  Mereka adalah Eka Anugrah Febryanti Gassing dari Prodi Manajemen, Ursula MR Butar Butar dari Prodi  Akuntansi, Adindra Maharsi Kusuma Astuti dari Prodi Arsitektur, Crystallin Hadiwinoto dari Prodi Desain  Produk, Joseph Fernando Lim dari Prodi Informatika, Tjong Surya Citra Nugroho dari Prodi Sistem Informasi,  Livia Teja Laksmana dari Prodi Biologi, Ni Kadek Ayu Divia Pridayanthi dari Prodi Kedokteran, dan Ruth Eliana  Franssisca dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Sementara itu dari Program Pascasarjana terdapat satu wisudawan terbaik yaitu Susanna Erika Sintauli dari Prodi Magister Filsafat Keilahian. 

Selanjutnya, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D selaku Rektor UKDW Yogyakarta dalam sambutannya menyampaikan untuk menghadapi tantangan kehidupan yang sangat kompleks dan berat, dibutuhkan tidak  hanya kemajuan IPTEK namun juga sentuhan kemanusiaan (humanity). Tidak cukup menguasai sains dan  teknologi terkini, namun juga kepekaan interpersonal, kepedulian, dan iman dalam spiritualitas yang  bermakna. “Terlebih dunia kerja saat ini sedang mengalami tantangan sangat besar. Bukan hanya karena  disrupsi revolusi industri ke-4 saja, namun juga disrupsi akibat pandemi Covid-19 yang dalam dua tahun terakhir begitu mengguncangkan seluruh dunia,” tuturnya.  

Di titik ini, komitmen dan tanggung jawab UKDW telah selesai dalam turut mempersiapkan lulusan  melalui proses pendidikan akademik yang berkualitas, proses pembentukan hard skill dan soft skill selama  belajar di kampus UKDW. “Meskipun tidak dapat berjumpa secara fisik, namun kita yakin hal ini tidak  mengurangi rasa syukur dan bahagia atas keberhasilan para wisudawan yang telah tuntas diresmikan dalam  upacara Wisuda Sarjana dan Pasca Sarjana Periode III tahun 2021. Wisuda ini menandakan selesainya proses  studi di UKDW dan diperolehnya gelar yang telah dicita-citakan. Tentu keberhasilan ini merupakan hasil  ketekunan yang diiringi doa, dukungan serta pengorbanan yang tulus orang tua, keluarga dan para sahabat,”  ujar Henry.  

Lebih lanjut, Henry mengungkapkan harapannya agar para wisudawan siap berkomitmen dan  menerima tanggung jawab yang lebih besar di dunia kerja serta tetap memegang nilai-nilai luhur Duta Wacana  sebagai pedoman saat membangun karir pekerjaan dan pelayanan.