Mahasiswa FTP UGM Juara 1 NFTC 2018

0 20

Tim Mahasiswa dari FTP UGM berhasil mengukir prestasi di tingkat nasional. Kali ini, tim mahasiswa FTP UGM meraih predikat juara I dalam lomba karya tulis ilmiah National Food Technology Competition (NFTC) 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa FTP Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada Jumat (8/6). NFTC tersebut mengangkat tema Diversifikasi Pangan Berbasis Pangan Lokal untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional.

Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia. Tim FTP UGM yang beranggotakan I Made Arya Dwipa, Nathania Trista Christianti, dan Alya Nur Ramadhani berhasil menyabet juara I setelah mengalahkan 5 finalis lainnya dengan judul karya ilmiah Potensi Minyak Ulat Hongkong Sebagai Alternatif Minyak Kelapa Sawit yang Berkelanjutan.

Karya ilmiah yang disusun dari hasil studi literatur tersebut menganalisis seberapa besar potensi minyak ulat Hongkong untuk menjadi alternatif minyak makan di Indonesia selain minyak kelapa sawit. Seperti diketahui, dalam pembudidayaannya kelapa sawit dinilai kurang ramah lingkungan karena membutuhkan lahan yang besar.

“Minyak ulat Hongkong dinilai dapat berpotensi menjadi alternatif minyak kelapa sawit karena dalam pembudidayannya membutuhkan lahan yang relatif kecil dan menghasilkan emisi yang minimal,”tutur Alya.

English English Indonesian Indonesian