Schneider Electric Donasikan 60 Unit Produk Panel Tegangan Menengah untuk Tingkatkan Kualitas Pembelajaran di 30 Universitas dan Politeknik di Indonesia

39

Jakarta, 26 Oktober 2017 – Schneider Electric, perusahaan spesialis global dalam hal transformasi digital di bidang manajemen energi dan otomasi, hari ini melakukan penandatanganan kerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) dalam hal penyerahan donasi 60 (enam puluh) unit produk panel tegangan menengah (RM6) yang ditujukan untuk 30 Fakultas Teknik dan Politeknik yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Acara hari ini langsung dihadiri oleh Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., selaku Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Xavier Denoly selaku Country President Schneider Electric Indonesia mengungkapkan, “Salah satu misi dasar Schneider Electric adalah untuk ikut berkontribusi positif dalam memajukan kualitas pendidikan di dalam negeri – khususnya di tingkat pendidikan tinggi. Melalui berbagai kegiatan dan fasilitas yang telah diberikan, Schneider Electric selalu berkomitmen penuh untuk mendukung aktivitas pendidikan, riset dan pengembangan solusi efisiensi energi di lingkungan akademik melalui kolaborasi antara para tenaga ahli, baik dari pihak Schneider Electric maupun dari kalangan akademik.”

Kali ini, Schneider Electric Indonesia melanjutkan komitmen tersebut dengan mendonasikan 60 unit “RM6 Switchgear” ke 30 Fakultas Teknik (jurusan Elektro) dan juga Politeknik yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari wilayah Jawa, Sumatera, Sulawesi, Maluku, Kalimantan hingga Papua. Donasi ini dipercaya dapat mendukung pengembangan tenaga ahli di bidang kelistrikan yang nantinya akan berkontribusi dalam program 35.000 MW yang dicanangkan oleh pemerintah hingga tahun 2019.

Perlu diketahui bahwa dalam industri kelistrikan, RM6 Switchgear dikenal sebagai salah satu produk unggulan dari Schneider Electric berupa panel listrik tegangan menengah yang andal, hemat tempat, dengan pemeliharaan yang sederhana. Panel ini berfungsi untuk menyalurkan tenaga listrik dari gardu distribusi dan gardu hubung milik PLN ke gardu-gardu milik pelanggan di tegangan 20kV. Saat ini, RM6 Switchgear sudah terpasang secara luas di banyak titik PLN distribusi untuk gardu distribusi (GD) dan gardu hubung (GH). Selain itu, produk ini juga sudah banyak dipergunakan di CIB (Commercial, Industrial & Building) untuk gardu milik pelanggan, di industri minyak dan gas, kelautan, pertambangan, transportasi hingga data center.

Donasi ini juga sejalan dengan misi Kemenristekdikti RI dalam hal meningkatkan akses, relevansi, dan mutu pendidikan tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Alasannya, produk yang akan sangat bermanfaat untuk melengkapi laboratorium praktikum kampus ini dapat semakin mengenalkan para mahasiswa ke dunia kerja di bidang kelistrikan.

“Hampir dapat dipastikan bahwa mereka akan menemukan dan mengoperasikan produk RM6 di lapangan kerja nanti, khususnya pada sektor yang berhubungan dengan distribusi listrik. Oleh karena itu, kami harap donasi ini dapat memperkenalkan mahasiswa pada berbagai solusi Schneider Electric yang sangat peka terhadap perkembangan zaman, terutama di era digitalisasi atau Internet of Things yang kini semakin dikedepankan di industri pengelolaan energi,” tutup Xavier.

LAMPIRAN:
Daftar universitas dan politeknik penerima donasi:

NoUniversitas
1Universitas Indonesia
2Politeknik Negeri Jakarta
3Universitas Kristen Indonesia
4Universitas Mercu Buana
5Universitas Multimedia Nusantara
6Prasetya Mulya University
7Universitas Diponegoro
8Politeknik Negeri Semarang
9Politeknik Negeri Cilacap
10Universitas Negeri Yogyakarta
11Politeknik Negeri Bandung
12Universitas Maranatha
13Universitas 17 Agustus
14Politeknik Negeri Sriwijaya
15Institut Teknologi Padang
16Universitas Andalas
17Universistas Sumatera Utara
18ATKP Medan
19ITM Medan
20Universitas Panca Budi
21Universitas Harapan Medan
22Universitas Islam Sumatera Utara
23Politeknik Negeri Ujung Pandang
24Politeknik ATI Makassar
25Politeknik Negeri Banjarmasin
26Universitas Negeri Papua
27Universitas Cendrawasih
28Universitas Pattimura
29Politeknik Negeri Samarinda
30Institut Teknologi Kalimantan

Tentang Schneider Electric
Schneider Electric memimpin Transformasi Digital di Manajemen Daya dan Otomasi di Perumahan, Bangunan, Data Center, Infrastruktur dan Industri.
Melalui perwakilan di lebih dari 100 negara, Schneider merupakan pemimpin di Power Management – Medium Voltage, Low Voltage and Secure Power, and in Automation Systems. Kami menyediakan solusi efisiensi terintegrasi terpadu yang mengombinasikan energi, otomasi dan perangkat lunak.
Dalam ekosistem global, kami berkolaborasi dengan rekan bisnis, integrator dan komunitas developer terbesar dalam platform terbuka kami untuk memberikan kontrol yang real-time dan efisiensi operasional.
Kami percaya bahwa orang-orang dan mitra kerja yang hebat menjadikan Schneider sebagai perusahan besar dan bahwa komitmen kami terhadap Inovasi, Keragaman dan Keberlanjutan memastikan Life Is On dimanapun, untuk siapapun dan kapanpun. www.schneider-electric.com