Perusahaan Media untuk Millennial dan Gen Z, IDN Media, Raih Pendanaan Seri B dari East Ventures dan Central Exchange

23

Jakarta, 27 November 2017 – IDN Media, perusahaan media digital terdepan untuk Millennial dan Gen Z, telah mendapatkan investasi Seri B dari East Ventures dan Central Exchange, perusahaan modal ventura yang berbasis di Hong Kong. Pendanaan ini akan digunakan untuk mempercepat pertumbuhan produk IDN Media beserta teknologinya dalam mencapai visinya untuk menjadi the voice of Millennial and Gen Z di Indonesia.
Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner dari East Ventures mengatakan, “Strategi IDN Media yang berfokus hanya pada Millennial dan Gen Z telah terbukti bekerja dengan baik. Tidak hanya berhasil menarik pembaca yang banyak dan loyal, tetapi mereka juga telah membangun bisnis dengan fundamental yang kuat. Hal ini ditunjukkan dengan pertumbuhan pendapatan yang signifikan, yang berdampak pada profitabilitas. Kami sangat senang dapat memimpin investasi ini dan dapat bekerja sama dengan Winston dan William Utomo, dan juga mitra baru.”

Pada tahun 2017, IDN Media telah berkembang pesat menjadi media digital terdepan untuk Millennial dan Gen-Z (berdasarkan data comScore Composition Index Unique Visitor untuk usia 18-24 dan 18-34 tahun). Di samping itu, setiap bulannya IDN Media tercatat memiliki 50 juta pengunjung situs yang tersebar dari dua portal utama, 1 miliar content views di semua platform, dan 62 juta video views.
Billy So, Chairman dari Central Exchange menyampaikan, “Dalam waktu yang singkat, IDN Media telah membangun perusahaan media yang luar biasa dengan menggabungkan konten yang didasarkan pada data dan teknologi yang canggih. Selain itu, mereka memiliki tim yang solid, culture yang positif, dan business operations yang kuat. Kami sangat percaya pada visi dari Winston dan William Utomo dalam membangun IDN Media agar menjadi perusahaan media multi-platform terbesar untuk Millennial dan Gen Z.”

Bersama dengan 140 anggota tim yang solid di Surabaya dan Jakarta, IDN Media, yang juga merupakan bagian dari GDP Venture, kini mengoperasikan IDN Times (News & Entertainment Portal), Popbela.com (Female-focused Portal), Yummy (Food-focused Media), NOW (News Video Portal), IDN TV (Video Production House), IDN Creative (Digital Agency), IDN Event (Event Agency), dan IDN Creator Network (Creator Marketing Agency). Selain itu, direncanakan pada akhir tahun ini, IDN Media akan meluncurkan sebuah portal baru yang berfokus pada Millennial Mama bernama Popmama.com.

Winston Utomo, Founder dan CEO dari IDN Media, mengatakan, “Pencapaian IDN Media saat ini masih jauh dari goal yang ingin kami raih. Kami sangat bersemangat dengan investasi Seri B ini dan bekerja dengan partner baru untuk membantu kami dalam mencapai visi IDN Media: menjadi the voice of Millennial and Gen Z di Indonesia. Di samping itu, pendanaan ini akan kami fokuskan untuk membangun 360 multi-platform media yang lebih baik lagi untuk Millennial dan Gen Z.”

Dalam hal kemitraan bersama brand, IDN Media telah bekerjasama dengan lebih dari 150 brands, diantaranya L’Oreal, Unilever, Procter & Gamble, Djarum, Tokopedia, Samsung, Traveloka, dan masih banyak lainnya, untuk membuat kampanye iklan yang bersifat 360 online-to-offline. Produk iklan yang ditawarkan oleh IDN Media sendiri sangat beragam, mulai dari native editorial, native video, targeted KOL endorsement, sampai integrated social posts, Facebook Live Poll, dan event khusus Millennial dan Gen Z.

William Utomo, Founder dan COO dari IDN Media, mengatakan, “Selama setahun terakhir, kami telah mengembangkan lini produk, memperkuat konten, membangun hubungan yang solid dengan brands dan advertisers, serta meningkatkan talent yang ahli di bidangnya, untuk mempersiapkan kami agar dapat berkembang pesat. Kami sangat bersemangat dan bersyukur dengan pertumbuhan pembaca yang diikuti oleh hubungan kerjasama yang semakin kuat dengan brands, yang berdampak pada pertumbuhan pendapatan yang signifikan dan profitabilitas.”

Untuk ke depannya, IDN Media akan terus fokus dalam meningkatkan tim editorial dengan meluncurkan edisi lokal di 10 kota besar di Indonesia, meluncurkan beberapa media dengan vertikal baru, menumbuhkan loyalitas komunitas, dan meningkatkan investasi dalam pembuatan konten original. Selain itu, IDN Media juga akan memfokuskan pada peningkatan kualitas produk dan kecanggihan teknologi.

Tentang IDN Media
IDN Media adalah multiplatform digital media company untuk Millennials dan Gen Z di Indonesia. Kami memiliki pendekatan jurnalistik dan ide kreatif yang berbeda, termasuk visual, kuis, listicles dan konten interaktif. IDN Media menjalankan IDN Times, Popbela.com dan Popmama.com; sebuah portal media online, Yummy; food focused media, NOW; news video portal, IDN Creative; sebuah in-house creative agency, IDN TV; in-house video production, IDN Event; creative event orgaziner, IDN Creator Network; creator marketing agency.