11 Tahun Berpengalaman Membangun Industri TI di Indonesia, Acer Manufacturing Indonesia Tetap Bertekad Hadirkan Produk Berkualitas Global dengan Memaksimalkan Sumber Daya Lokal

Jakarta, 12 Januari 2023 – Acer, sebagai perusahaan teknologi terdepan dalam menghadirkan inovasi, terus menegaskan komitmennya untuk menghasilkan produk teknologi berkualitas tinggi di Indonesia. Hari ini, 12 Januari 2023 menandakan 11 tahun berdirinya Acer Manufacturing Indonesia (AMI) yang berlokasi di Kawasan Terpadu Acer Group, Pergudangan Marunda Center, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Selama 11 tahun, AMI telah sukses melayani masyarakat Indonesia dan menjadi kebanggaan nasional di bidang TI. Selama kurun waktu tersebut, AMI telah mencapai banyak hal, mulai dari konsistensi standar mutu, membangun bisnis yang berkelanjutan, hingga penyerapan tenaga kerja lokal.

Beroperasi sejak tahun 2012, AMI telah berhasil memproduksi dan merakit perangkat teknologi sesuai dengan standar global. Sebagai bagian dari Acer Group yang merupakan perusahaan teknologi berkelas dunia, AMI menawarkan berbagai pilihan produk seperti Chromebook, laptop Windows, desktop, AIO, mini-PC, server, monitor hingga proyektor untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang sangat beragam mulai dari dunia pendidikan, sektor usaha, content creator, perusahaan (enterprise), pemerintahan dan masih banyak lainnya.

Selain itu, milestone AMI yang paling penting adalah mendukung program Pemerintah dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan meningkatkan kapasitas produksinya. AMI memanfaatkan inovasi dan teknologi terkini guna menghasilkan produk-produk berkualitas global. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memberdayakan dan memperkuat industri dalam negeri sekaligus mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri termasuk pada pengadaan barang atau jasa pemerintah. Dengan demikian, AMI dapat menyediakan produk-produk yang memenuhi kebutuhan TI di Tanah Air.

Baca juga  Antusiasme Tinggi Masyarakat Terhadap vivo Esports Cup 2020

Pencapaian AMI dalam memenuhi ketersediaan produk teknologi informasi yang unggul dan melampaui persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) lebih dari 40%, menjadikan AMI sebagai satu-satunya perusahaan global di Indonesia yang menawarkan lini produk dalam negeri terlengkap sehingga Acer mendapat kepercayaan menjadi mitra pemerintah dalam pengadaan perangkat teknologi, diantaranya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Pajak, dan sejumlah bank BUMN.

Diketahui, Acer Indonesia selama ini juga menjadi salah satu dari prinsipal yang berhasil lolos seleksi dan ditunjuk oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah untuk melaksanakan Konsolidasi Pengadaan Laptop Produk Dalam Negeri Secara Nasional Tahun Anggaran 2022. Pencapaian ini tentunya didukung oleh keberhasilan AMI yang menghadirkan produk berstandar nasional maupun internasional serta didukung dengan layanan purna jual yang andal dan tepercaya.

Selama 11 tahun terakhir, AMI terus berkomitmen melakukan inovasi yang berkelanjutan dan meningkatkan produktivitas operasional pabriknya termasuk memaksimalkan sumber daya lokal sehingga menjadikan AMI sebagai salah satu perusahaan global yang berhasil berkembang di Indonesia.

Untuk memberikan nilai tambah untuk produk berkualitas yang dihadirkan, Acer berkomitmen menyediakan jaminan waktu servis produk yang diproduksi oleh AMI. Selain itu, Acer juga menawarkan sejumlah keuntungan lainnya untuk pelanggan, yakni potongan harga untuk pembelian produk dan biaya layanan teknis, serta potongan harga untuk setiap pembelian aksesoris maupun upgrade perangkat. Pelanggan juga dimudahkan dengan layanan konsultasi gratis produk secara online.

Herbet Ang, President Director of Acer Indonesia menyatakan, “AMI adalah komitmen Acer untuk menyediakan perangkat teknologi rakitan dalam negeri berkualitas global guna memenuhi permintaan pelanggan di Tanah Air. Sebagai respons atas program Pemerintah untuk menggunakan Produk Dalam Negeri (PDN), Acer Indonesia telah menghadirkan beragam produk teknologi berkualitas tinggi, dengan nilai tambah, dan layanan purna jual yang tersebar di seluruh Indonesia. Selama 11 tahun, AMI telah berhasil memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat dan beragam atas perangkat teknologi. Selain itu, keunggulan produk yang disediakan untuk pelanggan di Indonesia juga didukung oleh berbagai layanan mulai dari pra-instalasi hingga purna jual yang terbaik.”

Baca juga  Wings Air Tetap Beroperasi di Husein Sastranegara Bandung. Mulai 1 Juli 2019 Menambah Layanan Baru

Produk berkualitas tinggi dari Acer didukung oleh layanan purna jual yang andal dan tepercaya. Layanan tersebut telah hadir di seluruh wilayah Indonesia, di 110 lokasi, 90 kota, dan 36 provinsi. Hingga akhir 2022, Acer mencatatkan 100% service level agreement (SLA) untuk penanganan servis produk TKDN dalam waktu kurang dari 10 hari kerja.

Selain itu, layanan pelanggan Acer Indonesia telah mendapatkan pengakuan dengan meraih Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award (ICSA) selama 12 tahun berturut-turut. Tak hanya itu, Acer juga meraih penghargaan Service Quality Index (SQI) Award 2022 yang menandakan bahwa pelanggan telah menghargai dan menikmati layanan berkualitas yang diberikan.

Untuk memastikan konsistensi nilai mutu dan standar operasional yang berjalan, AMI menerapkan sertifikasi ISO 9001:2015 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan melalui kualitas dan peningkatan mutu; ISO 14001:2015 untuk sistem manajemen lingkungan; serta ISO 45001:2018 untuk manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Dengan semua sertifikasi tersebut, AMI menjamin proses produksi yang berjalan sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Baca juga  Peringati Hari Sumpah Pemuda, BNI Syariah Tebar Promo Menarik

Selama 11 tahun kiprahnya di Indonesia, AMI telah didukung ratusan tenaga sumber daya lokal yang profesional dan terampil di bidangnya masing-masing. Keberadaan AMI bukan hanya membuka kesempatan penyerapan tenaga kerja yang luas, namun juga dapat berdampak positif pada peningkatan talenta sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat. Beroperasinya AMI juga akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi maupun sosial di Indonesia, melalui penciptaan lapangan pekerjaan, transfer teknologi, peningkatan pendapatan, hingga peluang investasi.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri