Pentingnya Tangani Pasien secara Holistik, dr. Rozzi Gali Ilmu di Psikologi Kelas Karyawan UPH

Ahmad Fachrurozzi, atau yang akrab disapa dr. Rozzi merupakan seorang dokter spesialis anak yang saat ini berpraktik di Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri di Barabai, Kalimantan Selatan. Kecintaannya pada profesi Dokter Spesialis Anak bermula sejak ia masih kecil. Ketika itu ia sering sakit dan ditangani oleh seorang dokter yang sangat baik. Sejak itu, ia menjadikan dokter tersebut panutannya dan bertekad ingin menjadi seperti beliau ketika dewasa. Hal ini memotivasinya untuk belajar dengan rajin agar dapat menjadi dokter.

Setelah berhasil mencapai cita-citanya sebagai seorang dokter spesialis anak, dr. Rozzi tidak kemudian berpuas diri. Ketertarikannya untuk mempelajari seluk beluk manusia, terutama anak- anak terus bertumbuh dan mendorongnya untuk mempelajari ilmu psikologi. Baginya, seorang anak tidak cukup apabila hanya ditinjau dari aspek kesehatan fisik saja, namun juga perlu mempertimbangkan aspek mental atau psikisnya.

“Sebagai seorang dokter spesialis anak, saya menyadari pentingnya menangani pasien secara utuh (holistik). Selain aspek kesehatan jasmani, aspek psikologis juga penting untuk memastikan anak- anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini mendorong saya untuk mengambil program S1 Psikologi Kelas Karyawan (KK) di Universitas Pelita Harapan (UPH)”, ungkap dr. Rozzi. Dokter spesialis anak yang juga tengah mengambil kuliah S2 Psikologi Perkembangan ini mengaku bahwa Program S1 Psikologi KK UPH memberikan beragam manfaat yang tidak ditemukan di tempat lain, yaitu kurikulum yang berkualitas dan disampaikan metode blended learning, fleksibilitas dalam kegiatan perkuliahan, dan dukungan penuh dari tim UPH yang memungkinkannya untuk menjalanistudi sambil berkarya sebagai Dokter Spesialis Anak.

Baca juga  HARRIS Hotels Mendonasikan Dana 250 Juta Rupiah Untuk Memberikan Masa Depan Cerah Bagi Anak - Anak

“Sebelum memutuskan untuk berkuliah di UPH, saya mencari informasi tentang universitas- universitas yang membuka program Kelas Karyawan. Namun setelah saya mempertimbangkan dengan seksama, pilihan saya jatuh pada UPH karena paling cocok dari segi biaya, jadwal perkuliahan, dan tim UPH yang siap untuk mengakomodasi para karyawan yang memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Saya merasa bahwa pilihan saya sangat tepat,” jelasnya.

Pengaturan waktu merupakan salah satu tantangan yang dihadapi dr. Rozzi. Ia mengaku harus membuat prioritas agar dapat menyeimbangkan perannya, baik sebagai dokter yang merawat pasien, mahasiswa, maupun anggota keluarga. Selain itu, disela-sela kesibukannya ia juga menyempatkan diri untuk berbagi konten mengenai kesehatan anak melalui akun Instagram @Ozynisme. Dalam menjalani berbagai peran tersebut, ia mengaku mendapat banyak bantuan dari tim UPH yang selalu akomodatif.

Baca juga  H Sovereign Bali Berpartisipasi Dalam "World Cleanup Day 2018"

“Di UPH, selain kurikulumnya yang sangat berkualitas, tim akademik juga sangat peduli dengan kebutuhan mahasiswa. UPH telah menyusun jadwal perkuliahan dengan sangat baik sehingga para mahasiswa, baik yang tinggal di kota yang sama atau bahkan di luar pulau bisa mengikuti perkuliahan sesuai dengan ketentuan DIKTI,” tambahnya.

Dengan berbekal pengetahuan yang holistik mengenai anak, dr. Rozzi berharap kelak dapat berkontribusi lebih besar melalui berbagai karya yang dapat dihasilkan kelak. Ia berharap dapat membagikan pengetahuan yang ia miliki kepada para orang tua agar dapat memahami anak dengan lebih ‘utuh’, baik melalui buku atau konten yang dibagikan di media sosialnya. Keunggulan Program KK UPH

Baca juga  Ini Hasil Dana Desa Sejak 2015

Program kelas karyawan S1 Psikologi UPH memakai sistem belajar mengajar dengan metode blended  learning yang sesuai dengan kurikulum Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), yaitu pembelajaran yang sifatnya gabungan atau campuran. Metode ini hadir dengan mencampurkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran yang berbasis teknologi.

Melalui program kelas karyawan S1 Psikologi UPH, Anda dapat terus meningkatkan kompetensi diri sekaligus melanjutkan karier. Program KK Psikologi UPH mengedepankan kurikulum yang sesuai dengan aturan pemerintah dan metode pendidikan yang berkualitas unggul serta relevan dengan karier saat ini. Mari bergabung di Kelas Karyawan UPH dengan daftar di sini. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Student Consultant di 0812-8486-3894.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri