JAKARTA, 28 FEBRUARI 2020 – Perubahan pola komunikasi yang terjadi di era digital dewasa ini telah menjadikan arus informasi mengalir dengan deras dan cepat. Dimana pola-pola komunikasi digital hadir sebagai channel yang efektif dalam pengiriman pesan ke target audience yang diinginkan.
Dengan hadirnya era digital dan terjadinya pergeseran pola komunikasi, menjadi momentum bagi praktisi Public Relations (PR) untuk mampu berubah dan beradaptasi dengan pola komunikasi digital.
Untuk itu, TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting terkemuka mendedikasikan diri terhadap penelitian perkembangan brand & bisnis di Indonesia melakukan survey Top Digital PR Index yang dilakukan sepanjang September 2019 hingga Januari 2020 terhadap 1.000 perusahaan dari 105 kategori produk atau jasa dan 583 perusahaan publik dari 43 kategori industri.
Metode penelitian ini menggunakan quantitative survey, dengan tehnik pengambilan data menggunakan desk research melalui tiga parameter penilaian Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect dan Digital Mention Aspect. Sementara penilaian untuk perusahaan publik berdasarkan tiga penilaian; Digital media Aspect, Digital Sentiment Aspect dan Digital Awareness Aspect.
Tri Raharjo selaku Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia mengatakan, dari 105 kategori produk atau jasa yang tersurvei, pihaknya telah menyaring TOP 5 Digital PR Index 2020, Dimana kategori “MOBIL” telah menempati urutan teratas dengan torehan index mencapai 13,04% dan telah diulas sebanyak 853.840 pemberitaan dalam setahun terakhir. Sementara berdasarkan pencarian di lima halaman search engine news, kategori ini memiliki persentase 97,38% berita positif dan 2,62% berita negatif. Tak heran kalau di sosial media, kategori ini juga memiliki banyak penggemar di Facebook hingga mencapai 32.752.162 penggemar.
“Tentunya ini menjadi bukti keberhasilan atas kinerja positif dalam membangun reputasi brand, kredibilitas serta kepercayaan publik, terutama untuk kategori MOBIL,” ungkap Tri Raharjo yang juga menjabat sebagai Chairman Indonesia Brand Network (IBN) saat menggelar konferensi pers dalam acara malam penganugerahan ‘Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020’ di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (28/2).
Kemudian di urutan kedua, Tri melanjutkan, berdasarkan hasil survei ditempati oleh kategori “MOTOR” dengan total index mencapai 11,87% dan 737.300 pemberitaan yang terdiri dari 99,14% berita positif dan 0,86% berita negatif. Sementara di sosial media, kategori ini memiliki 1.323.907 pengikut di Instagram. Lalu di peringkat ketiga ada kategori “BANK” yang sukses dengan torehan total index mencapai 7,13% dan 389.510 pemberitaan.
“Sementara di urutan keempat dan kelima berhasil ditempati oleh kategori ‘SMARTPHONE’ dan ‘ONLINE TRANSPORTATION’ dengan total index masing-masing 6,05% dan 3,57%. Sementara pemberitaan dalam setahun terakhir untuk masing-masing kategori ini adalah 236.110 dan 192.400 pemberitaan. Kedua kategori ini berhasil menorehkan 100% berita positif berdasarkan pencarian pada di lima halaman search engine,” paparnya.
Melihat hasil tersebut, boleh dibilang perusahaan-perusahaan yang mengacu pada kategori tersebut telah mampu memanfaatkan secara maksimal peran Digital PR-nya dalam membangun kepercayaan konsumen untuk dapat terus memacu pertumbuhan perusahaan di tengah era digitalisasi saat ini.
Penghargaan Top Digital Public Relations Award 2020
Untuk mengukur efektivitas Public Relations (PR) di era digital, media INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia untuk ketiga kalinya kembali menyelenggarakan malam penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020 di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Jumat (28/2).
Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020 adalah sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan yang berhasil memanfaatkan Digital Public Relations dalam membangun komunikasi, menjalin engagement, dan membangun reputasi brand atau perusahaan di ranah digital.
Berbeda dari tahun sebelumnya, penghargaan Top Digital Public Relations Award kali ini turut menghadirkan perusahaan publik yang telah berhasil mambangun komunikasi, corporate awareness dan reputasi perusahaan dimata publik.
Selain itu, penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020 juga dikemas dengan acara seminar bertajuk “Public Relation in The Era of Artificial Intelligence” yang disampaikan langsung oleh Dr. N. Nurlaela Arief, MBA selaku Director of Communication and Alumni Relations School of Business and Management (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB).
Menurutnya, dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, tentunya beberapa aktivitas Public Relations akan terancam oleh kehadiran Artificial Intelligence. Oleh karena itu, praktisi Public Relations harus memiliki kemampuan-kemampuan khusus sehingga dapat mengetahui sekaligus memprediksi sebuah peristiwa yang akan terjadi ke depannya,
“Artinya kompetisi Public Relations saat ini adalah mampu menganalisis data, menggandeng influencer, mengoptimalkan media sosial dan memiliki content creator yang menghasilkan konten menarik sehingga dapat diterima dengan mudah dan baik oleh publik,” kata Lala, sapaan akrab Dr. N. Nurlaela Arief, MBA yang dikutip dari seminarnya.
Adapun para peraih Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020 yaitu GS Astra (Kategori Aki), United Tractors (Kategori Alat Berat/Tractors), KFC (Kategori Fast Food), Dermaster (Kategori Klinik Kecantikan), Pegadaian (Kategori Gadai), BNI Syariah (Kategori Bank Syariah), PT Telkom Indonesia Tbk (Kategori Infrastucture, Utilities and Transportation- telecommunication), Confidence (Kategori Adult Diapers) dan Sharp (Kategori TV, Mesin Cuci dan Air Conditioner).
Kemudian GT Radial (Kategori Ban Mobil), Kibif (Kategori Frozen Food), Softex (Kategori Pembalut Wanita), Asuransi Allianz (Kategori Asuransi), Tekiro (Kategori Tools), Sweety (Kategori Popok Bayi), Vinilon (Kategori Pipa PVC), McDonald’s (Kategori Fast Food), Eagle (Kategori Footwear) dan Komatsu (Kategori Alat Berat/Tractors), dan brand-brand lainnya. “Untuk itu kami ucapkan selamat kepada perusahaan-perusahaan yang telah berhasil meraih Top Digital PR Award 2020,” kata Tri Raharjo.
Launching Annual Achievement Report;
500 Brand Champions & Indonesia Corporate Brand Champions 2020
Selain itu, dalam kesempatan yang sama, media INFOBRAND.ID juga sukses meluncurkan Annual Achievement Report 500 Brand Champions & Indonesia Corporate Brand Champions 2020 yang merupakan rangkuman atas keberhasilan brand-brand dalam meraih prestasi dan penghargaan bergengsi baik nasional maupun internasional sepanjang satu tahun terakhir.
Brand-brand yang masuk dalam Annual Achievement Report 500 Brand Champions & Indonesia Corporate Brand Champions tentunya unggul berdasarkan 3 aspek; popularitas merek secara offline maupun online, dominasi market share serta berhasil menciptakan loyalitas konsumen, ungkap Editor In Chief INFOBRAND.ID, Panji Nurdiyan Syah.