Lenovo Mengalami Pertumbuhan Pendapatan di Kuartal Kedua Tahun Fiskal 2017/18

17 November 2017 – Lenovo Group (HKSE: 992) (ADR: LNVGY) telah mengumumkan hasil fiskal di kuartal kedua yang berakhir pada tanggal 30 September 2017. Hasil menunjukkan pendapatan kuartal kedua sebesar US $ 11,8 miliar, meningkat 5 persen dari tahun ke tahun, dan mengalami kenaikan 18 persen dari kuartal fiskal pertama. Keuntungan pendapatan dari kuartal ke kuartal dicapai di ketiga bisnis utama Lenovo, yaitu data center, mobile, dan PC & smart devices, yang menunjukkan bahwa penerapan strategi tiga gelombang (3-wave strategy) dari Lenovo yang kuat berhasil membuahkan peningkatan yang konsisten di seluruh portofolio. Pada kuartal kedua, pendapatan sebelum pajak Lenovo tumbuh sebesar US $ 104 juta, melambung secara signifikan dari kerugian di kuartal sebelumnya.

Menyusul peluncuran portofolio paling komprehensif dalam sejarahnya, Lenovo Data Center Group (DCG), didukung oleh struktur saluran yang dikembangkan dan mencatat kenaikan pendapatan dari tahun ke tahun di luar Cina terutama di Eropa dan Amerika Utara untuk kuartal kedua secara berturut-turut. Dengan ponsel Moto baru yang memiliki performa yang baik di pasar, Lenovo Mobile Business Group (MBG) juga melihat peningkatan pendapatan selama setahun, dengan momentum pengiriman yang kuat di Eropa Barat, Amerika Utara, dan Amerika Latin, dan menghasilkan pertumbuhan pendapatan keseluruhan untuk kuartal ketiga berturut-turut.

PC / Smart Devices Group (PCSD) Lenovo, yang tetap menguntungkan di semua wilayah geografis, mencatat pangsa pasar 21,3 persen dengan rekor tinggi di wilayah Eropa / Timur Tengah dan Afrika; meluncurkan edisi Star Wars: Jedi Challenges, sebuah kerjasama produk AR baru dengan Disney; dan merayakan ulang tahun ke -25 ThinkPad yang ikonik pada akhir kuartal ini.

Selain itu, Lenovo telah menyelesaikan kesepakatan joint venture dengan Fujitsu, di mana kedua perusahaan akan menggabungkan sumber daya serta memanfaatkan kemampuan Fujitsu dalam penjualan global, dukungan pelanggan, litbang dan manufaktur, bersamaan dengan skala global dan kehadiran yang Lenovo miliki.

Seiring Lenovo terus mengejar peluang pertumbuhan dan kemitraan baru, terutama di pasar utama, joint venture ini akan memperkuat kepemimpinan PC Lenovo di seluruh dunia, dan membantu mendukung pertumbuhan yang menguntungkan.

“Pada kuartal terakhir, kami terus membuat kemajuan dalam mengubah bisnis kami dengan menjalankan 3-wave strategy. Kami mempertahankan profitabilitas terdepan di industri dalam bisnis PC dan melampaui pasar dari tahun ke tahun. Di bisnis Data Center, transformasi kami mulai terjadi berkat tenaga penjualan yang semakin kuat, struktur dan program saluran global yang baru, dan daya saing produk baru. Perputaran bisnis mobile kami masih dalam proses, dan di sebagian besar pasar kami melihat pertumbuhan yang kuat,” kata Yang Yuanqing, Chairman dan CEO Lenovo. “Kombinasi antara eksekusi yang kuat dan pondasi yang kokoh tetap menjadi kekuatan Lenovo. Perputaran bisnis kita di Brasil adalah contoh yang baik. Kami akan terus berinvestasi dalam membangun pondasi dan kompetensi inti untuk dua mesin pertumbuhan baru, yang akan membawa keuntungan yang stabil dan berkelanjutan. ”

Laba kotor perusahaan meningkat 0,3 persen dari tahun ke tahun menjadi US $ 1,6 miliar, yang mengalami kenaikan 18,2 persen dari kuartal ke kuartal. Margin kotor meningkat sebesar 13,7. Laba usaha meningkat sebesar US $ 94 juta dari kuartal ke kuartal. Laba per saham dasar adalah 1,26 sen AS atau 9,85 sen HK. Dewan Direksi Lenovo mengumumkan dividen sementara sebesar 6,0 sen dolar per saham.

ULASAN BISNIS PC LENOVO

Kelompok usaha PC dan Smart Devices Lenovo (PCSD) mencatat kenaikan pendapatan yang mengesankan dari tahun ke tahun, yaitu naik sebesar tujuh persen, naik 20 persen dari kuartal ke kuartal menjadi US $ 8,4 miliar. Harga jual rata-rata untuk produk PCSD naik enam persen dari tahun ke tahun, karena Lenovo terus berfokus pada inovasi, portofolio produk yang berkualitas.

