SCG Umumkan Kinerja 9 Bulan Pertama 2017

Bangkok, 4 November 2017 — SCG mengumumkan hasil kinerja 9 bulan pertama di 2017 dan menunjukkan sedikit penurunan laba dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (y-o-y). SCG juga mengumumkan fokus strategisnya untuk menjadi penghubung kolaborasi dari seluruh dunia untuk menciptakan inovasi serta investasi pada perusahaan rintisan (start-up company), melalui permodalan ventura kelas dunia dengan memanfaatkan teknologi untuk memperkuat bisnisnya sebagai respons terhadap transformasi digital.

Roongrote Rangsiyopash, Presiden dan CEO SCG, memaparkan hasil kinerja perusahaan yang belum teraudit (unaudited) untuk triwulan III-2017 dengan pendapatan yang tercatat dari penjualan meningkat 7% y-o-y menjadi Rp 42.037 Miliar (US $ 3.173 Juta), dan meningkat 3% q-o-q, sebagai hasil penjualan yang lebih baik dari semua unit bisnis. Sebagai dampaknya, Profit for the Period mencapai Rp 4.691 Miliar IDR (US $ 386 Juta), turun 16% y-o-y, dikarenakan adanya aset keuangan tangguhan sebesar Rp 701 Miliar (US $ 53 juta) pada triwulan III-16, selain itu, margin chemical juga melemah dan turun 11% q-o-q, terutama dikarenakan menurunnya dividen musiman dari investasi pada triwulan sebelumnya.

Laba SCG untuk 9 bulan pertama tahun 2017 tercatat Rp 11.707 Miliar (US $ 1.239 juta), turun 3% y-o-y, dari persaingan yang ketat serta pelemahan bisnis cement building materials di pasar Thailand. Sedangkan Pendapatan dari penjualan meningkat 4% y-o-y menjadi Rp 130.532 Miliar (US $ 9.849 Juta), sebagian besar mencerminkan harga chemical yang lebih tinggi. Pendapatan ekspor menyumbang 27% dari Pendapatan Gabungan dari SCG, yang meningkat sebesar 5% y-o-y menjadi Rp 86.009 Miliar (US $ 2.659 Juta).

SCG di ASEAN (tidak termasuk Thailand)

Di ASEAN (tidak termasuk Thailand), pendapatan penjualan dari SCG Q3 / 17 naik Rp 10.679 Miliar (US $ 807 juta), yang merupakan pertumbuhan 10% y-o-y dan mencapai 24% dari total pendapatan SCG dari penjualan. Angka ini termasuk penjualan dari kedua operasional lokal di setiap pasar ASEAN dan impor dari operasional Thailand.

Per 30 September 2017, SCG memiliki total aset Rp 225.649 Miliar (US $ 16.866 Juta), dimana 25% atau Rp 57.161 Miliar (US $ 4.273 Juta) berada di wilayah ASEAN (tidak termasuk Thailand).

SCG di Indonesia
Untuk pasar Indonesia, pendapatan penjualan dari SCG Q3 / 17 adalah sebesar Rp 2.989 Miliar (US $ 226 Juta), yang merupakan kenaikan 15% y-o-y terutama dari bisnis chemicals. Untuk 9 bulan pertama tahun 2017, SCG mencatat pendapatan dari penjualan di Indonesia sebesar Rp 8.133 Miliar (US $ 614 Juta).

Berkaitan dengan aktivitas perusahaan terbaru di Indonesia, SCG baru-baru ini menyelenggarakan Investment Forum 2017 yang bertujuan untuk mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan kontribusi dan peranan penting mereka terkait Investasi Langsung Asing (FDI) di Indonesia. Melalui forum tersebut, SCG berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia seiring dengan percepatan infrastruktur yang digalangkan pemerintah dan peningkatan proyek investasi swasta yang merupakan pendorong utama untuk menjadikan Indonesia sebagai negara pemimpin ekonomi di Asia Tenggara.

Roongrote mengatakan, “Untuk 9 bulan pertama di 2017, pendapatan SCG dari produk dan layanan bernilai tambah tinggi (High Value-Added) mencapai Rp 50.543 Miliar (US $ 3.814 juta), meningkat 7% dari tahun sebelumnya, dan terhitung 39% dari total pendapatan penjualan. Perusahaan menginvestasikan lebih dari Rp 928 Miliar (US $ 70 Juta), atau 0,7% dari pendapatan penjualan, pada penelitian dan pengembangan (research and development) selama periode tersebut. SCG mendukung terciptanya inovasi dengan menghubungkan kolaborasi R&D dari seluruh dunia melalui Open Innovation Center untuk menciptakan dan mengembangkan inovasi produk dan layanan yang dapat lebih cepat dan lebih baik dalam melayani permintaan konsumen. Sampai saat ini, lebih dari 6.500 orang telah mengunjungi pusat inovasi tersebut, dengan lebih dari 30 proyek di dalam jaringan pipa untuk kolaborasi lebih lanjut untuk penelitian dan pengembangan. SCG juga mendorong untuk ke depan dalam hal kerja sama dengan jaringan start-up di seluruh dunia melalui investasi oleh AddVentures, sebuah perusahaan yang menyediakan modal ventura bagi perusahaan-perusahaan (company’s corporate venture capital). SCG baru-baru ini menginvestasikan Funds of Funds melalui modal ventura kelas dunia untuk mendorong pertumbuhan ekosistem start-up yang berkesinambungan di seluruh wilayah ASEAN.”

Lebih lanjut, perusahaan terus mendorong strategi bisnisnya sebagai respons terhadap transformasi digital dengan memanfaatkan Internet of Things (IoT) untuk terus memaksimalkan efisiensi bisnis. Sebagai contoh, teknologi yang diterapkan untuk mendeteksi jumlah semen per silo, dan menggunakannya untuk menghubungkan jaringan logistik, dan secara otomatis memeriksa persediaan konsumennya. Robotika juga digunakan dalam proses produksi dan perawatannya, mendorong operasional yang lebih mudah, cepat, dan lebih aman. Teknologi ini dapat menggantikan manusia dengan mudah di daerah berisiko dan membantu mengurangi ketergantungan Thailand pada teknologi impor.”

Tentang SCG

SCG, merupakan salah satu konglomerat terkemuka di kawasan ASEAN, terdiri dari tiga bisnis utama, yakni: SCG Cement – Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging. Melalui lebih dari 200 perusahaan dan sekitar 52.500 karyawan, SCG menciptakan dan mendistribusikan produk dan layanan inovatif yang menjawab kebutuhan konsumen saat ini dan masa depan.

SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1995 dengan bisnis perdagangan dan secara bertahap mengembangkan investasinya dalam bisnis yang berbeda pada industry cement-building materials, chemicals, dan packaging.

Saat ini, dengan total 25 perusahaan di seluruh Indonesia dengan sekitar 7.100 karyawan, SCG menawarkan variasi produk dan layanan premium. Produk yang ditawarkan adalah produk struktural di bawah merek ‘SCG’ termasuk SCG Cement, beton siap pakai Jayamix by SCG, beton ringan SCG Smartblock, SCG pipe dan precast, dinding keramik, lantai, dan keramik atap di bawah merek ‘KIA’, PVC resin, corrugated containers, dan offset printing. SCG juga menawarkan produk semen fiber dan produk kimia upstream-downstream dari bisnis joint-venture dengan mitra industri Indonesia terkemuka. Selain itu, SCG juga memiliki bisnis distribusi bahan bangunan dan layanan terminal jetty untuk mendukung penjualan dan logistic untuk bisnis di seluruh Indonesia.

Related posts

Leave a Reply