Pekalongan Balloon Festival 2023

PEKALONGAN – Kota Pekalongan akan menyelenggarakan Festival Balon pada 29 April 2023 mendatang. Masyarakat menyambut antusias dengan festival ini, terbukti dengan puluhan peserta yang segera mendaftar. Selepas kebijakan lockdown dari pemerintah, festival ini telah diselenggarakan tahun 2022 lalu dan berjalan sukses. Festival ini menjadi tradisi unik Kota Pekalongan.

Meriahnya festival balon tahun lalu. Foto: pekalongankota

Priyadi, Ketua Komunitas Sedulur Balon Pekalongan, mengumumkan bahwa lokasi di Lapangan Mataram yang semula direncanakan Wali Kota Pekalongan telah diubah menjadi Stadion Hoegeng. Konsep yang diterapkan kemungkinan besar seperti festival balon terakhir, berlangsung setelah matahari terbit atau sekitar 5:30 pagi waktu setempat. Seperti kompetisi pada umumnya, acara ini disertai hiburan dan banyak UMKM ikut memeriahkan acara. Kemudian malam harinya ada beragam hiburan di Taman Wisata Laut Pasir Kencana.

Dinparbudpora Kota Pekalongan

Peraturan Festival Balon

Balon yang diterbangkan akan sangat membahayakan jika tidak mengikuti peraturan. Bahaya yang dapat ditimbulkan seperti mengganggu penerbangan, terkena kabel listrik, tersangkut di perumahan warga dan sebagainya. Sanksinya tidak main-main: penjara maksimal 2 tahun dan denda maksimal 500 juta. Sanksi tersebut berdasarkan UU nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Berikut peraturan yang agar festival berjalan aman dan nyaman:

  1. Tinggi Balon Maksimal 7 meter
  2. Ditambatkan dengan tali sehingga tidak bergerak bebas. Panjang tali maksimal 150 meter dan diberi penanda.
  3. Diameter balon maksimal 4 meter
  4. Dilarang membuang arang bahan bakar keluar tungku
  5. Bahan bakar dari batok kelapa, atau potongan kayu

Peraturan tersebut diinformasikan kepada masyarakat agar mengetahui bahwa festival berjalan dengan aman mengutamakan keselamatan. Pendaftaran peserta juga sudah ditutup.

Priyadi menjelaskan, untuk ukuran balon standar ditetapkan 4×7 meter tapi biasanya ditambah sedikit sampai 5×8. Terkait lokasi, Ketua Komunitas Sedulur Balon Pekalongan tersebut juga menekankan penggunaan tungku yang ramah lingkungan karena bertempat di stadion, rumput stadion tidak boleh rusak. Priyadi mengancam untuk peserta jika melanggar peraturan tersebut maka akan didiskualifikasi.

Pemenang Lomba

Pemenang lomba akan diumumkan di Pantai Pasir Kencana. Acara akan dimulai pukul 16:30 waktu setempat. Selain pengumuman pemenang lomba balon festival, acara tersebut juga akan menyuguhkan pertunjukan musik.

Sumber: Dinparbudpora Kota Pekalongan

Related posts

Leave a Reply