AKR ditetapkan sebagai Badan Usaha Pelaksana P3JBT selama 5 tahun

62

Jakarta, Januari 2018 – PT AKR Corporindo Tbk (IDX ticker code: AKRA.IJ) melaporkan bahwa perusahaan telah ditetapkan oleh BPH Migas sebagai Badan Usaha Pelaksana Penugasan Penyediaan dan Pendistribusian Jenis BBM Tertentu untuk 5 tahun ke depan dari tahun 2018 sampai dengan 2022. Dalam penugasan tahun 2018, AKR mendapat kuota untuk mendistribusikan 250.000 KL solar di seluruh wilayah Indonesia. Penugasan tersebut dilakukan secara seremonial di acara “Penyerahan Surat Keputusan Penugasan Badan Usaha Pelaksana P3JBT dan P3JBKP Tahun 2018 sampai dengan 2022 ”.

Dalam acara yang bertempat di Gedung Sekretariat Kementerian ESDM pada hari Senin 8 Januari, hadir Menteri ESDM BapakIgnasius Jonan, Wakil Menteri ESDM Bapak Arcandra Tahar, Kepala BPH Migas Bapak Fanshurullah Asa, Ditjen Migas dansegenap jajarannya beserta Direktur Utama Pertamina Bapak Elia Massa Manik. Sementara dari AKR, hadir Bapak Haryanto Adikoesoemo selaku Presiden Direktur PT. AKR Corporindo Tbk, Bapak Jimmy Tandyo selaku CEO Business Unit dan Bapak Bambang Setiono selaku Direktur perusahaan.

Dalam sebuah konferensi pers, Bapak Haryanto Adikoesoemo menyatakan, “AKR berterima kasih terhadap Pemerintah danBPH Migas pada khususnya atas kepercayaannya dan menunjuk AKR sebagai Badan Usaha Pelaksana P3JBT. Penugasanselama 5 tahun ini juga membantu kami dalam hal kepastian dan perencanaan investasi di masa datang untuk melayani bangsa Indonesia”.

Menurut Kepala BPH Migas Bapak Fanshurullah Asa, “Setelah proses penilaian dan evaluasi teknis dan finansial, maka melalui sidang komite BPH Migas pada 27 November 2017 ditetapkan PT AKR sebagai pelaksana penugasan BBM tertentu”. Adapun tujuan dilakukannya penugasan selama 5 tahun adalah untuk memberikan ruang kepastian kepada Badan Usaha dalam merencanakan pengembangan infrastruktur BBM (Fasilitas Pendistribusian, Fasilitas Penyimpanan dan Penyalurnya), serta sebagai upaya untuk menimbulkan minat Badan Usaha untuk mengikuti Proses Pemilihan Badan Usaha Pelaksana P3JBT dan P3JBKP, sehingga Badan Usaha yang memiliki kemampuan teknis dan finansial diharapkan dapat mengembangkan infrastruktur BBM nya pada daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) guna mewujudkan jaminan ketersediaan BBM yang merata di seluruh wilayah NKRI.

Tentang PT AKR Corporindo Tbk.
PT AKR Corporindo Tbk (Perseroan) didirikan di Surabaya pada tahun 1977 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 199 4. Perseroan adalah perusahaan swasta terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang penyedia jasa distribusi BBM dan bahan kimia dasar. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan swasta nasional pertama yang ditunjuk oleh Pemerintah Indonesia untuk jasa pendistribusian BBM bersubsidi.
Selain itu, Perseroran juga bergerak dalam bidang penyedia jasa logistik dan infrastruktur dengan wilayah operasi meliputi Indonesia dan China. Melalui sejumlah anak perusahaan, Perseroan juga beroperasi di bidang manufaktur dan perdagangan batubara.