PCSD yang mencakup PC, tablet dan perangkat cerdas, sekali lagi menguntungkan di semua wilayah geografis, mempertahankan profitabilitas terdepan di industri sebesar 4,4 persen, karena pelanggan terus memanfaatkan produk Lenovo yang beragam sehingga menghasilkan hasil yang lebih baik pada kuartal ini. Pengapalan PC Lenovo tercatat 14,5 juta unit, stabil dari tahun ke tahun, dibandingkan dengan penurunan sedikit di keseluruhan pasar. Pengapalan tablet Lenovo naik 8,9 persen dari tahun ke tahun menjadi 2,97 juta unit di tengah-tengah pasar yang turun 9,4 persen.

Di kuartal kedua, Lenovo dan Disney memperkenalkan Star Wars: Jedi Challenges, produk AR  yang memungkinkan penggemar bisa merasakan pengalaman Star Wars dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya. Jedi Challenges menampilkan smartphone yang dilengkapi dengan headset Lenovo Mirage AR, pengendali Lightsaber, Tracking Beacon, dan gameplay Star Wars, yang akan tersedia pada musim liburan ini. Momentum pre-order mendapatkan sambutan yang hangat dari para penggemar. Lenovo juga merayakan ulang tahun ke 25 ikon ThinkPad-nya, dengan lebih dari 125 juta unit dikirim sejak diperkenalkan dan makin diperkuat dengan model seperti ThinkPad X1 Carbon.

In our Data Center Group (DCG), which includes servers, storage, networking, software and services, we saw solid year-over-year revenue growth in both the North America, and Europe/Middle East and Africa markets. In particular, in North America we achieved a DCG revenue increase of ten percent, as investments in a revamped channel structure, a new product portfolio, sales training and new partnerships continued to drive the transformation of the data center business for the second consecutive quarter.

Lenovo also saw improvement in China with a seven percent revenue increase quarter-to-quarter. While the last few quarters in China have been challenging, the improvements that have been put in place including new leadership and an expanded sales force, are helping to turn this business around there and drive new customer wins across hyperscale, big data, and private cloud. Lenovo’s global accounts grew strongly again 18% year on year and services bookings grew over 100% year on year setting up a strong foundation for the future.   Software Defined Infrastructure showed continued strong growth in the second quarter. Lenovo’s data center momentum is evidenced by recent successes in high-performance computing, with continued wins and projects from some of the world’s largest customers and universities.

Lenovo’s Mobile Business Group (MBG), which includes Moto and Lenovo-branded smartphones grew revenue slightly year-over year, and a notable 19 percent quarter-to-quarter, driven by strong momentum for Moto-branded smartphones and the third consecutive quarter of growth. Both Moto G and Moto E models saw year-over-year demand increase significantly, while Moto Z activation increased 18 percent quarter-to-quarter. The attach rate for Moto Mods improved to 37 percent, up from the previous quarter’s 30 percent.

Worldwide, Lenovo shipped 15.3 million smartphones, a 10 percent increase year-to-year and a 37 percent increase quarter-to-quarter. Included in this total increase were strong performances in Western Europe (shipments up 71 percent), Latin America (up 69 percent) and North America (up 67 percent). In Latin America, Lenovo achieved record market share of 17.7 percent, growing by 6.5 share points year-over-year.

Lenovo continued its strategy of protecting its leading position in Latin America by expanding share and improving profit there, while attacking in mature markets such as North America, where we gained 1.7 share points year-over-year, and in Western Europe. Lenovo also continued to pursue healthy growth in key emerging markets such as India, where we grew 14 percent year-over-year and 83 percent quarter-to-quarter.

Tentang Lenovo

Lenovo (HKSE: 992) (ADR: LNVGY) adalah perusahaan Fortune 500 global senilai US $ 43 miliar dan pemimpin dalam menyediakan teknologi konsumen, komersial, dan data center yang inovatif. Portofolio produk dan layanan berkualitas tinggi kami mencakup PC (termasuk merek Think and Multimode Yoga yang legendaris), workstation, server, penyimpanan, jaringan, perangkat lunak (termasuk solusi ThinkSystem dan ThinkAgile), TV cerdas dan jajaran produk mobile seperti smartphone (termasuk merek Motorola), tablet dan aplikasi. Bergabunglah dengan kami di LinkedIn, ikuti kami di Facebook atau Twitter (@Lenovo) atau kunjungi kami di http://www.lenovo.com/

LENOVO GROUP

FINANCIAL SUMMARY

Untuk Kuartal Fiscal yang berakhir pada 30 September 2017

 (dalam US$ millions, kecuali

 per share data)

Q2 17/18  

Q2 16/17

 

Y/Y CHG

Revenue 11,761 11,231

5%

Gross profit 1,613 1,607
Gross profit margin 13.7% 14.3% -0.6pts
Operating expenses (1,525) (1,392) 10%
Expenses-to-revenue ratio 13.0% 12.4% 0.6pts
Operating profit 88 215 -59%
Other non-operating expenses (53) (47) 10%
Pre-tax income 35 168 -79%
Taxation 118 (16) N/A
Profit for the period 153 152 1%
Non-controlling interests (14) 5 N/A
Profit attributable to equity holders 139 157 -11%
EPS (US cents)
Basic
Diluted
 

1.26
1.26

 

1.42

1.42

 

-0.16

-0.16

 

 

 

Related posts

Leave a Reply