Philips Lighting Terangi Stadion Internasional Batakan Balikpapan di Kalimantan Timur

30

Balikpapan, Indonesia – Philips Lighting (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia dalam pencahayaan, hari ini mengumumkan penggunaan Philips LED ArenaExperience System untuk menerangi Stadion Internasional Batakan Balikpapan di Kalimantan Timur.

Dibangun di atas lahan seluas 18 hektar, Stadion Batakan saat ini merupakan stadion paling canggih di Indonesia dan dapat menampung hingga 40.000 penonton. Philips Lighting telah memasang sekitar 272 lampu sorot LED Philips ArenaVision, luminer yang dapat menjembatani kesenjangan antara pencahayaan untuk keperluan hiburan dan pencahayaan untuk mendukung jalannya pertandingan olahraga yang digunakan di arena atau stadion masa depan bertaraf internasional. Pencahayaan berkualitas tinggi membuat pemain dan penonton tetap aman, nyaman dan fokus pada pertandingan, selain meningkatkan kelancaran arus penonton; sementara pencahayaan LED hemat energi dengan perawatan yang efisien membantu mengurangi biaya operasional.

Philips LED ArenaVision dirancang khusus untuk aplikasi pencahayaan lapangan olahraga dan stadion multifungsi yang canggih. Pencahayaan ini menawarkan kualitas cahaya yang luar biasa, manajemen termal efektif, serta masa pakai yang panjang. Lebih jauh lagi, sistem pencahayaan ini memanfaatkan kemajuan teknologi LED terbaru untuk solusi pencahayaan arena olahraga yang mendukung standar penyiaran TV, yaitu tidak berkedip untuk HDTV, dan dilengkapi platform kontrol untuk menciptakan pengalaman pencahayaan yang benar-benar mendalam serta dapat diakses dari jarak jauh menggunakan tablet. Philips ArenaExperience yang terpasang di stadion ini menggunakan DMX Control System, yang memungkinkan antarmuka luminer pencahayaan pertandingan olahragga dengan konsol pencahayaan eksternal untuk menciptakan bauran pencahayaan acara hiburan; menawarkan variasi konfigurasi lampu sorot yang luas untuk menciptakan efek yang lebih dramatis, yang akan memberikan pengalaman lebih bagi penonton.

“Kami menanamkan kecerdasan pada sistem pencahayaan kelas dunia kami dan menghubungkannya melalui perangkat lunak untuk dapat mengelola, memantau dan mengendalikan aset-aset pencahayaan,” jelas Vikas Rana, Team Leader Lighting Application & Specifier Philips Lighting Indonesia, yang terlibat dalam menghasilkan desain pencahayaan stadion serta pertunjukan pencahayaan untuk peresmian stadion yang turut dimeriahkan oleh Philips Lighting. Stadion ini menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola persahabatan internasional Balikpapan Masters Cup yang menampilkan mantan pemain dua klub Liga Utama Inggris, Arsenal dan Liverpool, serta mantan pemain timnas Indonesia. Pertunjukan pencahayaan ini memamerkan bagaimana sistem pencahayaan Philips ArenaExperience, yang menggunakan luminer Philips LED ArenaVision dan DMX Control System, dapat memperkuat suatu acara melalui pengalaman penonton yang mengesankan.

“Sebagai pemimpin dunia dalam pencahayaan LED, kami membawa teknologi siap masa depan. Kami adalah perusahaan pencahayaan yang memanfaatkan Internet of Things (IoT) dan mengubah sumber cahaya menjadi titik data untuk menghubungkan lebih banyak perangkat, tempat dan orang-orang melalui pencahayaan,” jelas Rami Hajjar, Country Leader, Philips Lighting Indonesia. “Stadion Batakan menampilkan bagaimana Philips Lighting mendukung berbagai arena olahraga untuk menciptakan pengalaman penggemar yang tak tertandingi.”

Tentang Philips Lighting
Philips Lighting (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia untuk produk, sistem dan layanan pencahayaan, membawa inovasi pencahayaan yang membuka nilai bisnis, memberikan pengalaman bermakna bagi pengguna yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. Melayani pasar bisnis dan konsumen, kami memimpin industri dalam memanfaatkan penggunaan Internet of Things untuk mentransformasi hunian, bangunan dan area perkotaan. Pada tahun 2016, kami membukukan penjualan sebesar 7,1 miliar Euro dan mempekerjakan sekitar 34.000 karyawan di lebih dari 70 negara. Berita mengenai Philips Lighting dapat dilihat di Newsroom, Twitter dan LinkedIn. Informasi untuk investor dapat ditemukan di Investor Relations.