Rangkaian Program HUT JNE Ke-27 Tahun “Mewarnai Indonesia” Semakin Semarak dengan Harbokir 2017

151

November 2017 – Harbokir (Hari Bebas Ongkos Kirim) dalam rangka HUT JNE Ke-27 yang telah dinformasikan pada sesi konferensi pers pada Rabu (22/11) lalu, menyambungkan kebahagiaan sesuai tagline “Connecting Happiness”. Semangat tersebut menjadi pondasi bagi JNE untuk dapat memberikan dampak yang lebih besar lagi dari penyelenggaraannya, sehingga ketentuan yang terdapat dalam Harbokir 2017 dikembangkan.

Pengembangan tersebut adalah dengan menggratiskan juga pengiriman paket antar kota di dalam wilayah Jabodetabek pada Harbokir kali ini, selain dari free ongkir untuk pengiriman paket dari dan tujuan di dalam kota yang sama di 56 kota di seluruh Indonesia pada tanggal 26 dan 27 November 2017. Tidak hanya itu, berat maksimum tiap paket yang sebelumnya 1 kg, kini ditambah menjadi maksimum 2 kg per resi/ connote tanpa adanya batasan jumlah paket di semua kota dimana Harbokir 2017 digelar. Pelanggan dapat mengunjungi www.jne.co.id untuk informasi detilnya.

Eri Palgunadi selaku VP of Marketing JNE mengatakan, “Harbokir 2017 digelar agar perayaan HUT JNE Ke-27 “Mewarnai Indonesia” tahun ini dapat lebih semarak lagi. Jumlah pengiriman JNE pada Harbokir tahun lalu meningkat hingga lebih dari 50% dibanding hari – hari biasanya. Namun, perlu dicatat bahwa Harbokir adalah bagian dari perayaan HUT JNE sehingga tidak terdapat target tertentu dalam setiap penyelenggaraannya”.

Presiden Direktur JNE, M. Feriadi, juga telah menyampaikan bahwa momen hari jadi JNE merupakan saat yang tepat untuk memberikan apresiasi kepada seluruh pelanggan setia, termasuk para pelaku UKM di tanah air. Harbokir merupakan salah satu wujud nyata dari dukungan JNE terhadap UKM dan diharapkan penyelenggaraannya dapat mendorong pertumbuhan mau pun perkembangan e-commerce di dalam negeri.

Untuk mendukung para UKM atau online seller, JNE pun menyelenggarakan beberapa program strategis hasil kerjasama dengan online marketplace, yaitu Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan yang lainnya, di akhir tahun ini. Program tersebut seperti Free Ongkir untuk pengiriman via JNE, pada saat Mobile Shopping Day, Harbolnas, dan sebagainya. Ditambah lagi program JLC Double Poin dimana semua transaksi pengiriman paket seluruh pelanggan yang menggunakan JLC pada tanggal 11 November 2017 lalu, mendapatkan Double Point.

Untuk meningkatkan daya saing para UKM di seluruh nusantara, JNE menggelar beragam pelatihan atau workshop sebagai bagian dalam rangkaian program acara HUT JNE Ke-27 “Mewarnai Indonesia”. Kegiatan seperti Indonesia Marketing Festival, Gebyar UKM yang bekerjasama dengan Markplus Inc., dan Kampus Shopee Roadshow yang bekerjasama dengan online marketplace terkemuka Shopee, serta E-Commerce Vaganza digelar di puluhan kota. JNE pun mengajak para wirausahawan di 18 kota untuk mengikuti workshop atau seminar gratis yang bertema “JNE Ngajak Online”, yang dilanjutkan dengan program “JNE Ngajak Ngirim” yaitu program gratis ongkos kirim yang berlaku sehari setelah acara “JNE Ngajak Online” digelar.

Terdapat pula rangkaian kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility), seperti, Operasi Bibir Sumbing di Sabang Aceh bersama Smile Train, dan pengiriman ratusan buku edukatif untuk anak – anak di Lombok Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan bersama Taman Bacaan Anak Lebah, serta pengiriman peralatan mau pun perlengkapan sekolah untuk anak – anak yang membutuhkan ke beberapa daerah di Papua dalam program “Rajut Kasih”.  Selain itu, diselenggarakan juga program pemberian 11 ribu buku cerita atau bacaan untuk PAUD mau pun TK di 11 kota dan sekitarnya, melalui cabang utama JNE di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini berbarengan dengan Pemecahan Rekor Muri Mewarnai 1270 Payung oleh di Malang Oktober lalu.

Menjelang tanggal 26 November dimana acara puncak perayaan HUT JNE dilaksanakan untuk internal perusahaan, kegiatan rutin setiap tahun yaitu santunan terhadap anak – anak yatim piatu digelar. Pada Sabtu 18 November, acara Shopping Bareng Yatim diselenggarakan di Carrefour Duta Merlin Jakarta jam 08.00 – 12.00 WIB. Puluhan anak dari 27 yayasan atau panti asuhan yatim piatu di Jakarta dan sekitarnya akan berbelanja kebutuhan pokok secara gratis dalam acara tersebut.

Program acara di bidang lainnya juga digelar, yaitu pada perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-72, JNE berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung merevitalisasi dan meresmikan Taman Cikapayang Dago, Jl. Ir. H.Djuanda No.79, Bandung – Jawa Barat  40132. Begitu juga untuk para ibu menyusui, JNE mengadakan “Jesika Office to Office” bersama komunitas Smart Mama di 10 kantor perusahaan terkemuka di Jakarta.

Tidak ketinggalan acara rutin bagi pelanggan loyal JNE para member JLC (JNE Loyalty Card). Acara JLC Gathering sebagai Forum Group Discussion manajemen JNE bersama para member JLC terbaik dijalankan di 7 kota. Era digital yang penuh dengan peluang, turut memberikan kesempatan bagi para UKM untuk berkembang, begitu pun para member JLC di berbagai kota. Banyak member JLC yang berprofesi sebagai wiraswasta dan sebelumnya memiliki sedikit poin karena jumlah pengirimannya masih belum banyak, kini telah menjadi member terbaik dengan jumlah pengiriman paket yang besar setiap bulannya, seperti yang ditemui oleh manajemen JNE di di Cilegon, Magelang, Cirebon, Kediri, Jambi, Pontianak, serta Manado. Dengan ajang diskusi ini, diharapkan kualitas pelayanan JNE dalam program JLC dapat selalu ditingkatkan, sehingga turut mendorong perkembangan bisnis para member-nya.

Sekilas Tentang JNE

JNE berdiri pada tahun 1990, merupakan perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. Di akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri terpisah dari unit kurir ekspres. Di tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Di tahun 2014, mempersiapkan JNE E-Commerce, dan optimalisasi Mobile Applications, membangun 250 kantor operasional dan jaringan outlet menjadi 5000 outlet di seluruh Indonesia dan menghadapi persiapan daya saing Asia Free Trade Area tahun 2015.