Menjawab Tantangan Revolusi Industri, EEDays 2018 ITB Pamerkan 46 Karya TA Mahasiswa

0 32

BANDUNG – Sebanyak 46 karya tugas akhir (TA) mahasiswa Teknik Elektro Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB akan dipamerkan di EEDays 2018 (Electrical Engineering Days). Ajang tahunan ini, digelar dalam rangka publikasi sekaligus wadah bertemunya para mahasiswa dengan alumni dan industri.

Sebagai Entrepreneurial University, EEDays 2018 merupakan salah satu sarana untuk menampilkan keunggulan di bidang pendidikan, penelitian, serta hasil karya dan inovasi ITB. “Program studi Teknik Elektro ITB telah bereputasi internasional dan merupakan prodi pertama meraih akreditasi (internasional) ABET di Indonesia,” ungkap Arif Sasongko ST,MT,Ph.D., Ketua Prodi Sarjana Teknik Elektro ITB.

Menjawab tantangan dunia profesi insinyur, evaluasi dan perbaikan di bidang pendidikan tinggi terus menerus dilakukan untuk mnghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter. “TA Capstone Design yang dirangkai dengan kegiatan puncak Electrical Engineering Days (EE Days) adalah salah satu jawaban Program Studi Teknik Elektro akan tantangan dunia keprofesian yang membutuhkan calon profesional yang memiliki excellence dalam pengetahuan, keterampilan, sekaligus kemampuan bekerjasama,” kata Arif dalam siaran persnya.

Disini, mahasiswa tingkat akhir harus merancang suatu produk rekayasa/engineering product untuk memecahkan masalah yang nyata menggunakan metodologi yang sistematis. “Beberapa topik tugas akhir ini berasal dari industri atau perusahaan,” ujar Arif.

Selanjutnya, TA ini diakhiri dengan EEDays. Para mahasiswa tingkat akhir Program Studi Teknik Elektro akan menghadapi evaluasi sidang tugas akhir di depan para penguji dari dosen dan kalangan profesional untuk mengevaluasi proses problem solving dari sebuah engineering problem yang menjadi topik tugas akhirnya. “Topik dan pengerjaan tugas akhir sendiri dirancang sedemikian rupa sehingga harus dikerjakan terintegrasi dalam sebuah tim kerja, sehingga kerjasama tim para mahasiswa dapat dilatih dan dikembangkan,” pungkasnya.

EEDays 2018 akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 22 sampai 24 Mei. Bertempat di Aula Timur ITB, dengan melibatkan 138 orang mahasiswa, dosen, dan himpunan mahasiswa Teknik Elektro. Kegiatan ini juga menampilkan pembicara seminar yang mumpuni di bidangnya. Mereka adalah M. Ali Fahmi, Country Director dari SIGFOX Indonesia (22/5/2018), Hendra Kesuma, Engineer dari Technologist at Airbus Defence and Space (23/5/2018) , kemudian praktisi dari PT. MRT Jakarta (24/5/2018), dan Roni Kumar, Vice President Signaling dari PT. KAI (24/5/2018).

English English Indonesian Indonesian