Inilah Fungsi RAM dan Manfaatnya Untuk HP Kamu

Fungsi RAM Pada HP
Fungsi RAM Pada HP

Seremonia.id – Kamu pasti tidak asing dengan yang namanya RAM, ya RAM merupakan salah satu komponen penting pada smartphone kamu. Tapi tahukah kamu apa itu RAM? Dan apa manfaatnya untuk smartphone kamu?

Berikut penjelasan simple mengenai informasi RAM, silahkan disimak.

Apa Itu RAM?

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk menyimpan seluruh data dari sistem smartphone secara sementara. RAM juga berfungsi sebagai penyimpanan sebagian data dari aplikasi ketika sedang berjalan. Nantinya, saat aplikasi dari smartphone kamu dijalankan RAM tersebut akan merespon dengan cepat.

Hingga saat ini kapasitas RAM pada smartphone pun bervariasi, mulai dari 1GB, 2GB, 6GB, 12GB bahkan hingga 18GB.

Baca juga  HUAWEI Mobile Services Luncurkan Sederet Inovasi di MWC 2022

Manfaat RAM Untuk HP?

Dengan adanya RAM pada sebuah perangkat smartphone tentu itu bisa membuat smartphone kamu melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Sebagai contohnya, misal kamu sedang membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, selagi kapasitas RAM mencukupi, semua aplikasi yang kamu buka akan berjalan dengan baik secara bersamaan.

Selain itu RAM juga menjaga jalannya aplikasi agar tetap berjalan dengan lancar. Jadi semakin besar RAM tersedia akan semakin lancar pula smartphone yang kamu gunakan.

Sebagai gambaran, disebuah terminal yang berkapasitas 10 bus. Lalu ada 5 bus yang sedang parkir dan anggap saja bus ini adalah aplikasi smartphone kamu sedangkan RAM disini adalah terminalnya. Misalkan kelima bus ini parkir bersamaan tentunya terminal ini masih bisa menangpung kelima bus ini dengan lancar, namun apabila terminal ini diisi dengan 10 bus bersamaan tentunya terminal ini akan macet, begitupun dengan smartphone kamu jika banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan dan RAM nya tidak mencukupi maka smartphone kamu akan tidak lancar dan kemungkinan besar akan ngelag.

Baca juga  BNI Syariah Siap Bantu Nasabah Pembiayaan yang Terdampak COVID-19