Cerita dan Prestasi Penerima Beasiswa Pelajar BSI Maslahat, Rangga Asal Surakarta

Rangga Alif Excellino
Rangga Alif Excellino

Seremonia.id – BSI Maslahat mempunyai program beasiswa Pendidikan untuk tingkat SMP dan SMA sederajat yaitu Program Sahabat Pelajar Indonesia (SPI). Beasiswa ini merupakan program beasiswa yang ditujukan untuk siswa yang tidak mampu yang bertujuan untuk membentuk generasi yang baik secara akademik dan spiritual, berakhlak islami serta memiliki kemandirian.

Adapun beberapa fasilitas yang akan didapatkan oleh siswa yang tergabung dalam program SPI diantaranya adalah Bantuan uang Pendidikan Rp300.000/bulan, pembinaan aqidah dan akhlak, program tahsin dan tahfidz, pendampingan mentor, try out dan bimbingan belajar untuk kelas 12, pelatihan pengembangan diri dan pembelajaran online.

Salah satu penerima manfaatnya adalah Rangga Alif Excellino. Biasa dipanggil Rangga. Berusia 16 tahun dan tinggal di Surakarta, Jawa Tengah dengan beragama Islam sejak lahir. Memiliki hobi menggambar, mendengarkan musik, dan public speaking. Cita-sita menjadi seorang pembicara. Memiliki motto hidup, yaitu pantang menyerah dan selalu melakukan yang terbaik (never give up and always do the best).

program beasiswa Pendidikan untuk tingkat SMP dan SMA sederajat
program beasiswa Pendidikan untuk tingkat SMP dan SMA sederajat

Tinggal bersama kedua orangtua, 2 adik, nenek, kakek, dan paman. Ibu bekerja sebagai guru Honorer TK Aisyiyah. Ayah bekerja sebagai tukang  kayu. Saat ini saya bersekolah di SMA di Surakarta, tepatnya kelas 11 MIPA. Di sekolah, Rangga sering menjadi perwakilan dan mengikuti kegiatan luar sekolah. Organisasi sekolah yang diikuti seperti MPK, ekstrakurikuler seni (EXPRESSO), lomba-lomba sekolah, menjadi Putra SMA 2020, pengurus KREASSO, bagian dari Remaja Teman Sebaya Anti Narkoba BNN Kota Surakarta, MC suatu acara internal maupun eksternal, dan yang lainnya.

Baca juga  UKDW Adakan Webinar Restorasi Bumi Guna Peringati Hari Bumi

Saya sangat senang dapat menjadi peserta program beasiswa dari SPI dari BSI Maslahat, karena Insya Allah bisa membantu meringankan beban orang tua saya. Selain itu, setiap akhir pekan dan akhir bulan SPI ini mengadakan program mentoring dan NGOPI (Ngobrol Pelajar Inspiratif). Mentoring, kegiatan yang dilakukan setiap akhir pekan 2 minggu di akhir bulan,” kata Rangga. Mentoring interaktif yang berisi materi dan tugas dan NGOPI yang berisi semacam webinar. Setiap event selalu saya ikuti dengan antusias agar ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat kedepannya.

Dari situ, saya paham di SPI ini bukan hanya beasiswa saja. Tetapi, ada sebuah kegiatan dan materi tentang semua yang saya butuhkan. Mereka membimbing pesertanya menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya,” tambah Rangga. Misalnya, mengajarkan hidup sehat, pengetahuan dan pengembangan softskill, agama, dan yang lainnya, yang tentunya sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman.

Baca juga  UKDW Lolos Seleksi Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian PTS Tahun 2021

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti beasiswa ini, karena selain saya mendapatkan uang pembinaan, saya juga mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya, tentunya menambah relasi. Saya pun juga sangat senang, karena SPI sangat mengapresiasi kepada siswanya yang berprestasi dengan mendata siswa-siswi yang meraih prestasi setiap bulan nya. Alhamdulillah, saya mendapatkan juara 1, 2, 3 di lomba-lomba olimpiade tingkat nasional,” tutup Rangga.

Menurut Rangga, program SPI ini sangatlah membantu jutaan anak yang kurang mampu (termasuk saya) yang mungkin kesulitan dalam hal ekonomi, pengetahuan, dan yang lainnya. Harapan saya Program SPI ini bisa terus dilaksanakan agar anak yang kurang mampu bisa terbantu dalam mewujudkan impiannya dan menjadi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia. Terima kasih SPI. Semoga bisa menjadi amal jariyah. Aamiin.

Baca juga  Pagelaran Tari Klasik Jawa di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta, 25 Juni 2019

BSI Maslahat memiliki banyak anak asuh yang gigi mengejar pendidikannya seperti halnya Rangga. Keterbatasan ekonomi tidak menyurutkan niatnya untuk belajar. BSI Maslahat mengajak untuk menjadi orang tua asuh dengan biaya pendidikan selama 1 semester sebesar Rp 2.200.000 untuk satu orang anak.

Biaya ini akan digunakan untuk Dukungan Beasiswa Pendidikan, Pembinaan Keislaman, dan Pembinaan Akademik. Semoga Orang Tua Asuh yang beruntung bisa mengasuh Adik Rangga, dan semoga selalu diberikan kesehatan, kelancaran rezeki, dan diberikan pahala oleh Allah SWT, Amiin Allahumma Aamiin. Program orang tua asuh juga bisa diikuti dengan klik tautan https://www.bsimaslahat.org/OTA/ .