Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Gelar Pameran Obat Tradisioanal

0 16

Pola hidup modern yang menerpa rakyat Indonesia menjadi problematika tersendiri terhadap pelestarian budaya lokal. Untuk membangun perhatian terhadap kekayaan dan budaya lokal UPT Perpustakaan menggelar pameran bertema “Obat Tradisional dari Mbah”, di Hall Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (9/5).

Kepala UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dra. Labibah, M.LIS. mengatakan pameran ini sebagai upaya preservasi masyarakat terhadap kearifan lokal. Kita tumbuhkan kepada sivitas akademika khususnya Prodi Ilmu Perpustakaan  Fakultas Adab dan Ilmu Budaya.

“ Mereka merancang pameran dengan mencari sumber dari otoritasnya dan mewawancarai kepada narasumber. Kemudian mendokumentasikan dan menampilkan dalam display mengenai filosofi, manfaat dan  keberadaan obat tradisional di lingkungan masyarakat. Dari usaha mahasiswa tersebut ada 12 stand dengan tema yang berbeda-beda”, kata Labibah.

Labibah berpesan kepada masyarakat agar melihat dan mendokumentasi kearifan budaya yang ada di sekitar tempat tinggal. Hal itu dilakukan karena penting agar budaya lokal tidak hilang di telan zaman. “ Dokumentasi masyarakat bisa bentuk tulis atau gambar yang bisa dirawat dan pelihara keberadaannya” ucap Labibah.

English English Indonesian Indonesian