Optimisme Ekonomi Sumbang Sinyal Positif bagi Laju Ekonomi di Tengah Bayangan Sentimen Politik Indonesia Sepanjang 2018

JAKARTA, 22 November 2017 – PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia), kembali menyelenggarakan DBS Asian Insights Conference 2017, yang telah memasuki tahun kelima. Sebagai bank terkemuka yang lahir dan berkembang di Asia, DBS Indonesia senantiasa berkomitmen untuk menjadi institusi keuangan dalam memberikan wawasan komprehensif melalui berbagai riset dan kajian terkait kondisi perekonomian di kawasan Asia, salah satunya melalui perhelatan tahunan, DBS Asian Insights Conference.

Tahun ini, selain mempertemukan para tokoh intelektual, pejabat pemerintah, serta pakar di berbagai bidang, DBS Asian Insights Conference 2017 juga dihadiri oleh lebih dari 700 tamu undangan dari nasabah korporasi dan prioritas Bank DBS Indonesia, untuk membahas tema laju perekonomian Indonesia pada 2018 mendatang dalam tema “Accelerating Growth for Future Forward Indonesia”. Melalui tema ini Bank DBS Indonesia mengetengahkan peluang, tantangan, dan keunggulan Indonesia dalam era kebangkitan Asia di tahun 2018, terutama di tengah berjalannya pembangunan Indonesia maju dengan beragam tantangan ekonomi saat ini termasuk bayangan sentimen politik Indonesia sepanjang 2018.

Paulus Sutisna – President Director Bank DBS Indonesia, dalam sambutannya menyampaikan “Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia belakangan ini cukup memperlihatkan kinerja yang positif, mengingat pada kuartal III tahun ini, pertumbuhan ekonomi di seluruh provinsi di Indonesia mencatatkan kinerja positif. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang dapat mendorong bangkitnya ekonomi di Asia. Oleh karena itu, melalui DBS Asian Insights Conference tahun ini, kami ingin menggarisbawahi bagaimana Indonesia dapat memanfaatkan potensi dan kesempatan pertumbuhan ekonomi di 2018, di tengah berbagai pembangunan yang sedang berjalan di Indonesia.”

Lebih lanjut, DBS Asian Insights Conference 2017 membahas lebih mendalam mengenai tantangan dan peluang kondisi politik di Indonesia mendatang bagi laju pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi di Indonesia, serta potensi perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Suahasil Nazara – Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemeterian Keuangan Republik Indonesia, dalam pidatonya pada DBS Asian Insights Conference 2017 menyebutkan bahwa tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup stabil dan memberikan sinyal positif, mengingat Indonesia yang berada pada jalur pertumbuhan ekonomi yang membaik. Suahasil mengatakan, “Apabila kita yakin pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun ini berada pada angka 5,1%-5,2%, maka dapat diproyeksikan di 2018, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada angka 5,4%.” Peningkatan ekonomi Indonesia tahun ini merupakan hasil dari berbagai macam perbaikan yang dilakukan pemerintah, seperti perbaikan listrik di berbagai wilayah Indonesia, penekanan dwelling time, dan beberapa elemen lainnya yang dapat menjadi magnet bagi para pelaku ekspor impor. Oleh karena itu, ekonomi Indonesia pada 2018 diproyeksikan akan membaik, walaupun dengan beberapa resiko dan tantangan yang masih ada.

Baca juga  Penjelasan Operasional dan Penanganan Penumpang Wings Air Penerbangan IW-1628 Rute Nabire ke Jayapura

Sementara itu, Lili Yan Ing – Staf Khusus Bidang Isu-isu Strategis Hubungan Internasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dalam pidato di DBS Asian Insights Conference 2017 memaparkan bahwa negara-negara Asia, termasuk Indonesia, saat ini memegang kendali atas market share manufaktur terbesar di dunia. Indonesia berada di posisi ke-empat dalam hal market share manufaktur di dunia setelah China, Korea, dan India. Lebih lanjut, Lili mengatakan “Tahun 2017 merupakan tahun dimana dunia mengalami pertumbuhan ekonomi paling tinggi setelah global financial crisis, dunia mencatat pertumbuhan pada level 3,6%, negara-negara maju mencatat pertumbuhan pada 2,2%, sedangkan negara-negara berkembang mencatat pertumbuhan 4,6%, dan Indonesia mencatat 5,2% termasuk negara-negara yang paling tinggi mencatat tingkat pertumbuhan.” Salah satu faktor penyumbang tingginya angka pertumbuhan di negara-negara Asia, khususnya Asia Timur, karena adanya penerapan global value change, dimana masing-masing negara memproduksi barang-barang kemudian saling bertukar satu sama lain. Lebih lanjut, Lili Yan menggarisbawahi potensi yang dimiliki Indonesia untuk menjadi pemimpin ekonomi terbesar ketiga di Asia pada 2025. Pada sektor perdagangan, salah satu faktor yang menjadi fokus pemerintah adalah bagaimana Indonesia dapat berekspansi ke negara-negara trading partners agar para pelaku usaha di Indonesia mendapatkan akses pasar dunia yang lebih luas. Dalam hal ini, pemerintah juga menekankan peran aktif dari para pihak swasta, khususnya perbankan, dalam mendukung permodalan bagi sektor manufaktur di Indonesia.

Lebih lanjut, target pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk dapat menjadi pemimpin ekonomi terbesar di Asia dinilai masih memiliki beberapa tantangan dan potensi. Muhammad Chatib Basri – International Trade, Macroeconomics and Political Economy Expert mengatakan bahwa “Indonesia akan melewati bonus demografi, dimana jumlah penduduk usia muda dan produktif akan melonjak, dan daya konsumsinya pun tinggi. Hal ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi yang saat ini telah mencapai 5% dan mempersiapkan negara kita dalam menghadapi Aging Population dimana populasi menua meningkat, tidak ada income bagi negara namun pengeluaran tetap harus dianggarkan. Kita harus optimis menghadapi tantangan perekonomian ini.”

