Mau Untung Lebih Banyak saat Ramadan? Simak 4 Tips Untuk UMKM Kuliner dari GrabAds Berikut Ini!

Jakarta, 27 Maret 2023 – Banyak masyarakat yang telah mempersiapkan diri untuk beraktivitas  di bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri, termasuk para pelaku usaha yang bisa  memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan penjualan.  

GrabAds belum lama ini merilis data bahwa 9 dari 10 pengguna Grab di Indonesia berencana  untuk menggunakan layanan pesan-antar makanan selama bulan Ramadan1, dan kebanyakan  dari mereka memesan dengan jumlah yang lebih besar. Hal ini menciptakan peluang yang besar  juga bagi pelaku usaha kuliner, khususnya UMKM. 

Untuk membantu para pelaku UMKM kuliner meningkatkan penjualannya serta menjangkau lebih  banyak konsumen melalui iklan, GrabAds memberikan 4 tips penting sebagai berikut:  

  1. Antisipasi jam-jam sibuk selama Ramadan. Sebanyak 39% konsumen mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk membuat pesanan buka puasa antara jam 12:00-17:00 WIB2, sedangkan 40% lainnya mengungkapkan akan  memesan makanan antara jam 17.00-19.003 WIB. Data internal Grab menunjukkan  bahwa pesanan GrabFood juga mengalami peningkatan yang signifikan sebelum  sahur, yaitu lebih dari 200% di antara jam 1:00-4:00 WIB. Jam-jam ini tentunya  membuka peluang bagi pelaku UMKM kuliner untuk menjalankan iklan yang menarik  bagi pelanggan pada rentang waktu tersebut. Selain itu, data Grab juga menunjukkan  bahwa konsumen di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menghabiskan rata-rata 17  menit untuk mencari dan menelusuri katalog restoran di GrabFood sebelum memesan  makanan4. Mengacu pada data tersebut, pelaku UMKM kuliner bisa memanfaatkan  iklan penelusuran untuk meningkatkan penjualan di jam-jam sibuk saat bulan  Ramadan.  
  2. Buat iklan yang mencerminkan preferensi konsumen selama Ramadan. Di bulan yang identik dengan kebersamaan, menghadirkan paket menu yang dapat dinikmati lima orang atau lebih dapat meningkatkan penjualan selama bulan Ramadan. Data  Grab menunjukkan bahwa konsumen di Indonesia sering memesan menu favorit  keluarga seperti Nasi Rendang dan Nasi Goreng dengan tambahan hidangan penutup  yang manis, seperti es krim, brownies, dan donat. Tercatat bahwa selama Idul Fitri terdapat lebih dari 500 jumlah pesanan makanan manis setiap jamnya5. Melihat  besarnya peluang-peluang pada bulan Ramadan, pelaku UMKM kuliner harus  memastikan iklan yang dibuat mencakup menu dengan porsi keluarga dan mencakup  hidangan manis untuk mendapatkan hasil yang optimal dari iklan yang ditayangkan.  
  3. Jangan lupakan pelanggan lama. Beriklan tidaklah hanya untuk menjangkau  pelanggan baru. Nyatanya, pelanggan lama masih terus mencari menu yang terbaik  dan membandingkan restoran favorit mereka dengan restoran pesaing lainnya. Maka  dari itu, pelaku UMKM kuliner harus memastikan bahwa iklan yang dibuat juga  menjangkau konsumen yang sudah mengenal restoran Anda.  Melinda Savitri, Country Marketing Head Grab Indonesia menjelaskan, “Ramadan membuka  peluang besar bagi pelaku bisnis untuk berpartisipasi dalam aktivitas konsumen. Dengan  memanfaatkan fitur iklan, pelaku UMKM kuliner dapat terhubung dengan konsumen yang sedang  mencari menu terbaik untuk sahur dan buka puasa.” 

    Pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan tren-tren tersebut dengan beriklan dapat menggunakan  fitur GrabAds Ad Manager yang memungkinkan para merchant untuk membuat iklan penelusuran  dan iklan gambar saat mempromosikan bisnis mereka di GrabFood dengan tiga langkah mudah.  Melalui Ad Manager, pelaku merchant kuliner dapat membuat iklan Ramadan yang muncul dalam 

    mesin pencarian GrabFood, dan iklan bergambar yang muncul pada halaman awal GrabFood.  Fitur iklan ini tentunya dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan restoran, serta dapat  membantu merchant untuk memantau dan mengukur hasil dari iklan yang dijalankan. Ad  Manager juga dapat mendukung aktivitas promosional lainnya seperti promo yang ditawarkan  Grab Marketing Services (GMS).  

    “UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dan GrabAds merasa sangat  bangga dapat membantu mereka untuk meningkatkan penjualan di momen-momen perayaan  besar seperti bulan Ramadan,” tutup Melinda

  4. Jalankan iklan selama bulan Ramadan hingga ke Hari Raya Idul Fitri. Data GrabAds menunjukkan bahwa iklan yang bertahan 4 minggu atau lebih memiliki performa 15%6lebih baik secara rata-rata. Selain itu, konsumen juga menjadi lebih  aktif di GrabFood pada momen perayaan hari besar. Di minggu akhir Ramadan, Grab  melihat 20% lebih banyak pesanan pada GrabFood dibanding minggu pertama  Ramadan. Selain itu, konsumen di Indonesia juga membuat pesanan yang lebih besar saat menjelang Idul Fitri, dengan rata-rata peningkatan keranjang belanja minuman  meningkat 29%, cemilan atau snack meningkat 20%, dan ayam goreng meningkat  23% di minggu keempat Ramadan dibandingkan dengan minggu pertama7. Untuk  memanfaatkan peluang ini, pelaku UMKM kuliner sebaiknya merencanakan untuk  beriklan selama keseluruhan bulan suci ini.  

 

Related posts

Leave a Reply