DKSH dan Wicaksana Berhasil Menyelesaikan Transaksi

233
  • Akuisisi 60 persen saham di PT Wicaksana membuka jalan bagi DKSH untuk memasuki Unit
    Bisnis Barang Konsumsi dan Perawatan Kesehatan di Indonesia
  • Komitmen yang kuat untuk pertumbuhan di negara terpadat di Asia Tenggara

Zurich, Swiss, 30 Oktober 2017 – DKSH, penyedia Layanan Ekspansi Pasar terkemuka yang berfokus di Asia, mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menyelesaikan akuisisi 60 persen saham di PT Wicaksana. Transaksi yang diumumkan pada 11 Juli 2017 ini telah ditutup sesuai rencana. Sisa saham akan dipegang oleh keluarga pendiri Wicaksana dan dijual secara bebas di Bursa Efek Indonesia.

Seiring dengan penutupan transaksi ini, DKSH bersama dengan manajemen PT Wicaksana, berkomitmen mengokohkan posisi perusahaan di pasar. Komitmen ini meliputi rencana perluasan pusat dan saluran distribusi serta kemampuan pemasaran dan penjualan. PT Wicaksana akan mendapatkan keuntungan dari keahlian internasional DKSH dan dari posisi kepemimpinannya di Asia Tenggara.

Selama bertahun-tahun, PT Wicaksana telah berhasil beroperasi sebagai distributor barang-barang konsumsi dan kesehatan di Indonesia. Didirikan pada 1973, PT Wicaksana terdaftar di Bursa Efek Indonesia (WICO: IJ) sejak tahun 1994. Dengan 32 pusat distribusi yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia dan 870 spesialis, perusahaan menghasilkan penjualan bersih lebih dari 60 juta Swiss Franc (CHF) pada tahun 2016.

Stefan P. Butz, CEO DKSH, berkomentar: “Bagi kami, kemitraan dengan PT Wicaksana adalah jalan masuk menuju kesuksesan untuk unit bisnis Barang Konsumsi dan Perawatan Kesehatan di Indonesia. Kami siap membawa klien internasional kami ke pasar baru yang menarik ini. Kami berterima kasih kepada keluarga pendiri PT Wicaksana dan seluruh tim untuk transisi yang mulus dan mengharapkan kemitraan yang berkelanjutan.”

Djajadi Djaja, pendiri PT Wicaksana, menambahkan: “Dengan populasi lebih dari 260 juta orang, Indonesia merupakan potensi yang sangat besar bagi DKSH dan PT Wicaksana. Saat ini ada sekitar 90 juta orang Indonesia yang ada di kelas menengah, dimana angka ini akan meningkat menjadi 130 juta di 2030. Kami berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam kemitraan ini dan akan memfasilitasi transfer pengetahuan untuk kedua belah pihak ”

Tentang DKSH

DKSH adalah penyedia Layanan Ekspansi Pasar terkemuka yang berfokus di Asia. DKSH membantu perusahaan dan merek untuk mengembangkan bisnis mereka di pasar yang baru atau pasar yang sudah ada. Terdaftar di Bursa SIX Swiss sejak 2012, DKSH adalah perusahaan global yang berkantor pusat di Zurich. Dengan 780 lokasi bisnis di 36 negara – 750 di antaranya di Asia – dan 30.320 staf spesialis, DKSH menghasilkan penjualan bersih sebesar 10,5 miliar Swiss Franc (CHF) pada tahun 2016. DKSH didirikan pada tahun 1865. Dengan tradisi Swiss yang kuat, perusahaan ini memiliki tradisi panjang dalam melakukan bisnis di Asia, serta berakar kuat pada komunitas dan bisnis di seluruh Asia Pasifik.