Toyota Raih Gelar Sebagai Merk Mobil Terpopuler di Indonesia

Jakarta – Eksistensi Toyota sebagai sebuah merk produk otomotif terkemuka di Indonesia dan keseriusan PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai perusahaan agen pemegang merk (APM) Toyota untuk senantiasa menjaga dan memelihara eksistensi merk tersebut kembali mendapat apresiasi dari masyarakat.

Dalam ajang WOW Brand Festive Day 2018 yang digelar MarkPlus Inc., Toyota tak hanya meraih WOW Brand 2018 dengan gelar Gold Champion untuk kategori merk mobil namun juga Indonesia Branding Campaign of the Year 2018 dengan gelar Silver Champion atas berbagai strategi pemasaran yang dilakukan TAM di bidang digital marketing. Selain itu Toyota juga meraih pengahargaan Brand for Good dan TOP 50 Indonesia Wow Brand 2018.

“Terimakasih atas apresiasi yang diberikan masyarakat sehingga Toyota meraih penghargaan WOW Brand 2018, Indonesia Branding Campaign of the Year 2018, Brand for Good, dan TOP 50 Indonesia WOW Brand 2018. Penghargaan ini akan menjadi pemicu bagi kami untuk senantiasa menjaga, memelihara dan makin meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan terhadap produk, teknologi dan layanan Toyota yang sudah melekat dan menjadi pilihan di segmennya masing-masing selama ini,” kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Baca juga  Menko Luhut Apresiasi Dukungan Tim ICOM untuk Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018

WOW Brand Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada brand yang tidak hanya populer tetapi juga harus mampu membuat konsumen untuk merekomendasikanya. Toyota terpilih sebagai salah satu merk terbaik di Indonesia untuk kategori mobil didasarkan atas survey Indonesia WOW Brand 2017 terhadap 5.800 responden di beberapa kota besar di Indonesia. Survey ini mengacu kepada konsep WOW Marketing yang mengadopsi konsep pemasaran Prof. Philip Kotler, Father of Modern Marketing. Berdasarkan hasil survey tersebut, Markplus telah mendapatkan brand-brand terbaik Indonesia yang disebut dengan Indonesia WOW Brand 2018, dan salah satunya adalah Toyota.

Sementara itu, Indonesia Branding Campaign of the Year 2018 merupakan ajang bagi brand atau perusahaan untuk membuktikan pengaruhnya yang tinggi di masyarakat melalui campaign pemasaran yang dilakukan sepanjang tahun 2017 dengan menyampaikan informasi terkait dengan strategi, eksekusi, dan hasil yang telah diraih. TAM sukses meraih Indonesia Branding Campaign of the Year 2018 karena dinilai berhasil dalam upayanya menjaga eksistensi dan makin meningkatkan awareness pelanggan terhadap Toyota, sebagai salah satu merk produk otomotif terkemuka dunia yang telah lama hadir di Indonesia, termasuk menjadi market leader.

Salah satu upaya yang senantiasa dilakukan TAM dalam menjaga eksistensi merk Toyota di tengah masyarakat yaitu melalui digital marketing. TAM baru-baru ini juga berhasil meraih penghargaan Silver Play Button dari Google Indonesia. Apresiasi tersebut diperoleh karena TAM dinilai sukses memanfaatkan saluran digital dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui pengelolaan Youtube Channel Toyota Indonesia yang mencatatkan subscriber di atas angka 100.000. Penghargaan ini sekaligus menunjukkan keseriusan Toyota dalam memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta membangun engagement antara Toyota dan pelanggan di era digital saat ini.

Baca juga  WANI DONOR, Donor Darah Bertema Bonek ala Best Western Papilio Hotel

Komitmen dan pemanfaatan saluran digital merupakan bagian strategi TAM untuk menyiasati iklim kompetisi pasar otomotif yang semakin ketat, serta kondisi konsumen yang semakin cerdas dan kritis. Selain Youtube Channel dan website, untuk memudahkan pelanggan mengakses berbagai informasi tentang produk, teknologi dan layanan Toyota, TAM juga concern memanfaatkan penggunaan saluran digital untuk social media seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

“Pemanfaatan kanal Youtube, website dan social media kami harapkan dapat menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam menjaga eksistensinya sebagai market leader di pasar otomotif nasional. Melalui penggunaan saluran digital tersebut Toyota setidaknya dapat menyesuaikan strategi komunikasi masing-masing produk dan layanan yang dimiliki sehingga sasaran target komunikasinya pun menjadi lebih tepat,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto.

Baca juga  Pertunjukan Seni Menggelegar Aspeltaj: Keajaiban Budaya Gratis di Taman Budaya Surabaya!

Sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond, TAM melalui tiga pilar Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service sukses memperkuat positioning produk-produk Toyota di pasar otomotif nasional seperti terlihat dari pangsa pasar Toyota rata-rata di atas 30%. Berbagai produk baru yang lahir dalam semangat Let’s Go Beyond seperti, All New Avanza-Veloz, All New Kijang Innova, All New Fortuner, All New Sienta, Toyota Calya, All New Voxy, New Rush dan New Yaris berhasil mencatatkan kinerja penjualan yang baik.

“Inovasi senantiasa kami lakukan untuk menghadirkan product line-up yang lengkap, teknologi yang sesuai kebutuhan, menjaga kualitas, serta menghadirkan aftersales service yang prima untuk memberikan peace of mind bagi pelanggan agar mereka mendapatkan Total Ownership Experience dari mobil Toyota,” ucap Soerjopranoto.