Permintaan Maaf Batik Air atas Keterlambatan Penerbangan ID-6141 Ternate-Jakarta pada 7 Mei 2023

Batik Air (kode penerbangan ID), yang merupakan bagian dari Lion Air Group, dengan tulus meminta maaf kepada seluruh tamu (sebutan untuk penumpang) yang terdampak keterlambatan keberangkatan penerbangan Ternate (TTE) – Jakarta (CGK) pada Minggu (07/05). Batik Air ingin menekankan bahwa keamanan dan keselamatan penumpang adalah prioritas utama penerbangan dan setiap keputusan terkait operasional penerbangan didasarkan pada pertimbangan yang sangat serius terhadap faktor-faktor keamanan.

Selama proses pemeriksaan pra-keberangkatan rutin (pre-flight check) penerbangan nomor ID-6141, yang menggunakan pesawat Boeing 737-800NG dengan registrasi PK-LBK, teknisi dan pilot menemukan indikasi keretakan pada kaca kokpit bagian luar sebelah kiri. Mengingat pentingnya menjaga keamanan penerbangan, indikasi keretakan tersebut harus segera ditangani. Batik Air menunjukkan ketaatan dan komitmen yang tinggi terhadap keselamatan penerbangan dengan melaksanakan pengecekan sebelum keberangkatan secara terperinci dan menyeluruh terhadap semua sistem dan komponen pesawat, termasuk kaca kokpit.

Baca juga  Manulife Indonesia Memperkenalkan Manulife Pro, Program Penghargaan untuk Life Planners Berkinerja Tinggi

Teknisi dan pilot segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna mengatasi kendala tersebut. Namun, waktu yang diperlukan dalam melakukan pengerjaan tersebut menyebabkan keterlambatan penerbangan Ternate-Jakarta yang dijadwalkan mengudara dari Bandar Udara Sultan Babullah pukul 09.00 WIT (GMT+09).

Untuk mengatasi keterlambatan ini dan memastikan kenyamanan penumpang, Batik Air telah melakukan tindakan berikut:

  1. Perbaikan Segera. Tim teknis telah bekerja dengan cepat dalam memperbaiki indikasi keretakan pada kaca kokpit bagian kiri pesawat. Batik Air memberikan prioritas tertinggi pada perbaikan tanpa mengabaikan standar keselamatan yang tinggi.
  2. Penjadwalan Ulang. Batik Air melakukan upaya maksimal dengan mengatur ulang jadwal para penumpang. Tim layanan pelanggan Batik Air di Ternate menghubungi langsung penumpang di bandar udara yang terganggu perjalanannya dengan menyampaikan informasi lebih lanjut termasuk mengenai penjadwalan ulang keberangkatan.
  3. Kompensasi. Batik Air memahami ketidaknyamanan yang terjadi dari keterlambatan ini bagi penumpang. Oleh karena itu, Batik Air memberikan kompensasi (delay management) menurut ketentuan atau aturan yang berlaku kepada penumpang.
  4. Pesawat Pengganti. Dikarenakan pengerjaan perbaikan membutuhkan waktu ekstra, Batik Air memutuskan untuk mendatangkan pesawat pengganti dari Makassar (UPG) yaitu Airbus 320-200 registrasi PK-LUH sebagai upaya mengutamakan kelancaran perjalanan para penumpang. Pesawat  tiba di Ternate (TTE) pukul 13.50 WIT. Batik Air telah menerbangkan kembali penerbangan nomor  ID-6141, pesawat mengudara pukul 16.08 WIT dari Bandar Udara Sultan Babullah dan memiliki waktu  kedatangan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang pukul 17.27 WIB (GMT+ 07).
Penulis: Luthfan Wira Alfiqri