Bank DBS Indonesia Sukses Dorong Nilai Transaksi Topremit hingga Rp300 miliar dan Perluas Jangkauan Operasi Bisnis Secara Global
Jakarta, 11 November 2024 – Sebagai bank yang fokus pada kepuasan nasabah (customer-centric), Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk menyediakan solusi keuangan yang relevan dengan kebutuhan nasabah. Hal ini sekaligus sejalan dengan visinya untuk menjadi ‘Best Bank for A Better World’. Baru-baru ini, Bank DBS Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai Indonesia Partner Experience of the Year untuk kategori Banking di ajang Asian Experience Awards 2024. Capaian in dianugerahkan untuk solusi DBS RAPID atau Real Time Application Programming Interface (API) by DBS yang inovatif dan telah sukses mendukung lebih dari 200.000 pengguna. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas keberhasilan solusi DBS RAPID dalam meningkatkan layanan pengiriman uang lintas batas dan memberikan pengalaman digital yang unggul.
Pada awal 2023, Bank DBS Indonesia memulai kolaborasi strategis dengan Topremit untuk merevolusi layanan pengiriman uang lintas negara guna meningkatkan pengalaman perbankan digital nasabah. Kemitraan strategis ini dihadirkan untuk memenuhi permintaan pengiriman uang yang semakin meningkat, dengan menggabungkan kepemimpinan industri Topremit dengan layanan keuangan mutakhir dari Bank DBS Indonesia.
Untuk menciptakan pengalaman pengiriman uang yang efisien tersebut, Bank DBS Indonesia mengimplementasikan API pada tiga fitur Topremit:
- Konversi Valas, yang menyediakan nilai tukar mata uang asing secara real-time, sehingga nasabah dapat mengelola dana mereka dengan lebih efektif
- Telegraphic Transfer, yang memfasilitasi transfer mata uang asing lintas batas yang aman dan cepat sehingga dapat lebih diandalkan
- Pembayaran Domestik yang memudahkan individu dan bisnis yang terlibat dalam transaksi real time
“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk menerima penghargaan ini yang menjadi bukti dari komitmen kami untuk bertumbuh bersama nasabah dan mitra ekosistem, termasuk Topremit, melalui berbagai solusi inovatif seperti DBS RAPID. Melalui layanan ini, Bank DBS Indonesia berkolaborasi dengan Topremit untuk mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi, kemudian mentransformasi tantangan tersebut menjadi peluang guna meningkatkan kualitas layanan bagi nasabah. Ke depannya, kami akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra terbaik untuk mendorong inklusi keuangan dan memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat Indonesia,” kata Head of Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia Dandy Pandi.
Pada bulan Juni 2023, kolaborasi ini mencapai tonggak penting dengan keberhasilan mendapatkan persetujuan Standar Pembayaran API Terbuka Nasional (SNAP), yang diikuti dengan peluncuran layanan langsung pada bulan Juli 2023. Penerapan yang cepat ini menunjukkan kesiapan dan efisiensi infrastruktur digital Bank DBS Indonesia, yang secara efektif mendukung operasional Topremit sejak awal.
Sebagai hasil dari kolaborasi ini, Topremit mengalami peningkatan volume dan nilai transaksi, dengan angka yang meningkat dari 30.000 transaksi dan Rp150 miliar pada paruh kedua tahun 2023 menjadi 70.000 transaksi dan Rp300 miliar pada paruh pertama tahun 2024. Selain itu, dengan integrasi DBS RAPID, transaksi di Topremit menjadi lebih efisien, meningkat sebesar 89,54%.
“Kami merasa sangat terhormat menerima penghargaan ini bersama Bank DBS Indonesia. Kolaborasi ini telah memungkinkan ribuan pengguna untuk mengirim uang ke berbagai negara dengan lebih mudah dan cepat melalui solusi digital yang efisien dan inovatif. Kami percaya bahwa kolaborasi dan akselerasi teknologi merupakan kunci dalam mencapai visi kami untuk menjadi solusi pengiriman uang lintas batas yang terdepan. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi dukungan Bank DBS Indonesia dalam membantu operasi bisnis Topremit sekaligus memperluas skala usaha kami untuk melayani lebih banyak nasabah secara global,” ujar Co-founder & Chief Executive Officer Topremit Hermanto Wie.
Melalui penghargaan Asian Experience Awards 2024 ini, Bank DBS Indonesia meyakini perannya sebagai fasilitator untuk mendukung perjalanan nasabah dalam mencapai tujuan finansialnya. Hal ini dilakukan dengan ‘spark’ atau semangat untuk menghadirkan solusi finansial terbaik bagi mereka. Dengan ini, nasabah dapat menikmati pengalaman perbankan yang menyenangkan, sehingga mereka dapat menjalani hidup yang lebih bermakna (Live more), tanpa perlu dirumitkan dengan urusan perbankan (Bank less).
Untuk informasi lebih lanjut tentang Global Transactions Services Bank DBS Indonesia, silakan kunjungi dbs.id/id/corporate/solutions.