Di Usia 25 Tahun, Bhinneka Jadi E-Commerce B2B Terbesar Indonesia

0 342

Sebagai pelopor e-commerce sekaligus toko online pertama di Indonesia sejak 15 Februari 1993, Bhinneka (sebelumnya disebut Bhinneka.Com) kini berusia 25 tahun.

“Dan saat ini, Bhinneka telah berhasil menjadi the biggest B2B (business-to-business) e-commerce player di Indonesia. Hal ini ditandai dengan sudah ada lebih dari 20 ribu perusahaan sebagai klien.” ucap founder dan CEO Bhinneka, Hendrik Tio.

Adapun perusahaan-perusahaan yang menjadi klien Bhinneka, mulai dari skala Small and Medium Businesses (SMB) atau usaha kecil dan menengah sampai level enterprise. Semuanya mendapatkan pelayanan menyeluruh, mulai pengadaan barang dan jasa, solusi, hingga servis.

“Klien Bhinneka Bisnis tersebar dari berbagai sektor. Begitu juga cakupan pelayanan yang dihadirkan melalui platform bisnis.bhinneka.com. Utamanya seperti bidang IT (information technology), perbankan dan jasa keuangan, perhotelan, jasa kesehatan, dan masih banyak lagi, termasuk instansi pemerintahan melalui e-katalog,” lanjutnya.

Komitmen Bhinneka sebagai mitra bisnis yang andal ditunjukkan dengan ketersediaan lebih dari 150 ribu Stock Keeping Unit (SKU) atau jenis produk, sampai Service Center Bhinneka, pusat perbaikan resmi untuk berbagai merek ternama. Tim Bhinneka Bisnis juga siap memberikan rekomendasi ideal sesuai bidang usaha para kliennya. Agar produk yang diadakan benar-benar efektif dan efisien, menghasilkan kemitraan yang saling menguntungkan.

Tidak hanya itu, Bhinneka juga terus memantapkan posisi secara Omnichannel. Di Jakarta dan Surabaya, ada Bhinneka Store yang sudah hadir sejak 2001, dan secara bertahap akan terus ditambah di beberapa wilayah potensial. Di kanal lainnya, transaksi juga dapat dilayani melalui telepon, email, dan berbagai media sosial. Semuanya tentu saja didukung oleh lebih dari 9 ribu suppliers, utamanya di kategori computer, communication, and consumer electronic (3C) yang merupakan core business Bhinneka selama ini, sembari terus memperluas variasi produk bagi konsumen.

“Bhinneka selalu berusaha menjalin dan meningkatkan kerja sama strategis bersama para brand and banking partners. Agar momen-momen seperti launching dan promo eksklusif yang menarik selalu ada setiap tahunnya. Di akhir 2017, Bhinneka resmi menjadi e-commerce Apple Authorized Reseller (AAR). Semua produk Apple yang tersedia merupakan unit resmi bergaransi. Ini nilai tambah lain yang bikin asli bikin tenang,” lanjutnya.

Dari data sepanjang 2017, ada sekitar 5 juta kunjungan individual (web traffic) ke situs Bhinneka.Com setiap bulan. Bhinneka optimistis, angka ini akan meningkat cukup signifikan di tahun 2018.

Sementara itu, di usia peraknya tahun ini, Bhinneka digerakkan oleh hampir seribu karyawan dan selalu membutuhkan talenta-talenta berkualitas dari seluruh Indonesia. Bhinneka akan terus aktif merekrut generasi muda untuk mengaplikasikan dan meningkatkan berbagai kemampuannya.

“Kami akan terus melakukan yang terbaik saat ini maupun di masa-masa mendatang. Dan apa yang telah dicapai Bhinneka di usia seperempat abad ini, semuanya tidak akan berjalan tanpa support dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. Terima kasih,” tutup Hendrik Tio.

Tak ketinggalan, sejumlah promo khusus dihadirkan untuk memeriahkan perayaan hari jadi ke-25 tahun Bhinneka. Diawali harga spesial “Rp 2.500” di semua Bhinneka Store sepanjang Januari kemarin, dan berlanjut dengan “Promo 25th Anniversary” berupa e-coupon potongan Rp100.000 sampai maksimal Rp500.000 di situs Bhinneka.Com.

Tentang Bhinneka

Bhinneka adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer/IT, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2001. Bhinneka hanya menjual produk-produk asli dan bergaransi resmi, serta memiliki pusat servisnya sendiri untuk layanan purnajual terbaik.

English English Indonesian Indonesian