OAK BROOK, Illinois- McDonald’s (NYSE: MCD) mengumumkan perluasan komitmen yang ditujukan kepada keluarga yang mendukung rencana pertumbuhan global jangka panjang perusahaan dengan memanfaatkan jangkauannya untuk mempengaruhi makanan untuk anak-anak. Pada tahun 2022, McDonald’s akan melakukan perbaikan serta peningkatan pada menu Happy Meal di 120 pasar dengan menawarkan lebih banyak makanan seimbang, menyederhanakan bahan makanan, terus transparan terhadap informasi gizi makanan terutama Happy Meal, semakin bertanggung jawab dalam memilih metode pemasaran untuk anak-anak, dan memanfaatkan pemasaran yang inovatif agar membantu mempengaruhi pembelian makanan dan minuman yang mengandung kelompok makanan yang direkomendasikan dalam menu Happy Meal.
“Kami menyadari adanya kesempatan bahwa kami harus memberi dukungan kepada keluarga sebagai salah satu restoran yang paling sering dikunjungi di dunia, dan tetap berkomitmen untuk memperbaiki kualitas makanan,” ujar Steve Easterbrook, Presiden dan CEO McDonald’s Corporation. “Mengingat skala dan jangkauan kami, kami berharap tindakan ini akan memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen dan sekaligus memberi manfaat bagi jutaan keluarga yang merupakan bagian dari langkah penting sebagai cara untuk membangun McDonald’s menjadi lebih baik.”
Pada tahun 2013, McDonald’s mulai bekerja sama dengan aliansi non-profit Healthier Generation dalam mengembangkan rencana komprehensif bagi 20 pasar utama* dalam memudahkan akses pelanggan pada buah, sayuran, susu rendah lemak dan air. Banyak dari pasar tersebut yang perkembangannya lebih cepat dari komitmen mereka.
Hari ini, perusahaan melanjutkan upaya bersama dengan Healthier Generation untuk menetapkan lima Global Happy Meal Goals baru sampai tahun 2022.
1. Menawarkan Makanan Seimbang
Dengan menggunakan kriteria gizi yang ketat berdasarkan kebijakan sains asupan gizi, pada akhir tahun 2022 setidaknya 50% atau lebih menu Happy Meal yang tercantum pada seluruh menu (baik di papan menu yang ada di restoran, kios, dan aplikasi online), di setiap pasar akan memenuhi kebijakan Happy Meal Global terbaru yaitu mengandung kurang dari atau sama dengan 600 kalori ; 10% kalori dari lemak jenuh; natrium 650mg; dan 10% kalori dari gula tambahan.
Saat ini, 28% kombinasi Happy Meal yang ditawarkan pada papan menu McDonald’s di 20 pasar (negara) utama telah memenuhi kriteria nutrisi yang baru ini. Untuk mencapai tujuan 50% atau lebih, pasar akan menambahkan varian menu baru, merumuskan ulang, atau menghapus variasi menu Happy Meal yang lama untuk meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan.
2. Penyederhanaan Bahan
Sejalan dengan selera serta preferensi pelanggan yang semakin berkembang, pasar McD akan mengutamakan Happy Meal dan menyederhanakan bahan dengan menghilangkan perasa buatan, pewarna buatan serta mengurangi penggunaan pengawet buatan. McDonald’s Indonesia saat ini tengah mengkaji ulang paket menu Happy Meal untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar memenuhi kriteria nutrisi yang telah ditentukan. Direncanakan pada tahun 2019 McDonald’s Indonesia akan menawarkan paket menu Happy Meal baru yang lebih memenuhi kriteria nutrisi yang telah ditetapkan global.
3. Transparan dengan Informasi Nutrisi Happy Meal
Perusahaan telah melakukan upaya terus menerus untuk memenuhi keinginan konsumen agar mendapatkan akses terhadap informasi nutrisi dengan mudah, terutama pada Happy Meal. Pihak global memastikan bahwa informasi nutrisi untuk Happy Meal tersedia dan dapat diakses melalui semua situs milik McDonald’s termasuk pada aplikasi pesan antar McDonald’s.
4. Tanggung Jawab Pasar
Di bawah tujuan baru, semua menu paket Happy Meal yang diiklankan untuk anak-anak harus memenuhi kriteria gizi terbaru McDonald’s, dan akan terus memenuhi ketentuan periklanan lokal untuk pemasaran kepada anak-anak.
5. Memanfaatkan Pemasaran Inovatif Untuk Membantu Meningkatkan Pembelian Makanan dan Minuman yang Mengandung Bahan-bahan yang Direkomendasikan pada Menu Happy Meal.
McDonald’s menyadari kesempatan yang dimiliki untuk membuat dampak positif dengan memanfaatkan ukuran dan skala pada pemasaran yang inovatif, termasuk dalam hal kemasan dan promosi serta penggunaan teknologi seperti di kios maupun mobile apps untuk membantu McDonal’s menyediakan lebih banyak buah, sayur, susu rendah lemak, biji-bijian, serta rendah protein dan air pada Happy Meal. Tujuan ini merupakan salah satu langkah lebih lanjut dari McDonald’s untuk memasukkan komponen pengukuran serta berbagi praktik terbaik dan hasil secara transparan kepada pihak luar.
Tentang McDonald’s
McDonald’s adalah perusahaan retail dunia pada jasa penyedia makanan terbesar di dunia dengan lebih dari 37.000 lokasi di lebih dari 100 negara. Sekitar 90% dari restoran McDonald’s di seluruh dunia dimiliki dan dioperasikan oleh pebisnis lokal independen pria dan wanita
Tentang Healthier Generation
Aliansi ini merupakan organisasi non-profit yang fokus pada generasi sehat yang memberdayakan anak-anak untuk dapat mengembangkan kebiasaan sehat seumur hidup dengan cara memastikan lingkungan mereka telah mendukung kesehatan. Lebih dari 25 juta anak-anak telah dibantu oleh Helthier Generation bekerjasama dengan sekolah, masyarakat dan pelaku bisnis di seluruh negeri. Buat perubahan di HealthierGeneration.org dan bergabung dengan kami di Facebook dan Twitter.
Tentang McDonald’s Indonesia
Lisensi McDonald’s Indonesia dimiliki oleh PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak perusahaan Rekso Group. Pada tahun 2009, PT Rekso Nasional Food menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia. RNF adalah McDonald’s Indonesia. Di bawah manajemen RNF, McDonald’s Indonesia akan mewujudkan komitmennya untuk melakukan pengembangan restoran ke berbagai wilayah di Indonesia. Dengan jumlah restoran sebanyak 180 yang tersebar di seluruh Indonesia hingga saat ini, RNF berharap McDonald’s Indonesia dapat menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia. Informasi tentang McDonald’s Indonesia silakan kunjungi: www.mcdonalds.co.id atau like Facebook McDonald’s Indonesia dan follow Twitter @McDonalds_ID
* 20 pasar utama: Amerika Serikat, Kanada, Brasil, Argentina, Inggris, Prancis, Jerman, Austria, Spanyol, Belanda, Italia, Polandia, Swedia, Swiss, Rusia, Hong Kong, Cina, Jepang, Taiwan dan Australia.