INDONESIAN MUSIC EXPO (IMEX) 2024: Wadah Pengembangan Musik Indonesia Menuju Panggung Global

Infografis: Instagram @indonesianmusicexpo

Jakarta – Sebuah langkah besar dalam mempromosikan musik Indonesia ke level internasional diambil oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bersama dengan Lokaswara, dengan penyelenggaraan INDONESIAN MUSIC EXPO (IMEX). Expo musik internasional ini dirancang sebagai platform bagi musisi Indonesia untuk menampilkan bakat dan karya mereka kepada dunia.

IMEX: Jembatan Musik Indonesia ke Dunia

Melalui proses seleksi yang ketat oleh Dewan Kurator, IMEX bertujuan untuk menetapkan standar internasional dalam presentasi musik Indonesia, memfasilitasi musisi lokal dalam memasarkan karya mereka secara global. Kerja sama dengan Worldwide Music Expo (WOMEX), yang berbasis di Eropa, menandakan keseriusan IMEX dalam mendukung musisi Indonesia agar dikenal di kancah internasional.

Baca juga  Play Music Festival 2023 Balikpapan: Serunya Kenangan Musik Bersama Rizky Febian, Raisa, dan JKT48!

Acara Utama: 9-12 Mei 2024 di Ubud, Bali

Terjadwal dari 9 sampai 12 Mei 2024 di Ubud, Bali, IMEX 2024 membuka pintu bagi musisi untuk tampil di depan para direktur festival, promotor, label rekaman, direktur pusat kesenian, programer radio, jurnalis musik, dan berbagai pihak penting lainnya dari industri musik global. Acara ini menjadi kesempatan langka untuk membangun jaringan dan memperkenalkan musik Indonesia kepada audiens internasional.

Anggota Dewan Kurator IMEX:

  • Christine Semba, Kepala WOMEX Academy dan WOMEX Special Projects di Piranha Arts AG
  • Dzulfikri P. Malawi, penulis musik dan pendiri Wara Musika
  • Shindu Alpito, jurnalis musik di medcom.id dan pembuat program pengarsipan musik Shindu’s Scoop
Baca juga  NAMA Festival dan INFOSMI Fest Siap Meriahkan Pecinta Musik Indonesia

Pentingnya Bagi Grup Musik untuk Berpartisipasi

Partisipasi dalam IMEX bukan hanya tentang memperluas panggung performa, tapi juga tentang mengasah dan mematangkan karir musikal. Keikutsertaan memberikan kesempatan berharga untuk berinteraksi dan mendapatkan pengakuan dari stakeholder industri musik, baik dari dalam maupun luar negeri.

Tetap Terhubung untuk Informasi Terbaru

Informasi terkini mengenai IMEX dapat diikuti melalui akun sosial media @indonesianmusicexpo. Ini merupakan kesempatan bagi grup musik untuk menjadi bagian dari pergerakan musik Indonesia yang berambisi untuk bersinar di arena internasional.

Untuk detail lebih lanjut mengenai pendaftaran dan informasi acara, situs resmi www.indonesianmusicexpo.com menyediakan semua yang dibutuhkan.

IMEX 2024 menjanjikan sebuah panggung dimana musisi Indonesia dapat memperlihatkan kemampuan terbaik mereka dan menginspirasi audiens global. Ini adalah momen untuk musik Indonesia berbicara lebih luas dan mengukir jejak di dunia musik internasional.