Pasar Gaming Indonesia Makin “Seksi”, Bhinneka Catat Pertumbuhan 100%

Jakarta, 27 Desember 2018 – Pasar kategori gaming menarik perhatian selama tiga tahun terakhir, termasuk di Indonesia. Menurut laporan GfK Indonesia, total unit yang terjual untuk kategori mobile computing gaming pada awal kuartal 4/2018 bertumbuh year-to-date sebesar 90%, ekuivalen dengan nilai pasar lebih dari Rp500 milliar. Pertumbuhan signifikan dari pasar gaming ini juga dinikmati Bhinneka, pionir e-commerce di Indonesia yang terkenal sebagai spesialis barang-barang 3Cs (computer, communications dan consumer electronics). Bhinneka mencatat lonjakan penjualan lebih dari 100% sepanjang 2018.

Sebagai catatan, label Mobile Computing Gaming dalam laporan GfK di atas meliputi varian-varian laptop (mobile computer) khusus gaming, yang didominasi oleh PC maker papan atas, seperti: Asus ROG, MSI, Acer Predator, Lenovo Legion, dan HP Omen.

Tren pertumbuhan pada kategori ini yang terus bertumbuh signifikan selama tiga tahun terakhir, didukung oleh pasar yang kian meluas, baik dari segi konsumen, maupun dari pemanfaatan atau penggunaan produk-produk mobile computing gaming tersebut.

Vensia Tjhin, Chief of Omni Channel Officer (COCO) Bhinneka, menjelaskan, “Sepanjang tahun 2018 Bhinneka mencatat pertumbuhan di kategori mobile computing gaming lebih dari 100%. Hal ini dipicu oleh segmen konsumen yang mengalami perluasan. Mereka membeli perangkat tersebut tak hanya untuk bermain game. mencari perangkat yang mampu memadukan fungsi produktivitas dan hobi. Di antaranya mahasiswa desain, para profesional yang memerlukan high-productivity, mereka yang memerlukan perangkat multimedia, misalnya YouTuber.”

“Sepanjang tahun 2018, termasuk Harbolnas, Bhinneka menerima banyak permintaan melalui channel online dan offline kami, di antaranya email, call center (pemasaran melalui 021-29292828), hingga di Bhinneka Store. Produk yang banyak dicari pun bukan hanya mobile computing gaming, tetapi juga meliputi komponen PC, seperti kartu grafis, storage, motherboard, aksesori, dan lain-lain,” lanjutnya.31

Bhinneka optimis terhadap pasar gaming ini. Dari data top 100 countries/market by game revenue*, Indonesia menempati posisi ke-17 dengan jumlah gamers sebanyak 34 juta orang (semua platform) yang artinya adalah 40% dari pengguna internet Tanah Air. Saat ini, hampir 50% gamer Indonesia bermain di perangkat mobile dan PC guna mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik. Tingginya angka tersebut menjadi captive market bagi Bhinneka.

Di website www.bhinneka.com juga telah disediakan halaman khusus untuk perangkat gaming. Bertajuk Gaming Zone, para konsumen bisa mendapatkan berbagai produk mulai laptop, prebuilt PC, aksesori penunjang atau gaming gear dari berbagai merek ternama. Semuanya juga bisa diperoleh dengan diskon atau promo khusus. Semuanya adalah produk bergaransi resmi, dan didukung pelayanan purnajual Bhinneka dengan authorized service center yang asli bikin tenang.