Survei Membuktikan Garda Oto Merek Terbaik Pilihan Pelanggan

23

Jakarta, 23 November 2017; Kemarin (22/11), Garda Oto sebagai produk asuransi mobil dari Asuransi Astra baru saja menerima sebuah penghargaan bergengsi dalam hal kepuasan pelanggan. Penghargaan tersebut adalah Indonesian Customer Satisfaction Award 2017 (ICSA). Berdasarkan survei yang dilakukan penyelenggara ICSA terhadap responden, hasilnya menyatakan bahwa hingga saat ini Garda Oto tetap menjadi merek terbaik pilihan pelanggan untuk kategori asuransi mobil di Indonesia. Itu artinya, selama enam tahun berturut-turut Garda Oto terus menjadi pemenang ICSA. Predikat sebagai merek terbaik itu diterima Ida R. M. Sigalingging selaku Chief Corporate Services Officer Asuransi Astra di Shangri-La, Jakarta.

ICSA sendiri adalah penghargaan yang dibuat oleh majalah SWA dan diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil memberi kepuasan kepada pelanggan. Dalam survei ICSA tahun ini, survei dilakukan terhadap 7.500 orang, terdiri dari 4.500 responden random ditambah 1.200 responden booster. Responden booster ditambahkan untuk masing-masing kategori produk yang termasuk produk premium dalam rangka meningkatkan incidence rate. Survei ini dilakukan dari bulan Agustus-September 2017 di enam kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Metode pengambilan sampel random dilakukan dengan multistage area random sampling, sedangkan untuk sampel booster dilakukan dengan purposive sampling. Survei dilakukan dengan face to face personal interview. Kriteria responden random berusia antara 15-65 tahun, tingkat pengeluaran keluarga per bulan bervariasi dari SES D (mulai dari Rp1.200.000) hingga SES A (lebih dari Rp4.800.000) dan komposisi jenis kelaminnya ditentukan dengan kuota 50% pria dan 50% wanita. Untuk responden booster, kriterianya relatif sama dengan responden random, kecuali untuk tingkat pengeluaran keluarga per bulannya dibatasi minimal SES A (lebih dari Rp4.800.000).

Para responden diukur tingkat kepuasannya terhadap merek yang pernah mereka gunakan/konsumsi melalui empat parameter, yaitu kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk/jasa (Quality Satisfaction Score), kepuasan terhadap harga yang mereka bayar (Value Satisfaction Score), keyakinan pelanggan bahwa merek yang telah mereka gunakan adalah merek terbaik (Perceived Best), dan harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuannya dalam memberikan kepuasan di masa mendatang (Expectation Score). Dari keempat parameter tersebut, Garda Oto mendapat nilai Total Satisfaction Score sebesar 4,175 naik dari tahun sebelumnya yaitu 4,126 sehingga tetap menjadi yang terbaik di kategori asuransi mobil.

Keberhasilan Garda Oto meraih penghargaan bergengsi ini tentunya memperlihatkan bahwa Garda Oto diakui kualitasnya oleh pelanggan dan masyarakat sekaligus. Menurut Ida “Predikat sebagai merek terbaik pilihan pelanggan ini adalah respons positif dari masyarakat yang harus terus ditingkatkan melalui penyempurnaan layanan yang mudah dan berkesan, terutama di era digital seperti saat ini.” Tak lupa, Ida juga berterima kasih kepada masyarakat dan pelanggan yang selama ini telah berkontribusi banyak terhadap perkembangan Asuransi Astra.

Tentang Asuransi Astra

Asuransi Astra telah hadir melayani pelanggan selama lebih dari setengah abad, tepatnya sejak 12 September 1956. Perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi kendaran bermotor Garda Oto ini hadir melayani pelanggan melalui jaringan layanan yang tersebar di 26 kantor cabang, serta unit layanan dan Garda Center yang terus berkembang. Selain asuransi kendaraan bermotor, produk lain dari Asuransi Astra adalah asuransi industri pertambangan, asuransi industri agribisnis, asuransi ruko, asuransi SPBU, asuransi syariah, asuransi kesehatan Garda Medika, dan lain-lain.

Pada 2016, Asuransi Astra berhasil membukukan Premi Bruto (GWP) sebesar Rp4,7 triliun.

Kinerja Asuransi Astra selama ini pun telah diakui dengan berbagai penghargaan yang telah diterima, diantaranya: Platinum Indonesia Best Brand Award (2002-2016), Top Brand Award (2007-2017), Service Quality Award (2007-2017), Corporate Image Award (2007-2016), Indonesian Customer Satisfaction Award (2001-2016), Indonesia Original Brand Award (2017), Asuransi Umum dengan kinerja keuangan sangat bagus dalam Infobank Insurance Award (2008-2016), Excellent Service Experience Award (2013-2017), Contact Center Award (2013-2016), Social Media Award (2012, 2016), Indonesia Sharia Finance Award (2017), dan lain-lain.

Dengan dukungan cabang dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, layanan terbaik dan sederet pencapaian prestasi tersebut, tentunya tidak menghentikan langkah inovasi Asuransi Astra melalui produkproduk yang terbangun dari semangat baru Asuransi Astra untuk selalu memberikan kenyamanan dan ketenteraman bagi setiap pelanggan. Karenanya, Asuransi Astra akan menginvestasikan waktu dan upaya agar Anda selalu tersenyum. adalah hasil yang akan Asuransi Astra berikan kepada setiap pelanggan.