Hari Pahlawan, Menhan : Medan Juang Saat Ini Membangun Bangsa Agar Maju, Kokoh, Kuat dan Disegani

19

Jakarta – Kementerian Pertahanan menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017. Upacara diikuti segenap Pegawai Kemhan dan bertindak selaku Inspektur Upacara Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan (Dirjen Renhan) Kemhan Marsda TNI Abdul Muis, Jumat (10/11) di kantor Kemhan, Jakarta.

Berkaitan dengan Peringatan Hari Pahlawan ini, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan, semangat dan jiwa juang para pahlawan hendaknya menjadi contoh dan inspirasi untuk bangsa Indonesia saat ini. Saat ini, medan juang bangsa Indonesia bukan lagi perjuangan fisik melawan penjajah, namun perjuangan membangun bangsa agar maju, kokoh, kuat, dan disegani.

“Dalam setiap aspek, setiap warga negara diharapkan dapat berbuat yang terbaik sesuai dengan profesi dan tugas sehari-hari. Bekerja dengan profesional dan penuh integritas merupakan bhakti kepada pembangunan bangsa”,kata Menhan.

Lebih lanjut Menhan mengatakan, nilai-nilai kepahlawanan harus dapat diaktualisasikan melalui sikap dan perilaku seluruh bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemerdekaan yang diraih melalui perjuangan dengan darah dan air mata para pahlawan kusuma bangsa hendaknya dipelihara dan diisi dengan kegiatan-kegiatan positif yang semakin meningkatkan kohesitas bangsa.

Tema nasional Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 adalah “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”. Melalui tema ini, menurut Menhan segenap komponen bangsa Indonesia diharapkan dapat lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau golongan. “Persatuan dan kesatuan harus terus dipelihara demi keutuhan NKRI yang telah dengan susah payah didirikan oleh para pendiri negeri ini”, tambah Menhan.

Sementara itu secara khusus bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan ini, Menhan menekankan kepada segenap personel Kemhan untuk terus melaksanakan tugas seoptimal mungkin dilandasi semangat kerja yang militan penuh perjuangan.

Menhan juga menekankan kepada Pegawai Kemhan harus memiliki sikap disiplin dan profesional, sehingga tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan negara akan terlaksana dengan baik.“Jadilah pahlawan masa kini yang memiliki kepedulian terhadap sesama. Nilai-nilai kepahlawanan yang tanpa pamrih hendaknya kalian implementasikan dalam setiap aktivitas sehari-hari di Kemhan ini”, tambah Menhan.

Bersamaan dengan Upacara Peringatan Hari Pahlawan tersebut, Kemhan juga melepas 17 orang Pegawai Kementerian Pertahanan yang akan purna tugas, terdiri dari 10 orang TNI dan tujuh orang PNS, dua orang diantaranya telah meninggal dunia.