Baca juga  Sucofindo Hadir di Yogyakarta, Dukung Pengusaha untuk Peningkatan Daya Saing

Pada diskusi panel yang DBS Asian Insights Conference 2017, berbagai guncangan politik yang terjadi di Indonesia dinilai tidak memengaruhi laju pertumbuhan ekonomi tahun mendatang. Burhanuddin Muhtadi – Executive Director of Indonesian Politic Indicator and Research Institution of Indonesia, menyampaikan pendapatnya mengenai kondisi politik di Indonesia yang seringkali dinilai bersinggungan dengan pertumbuhan ekonomi di tanah air, “Banyak yang menilai politik di Indonesia cenderung tidak stabil. Namun, ini sejatinya hanyalah guncangan, bahkan kita selalu dapat menanganinya. Namun saya menilai gejolak politik ini tidak akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia, karena yang terpenting adalah persepsi positif masyarakat terhadap ekonomi itu sendiri,”

Sementara itu, Gundy Cahyadi – Economist, DBS Group Research, memaparkan bahwa dalam perkiraan DBS Group Research, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan sedikit membaik di tahun depan, yaitu berada pada angka 5,3%, dibandingkan 5,1% tahun ini. Perbaikan pada investasi akan akan terus berjalan. Harga komoditas yang lebih tinggi juga merupakan satu faktor positif untuk perekonomian Indonesia. Namun demikian, Gundy menyatakan bahwa hal ini masih di bawah potensi Indonesia. Adanya tanda-tanda bahwa “hangover dari commodity crash” masih memengaruhi perekonomian Indonesia saat ini.

Terkait dengan tren rupiah dalam beberapa waktu ke depan, DBS Group Research memperkirakan bahwa potensi penguatan USD akan menjadi tema utama di tahun 2018. USD diperkirakan akan menguat kepada hampir semua mata uang dunia lainnya, termasuk rupiah. Gundy menambahkan “Jadi kalaupun rupiah melemah terhadap USD, ini terjadi bukan karena fundamental Indonesia yang memburuk, tetapi karena USD yang menguat”.

Menutup DBS Asian Insights Conference 2017, seluruh pembicara sepakat bahwa laju ekonomi Indonesia 2018 akan semakin membaik, yang tentunya perlu diiringi oleh optimisme dalam menghadapi agenda politik dalam negeri serta tantangan ekonomi lainnya saat ini.

Tentang DBS

DBS – Living, Breathing Asia
DBS adalah layanan finansial terdepan di Asia, dengan lebih dari 280 cabang di 18 negara. Berkantor pusat di Singapura dan merupakan emiten Bursa Efek Singapura, DBS memiliki pertumbuhan yang pesat di tiga wilayah Asia: Cina Daratan, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Posisi utama DBS, dan juga predikat “AA-“ dan “Aa1” yang diperolehnya, merupakan yang tertinggi di Asia-Pasifik.

DBS berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital guna membentuk masa depan perbankan, dan dinobatkan sebagai “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney. DBS juga diakui kepemimpinannya di wilayah ini yang dibuktikan dengan diberikannya penghargaan “Asia’s Best Bank” oleh The Banker dan Euromoney, dan penghargaan “Asian Bank of the Year” oleh IFR Asia. Bank ini juga dianugerahi penghargaan “Safest Bank in Asia” oleh Global Finance selama Sembilan tahun berturut-turut dari 2009 hingga 2017.

Baca juga  Penjelasan Wings Air Terhadap Penanganan Salah Satu Kopilot (First Officer)

DBS menyediakan banyak layanan perbankan di segmen konsumen, usaha kecil dan menengah (SME) serta korporasi. Sebagai bank yang tumbuh dan berkembang di Asia, DBS memahami lika-liku bisnis di pasar-pasar paling dinamis di wilayah Asia. DBS berkomitmen untuk membangun hubungan jangka panjang dengan para nasabahnya, dan memberi dampak positif bagi komunitas dengan dukungan kepada wirausaha sosial, sejalan dengan karakteristik praktik bisnisnya yang sangat Asia. DBS juga telah menggelontorkan bantuan sebesar SGD 50 juta untuk memperkuat tanggung jawab sosial perusahaannya di Singapura dan wilayah Asia lainnya.

Dengan jaringannya yang kuat di Asia dan penekanan pada keterlibatan dan pemberdayaan staf mereka, DBS membuka kesempatan berkarier yang menyenangkan. DBS mengakui minat, komitmen, dan semangat kerja pada lebih dari 22,000 staf mereka, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi www.dbs.com.

Tentang PT Bank DBS Indonesia
Didirikan pada 1989, dan menjadi bagian dari kelompok usaha DBS Group di Singapura, PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) merupakan salah satu bank yang telah berdiri lama di Asia. Dengan 44 cabang dan 1.600 karyawan aktif di 13 kota besar di Indonesia, Bank DBS Indonesia menyediakan layanan perbankan menyeluruh untuk korporasi, usaha kecil dan menengah (SME), dan aktivitas perbankan konsumen. DBS Indonesia juga merupakan penerima predikat ‘Sangat Baik’ untuk kategori Aset Rp50 Triliun sampai dengan di bawah Rp100 Triliun dari Infobank. Untuk berkontribusi lebih terhadap masyarakat, Bank DBS Indonesia turut mendorong pengembangan wirausaha sosial sebagai fokus area tanggung jawab sosial perusahaan.Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik www.dbs.com/id