Penerjunan Mahasiswa KKN UKDW

0 25

Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Ir. Henry Feriadi, M.Sc. Ph.D melepas sebanyak 373 mahasiswa UKDW dan lima mahasiwa asing dari Hanseo University, Korea Selatan, untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode tahun 2018. Sebanyak 282 mahasiswa UKDW diterjunkan di sejumlah desa yang terletak di Kecamatan Sentolo (Salamrejo, Sukoreno, Banguncipto, Sentolo dan Demangrejo) dan 91 mahasiswa UKDW diterjunkan di Desa Bumirejo Kecamatan Lendah Kabupaten  KulonProgo.

Upacara penerjunan mahasiswa KKN dilakukan di Auditorium Koinonia UKDW pada hari Rabu, 27 Juni 2018. Peserta KKN berasal dari lima fakultas yakni Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Bisnis, Fakultas Bioteknologi, Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Kedokteran. Tema yang diangkat tahun ini adalah “Peningkatan Pengelolaan Potensi Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal”.

Menurut Eka Adhi Wibowo, S.E., M.Sc. selaku Koordinator Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Reguler UKDW, 287 mahasiswa dilepas dan diserahkan kepada Drs. Widodo selaku Camat Kecamatan Sentolo di halaman Kantor Kecamatan Sentolo sedangkan 91 mahasiswa dilepas dan diserahkan kepada R. Ediwinarna, S.E. selaku Kades Desa Bumirejo Kecamatan Lendah di Kantor Desa Bumirejo Kecamatan Lendah. Peserta KKN memulai kegiatan operasionalnya di wilayah Kabupaten Kulon Progo mulai 27 Juni sampai 27 Juli 2018. “Sampai saat ini KKN masih menjadi mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa S1 di UKDW sebelum lulus. KKN bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentanghidup bermasyarakat. Sehingga nantinya mahasiswa dapat menjadi generasi yang siap pakai dalam proses pembangunan utamanya di daerah pedesaan,” tambahnya.

Henry Feriadi mengatakan pelaksanaan KKN ini ditujukan untuk menumbuhkembangkan empati dan kepedulian sivitas akademika UKDW terhadap berbagai permasalahan yang riil dihadapi masyarakat “Hal ini juga merupakan salah satu media pembelajaran bagi mereka dalam merealisasikan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan ke lingkungan masyarakat melalui program-program yang nantinya akan dibuat dan dilaksanakan. Diharapkan setelah lulus nantinya, seluruh mahasiswa mampu menjadi solusi bagi permasalahan yang ada,” katanya.

Program KKN ini juga diikuti oleh lima orang mahasiswa dari Hanseo University yang akan mengikuti kegiatan di Desa Salamrejo. Kelima mahasiswa tersebut adalah Kim Juhyeo dari Program Studi Journalism and Communication, Jo Yeongwoo dari Program Studi Avionics, Kim Sua dari Program Studi Air Tourism and Service, Seo Woojin dari Program Studi Aircraft Maintenance, dan Yi Kyuwon dari Program Studi Flight Operation.

English English Indonesian Indonesian