BPSDM Gelar Pelatihan Untuk Tingkatkan Pemahaman dasar-dasar Teknis Kebinamargaan

42

Jakarta, 4 Juni 2020 – Dalam rangka pembinaan staf-staf instansi, terkait dengan perencanaan umum dan program jalan dan jembatan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan pelatihan Manajemen Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan Dasar 1 secara serentak di dua balai diklat, masing-masing Balai Diklat PUPR Wilayah VII Banjarmasin dan Balai Diklat PUPR Wilayah VIII Makassar. Pelatihan yang menggunakan metode pembelajaran jarak jauh (full distance learning) dari tanggal 4 s/d 10 Juni 2020.

Kepala BPSDM PUPR, Sugiyartanto, dalam sambutannya melalui konferensi video dari Jakarta, Kamis (4/6) mengatakan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) PUPR perlu ditingkatkan kapasitas dan kompetensinya melalui pelatihan yang ditunjang dengan materi pengajaran yang komprehensif. BPSDM dalam hal ini tetap berkomitmen melaksanakan kegiatan-kegiatan pengembangan kompetensi pegawai, namun dengan berbagai penyesuaian agar tetap dapat berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur. Ini karena peningkatan kemampuan SDM merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan.

Ditjen Bina Marga dalam kaitan itu bertugas melaksanakan perencanaan, pengawasan, dan pemeliharaan pembangunan infrastruktur jalan tol, jembatan-jembatan bentang panjang, pemeliharaan jalan dan jembatan, baik nasional maupun non-nasional, serta membangun jembatan-jembatan khusus. Karena itu melalui Pelatihan Manajemen Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan Dasar 1 itu diharapkan seluruh ASN Kementerian PUPR bidang Bina Marga dapat memahami dasar-dasar teknis bidang kebinamargaan yang nantinya akan menjadi tugas sehari-hari di lingkungan kerja.